Fakta Danau Weekuri, Keindahan Tersembunyi di Sumba

Danau Weekuri Sumba
Ada beberapa fakta Danau Weekuri di Pulau Sumba yang jarang diketahui oleh banyak orang. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa Pulau Sumba merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. 

Sebab di sana terdapat berbagai macam tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, salah satunya seperti Danau Weekuri. Danau Weekuri ini berbeda dari danau-danau lainnya yang ada di NTT.

Karena keistimewaannya tersebut, banyak para wisatawan yang menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata favorit. Terdapat beberapa fakta menarik tentang danau ini yang pasti membuat kamu ingin mengunjunginya.

Ketahui Tentang Fakta Danau Weekuri seperti telah dibahas sebelumnya, danau ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. Berikut ini beberapa fakta unik tentang Danau Weekuri yang mampu membuat kamu tertarik untuk mengunjunginya :

  • Warna gradasi di air danau

Fakta Danau Weekuri yang pertama, warna gradasi di air danaunya. Bagi yang belum pernah ke sana, kamu perlu tahu bahwa beberapa titik air di sana mempunyai gradasi warna sangat cantik. Ada yang berwarna kehijauan, biru, hingga putih dari pantulan dasar danau. 

Baca juga: Nikmati Keseruan Berkunjung ke Sumba Saat Festival Pasola

Ketika berenang di sana, kamu juga akan merasakan suhu yang berbeda-beda. Di satu titik kamu akan merasakan air yang hangat.Namun di titik lainnya, kamu akan merasakan air yang dingin. 

Jadi bagi kamu yang mencari tempat wisata yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga unik, Danau Weekuri cocok untuk dijadikan pilihan. 

  • Memiliki kadar garam yang tinggi

Fakta berikutnya yang perlu kamu ketahui tentang Danau Weekuri, danau ini mempunyai kadar garam tinggi. Weekuri memang merupakan danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang.

Uniknya karena kadar garamnya yang tinggi, kamu dapat mengapung tanpa perlu menggunakan pelampung. Bahkan kamu bisa mengapung dalam waktu yang cukup lama. 

Selain pesona alamnya eksotik serta warna air danau yang cantik. Keunikan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang tertarik untuk berenang di sana. 

  • Batuan cantik di pinggir danau

Fakta Danau Weekuri selanjutnya yang perlu kamu ketahui, danau ini dikelilingi oleh banyak batuan cantik. Batuan tersebut sering dikunjungi oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai tempat berteduh.

Mulai dari batuan gua yang berbentuk stalagmite serta stalaktit. Tidak hanya itu, ada juga batuan karang yang ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan, salah satunya seperti kaktus. 

Bahkan perlu kamu ketahui, di tengah-tengah karang juga menjadi sarang kawanan tawon untuk tinggal dan berkembang biak. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati ketika berada di sana.

  • Akses cukup terbatas

Fakta Danau Weekuri selanjutnya yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke sana, adalah akses menuju danau tersebut bisa dibilang cukup sulit. Sebab masih ada beberapa titik jalan yang belum berlapis aspal.

Oleh karena itu bila ingin ke sana, kamu perlu berhati-hati karena jalan di sana bisa menjadi licin. Selain itu petunjuk jalan menuju danau juga masih minim. Jadi bila kamu berniat ke sana, jangan segan untuk bertanya kepada penduduk sekitar di mana letak danau tersebut. 

Tenang saja, penduduk di sana sangat ramah dan pasti bisa membantu kamu.Magnet bagi para wisatawan Meskipun akses untuk menuju Danau Weekuri cukup sulit. 

Namun danau ini selalu menjadi magnet kuat yang dapat mengundang para wisatawan untuk terus datang ke tempat tersebut. Hal tersebut karena perjalanan sulit tersebut, seketika terbayarkan dengan indahnya panorama yang ada di sana. 

Tidak heran jika setiap tahunnya, danau ini selalu didatangi oleh banyak wisatawan.Apalagi ketika akhir pekan, danau ini semakin penuh dipadati oleh banyak pengunjung. 

Jadi dapat disimpulkan, jika keindahan panorama di sana mengalahkan askes jalan yang sulit.Waktu yang tepat untuk berkunjungBila berencana ingin berkunjung ke Danau Weekuri, pilih waktu yang tepat. 

Baca juga: Hanya Ada di Sumba Tradisi Perang Pasola Sumba Barat

Agar waktu liburan kamu semakin terasa seru dan menyenangkan. Waktu yang paling tepat untuk dipilih ialah pukul 4 sore.Sebab di waktu tersebut kondisi danau di sana sedang indah-indahnya. 

Air di danau akan terlihat sangat biru disebabkan karena pantulan sinar matahari yang bergerak ke arah barat. Kini kamu sudah mengetahui beberapa fakta menarik tentang Danau Weekuri. Dengan mengetahui beberapa fakta Danau Weekuri tersebut, sayang bila kamu tidak meluangkan waktu untuk mengunjunginya.

Komentar