Danau Sano Nggoang, Danau Vulkanis Paling Luas dan Mempesona

Danau Sano Nggoang, Danau Vulkanis Paling Luas dan Mempesona
Danau Sano Nggoang atau Danau Nggoang bisa dijadikan destinasi menarik ketika berkunjung ke NTT, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat. Destinasi yang berada di Wae Sano ini merupakan danau vulkanik terluas dan terdalam di NTT jadi tidak heran jika tempat ini selalu dipenuhi oleh wisatawan.

Sepanjang danau dengan luas sekitar 5.500 ha ini kamu akan melihat beberapa desa yang ditinggali oleh para penduduk setempat. Sekitar 250 penduduk tinggal di desa pertanian dengan rumah tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Selain itu, ada juga rumah penduduk setempat dari rumah kayu atau bata modern.

Danau, bukit dan perkebunan menjadi batas antar desa sehingga lokasinya pun cukup terpencil sebagai destinasi wisata. Justru dengan lokasi terpencil inilah banyak wisatawan tertarik ingin datang berkunjung karena mereka bisa merasakan liburan dengan tenang dan damai di kawasan wisata Danau Nggoang ini.

Pesona Alam yang Ada di Danau

Sebagai danau vulkanik, kandungan sulfur yang terkandung dalam air cukup tinggi sehingga banyak wisatawan memanfaatkannya sebagai tempat pemandian untuk kesehatan kulit. Untuk merasakan sensasi sulfurnya, kamu bisa berkunjung ke tempat pemandian yang memang sudah dipersiapkan sehingga bisa bersantai sambil menikmati kehangatan air.

Bukan hanya itu saja, keunikan lain yang bisa ditemukan di Danau Sano Nggoang ini adalah pemandangan yang mempesona. Keindahan alami dari bukit, hutan, flora dan fauna di sekitar danau siap untuk memanjakan mata. Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan lebih elok, tunggu momen terbenamnya matahari.

Aktivitas Menarik dan Menyenangkan yang Bisa Dilakukan

Untuk mendapatkan momen liburan berkesan, tentu harus memanfaatkan setiap detiknya untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan selama liburan. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di destinasi ini. Salah satunya adalah berendam, fotografi, mengamati pemandangan, menikmati suasana danau dengan berjalan kaki mengelilingi destinasi.

Jika kamu membutuhkan aktivitas menantang, tak ada salahnya jika melakukan tracking sambil menikmati keasrian dan keindahan Danau Sano Nggoang. Kamu dapat mengunjungi puncak bukit dengan jalur tracking pendek Golo Dewa Peak (Puncak Savana) atau track lain, yaitu Puncak Poco Dedeng.

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Danau

Fasilitas di lokasi wisata menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karena ini bisa menunjang kenyamanan setiap wisatawan. Di sini, kami tak perlu khawatir untuk masalah fasilitas umum karena sudah tersedia dengan lengkap dan baik, seperti toilet, mushola, warung dan fasilitas umum lainnya.

Selain itu, kamu bisa menemukan fasilitas berupa peralatan untuk mengamati burung Indonesia menjadi lebih jelas. Papan informasi juga sudah disediakan untuk memberikan informasi bagi wisatawan yang membutuhkannya. Bahkan, kamu bisa bermalam di homestay setempat jika ingin menikmati waktu liburan lebih lama di Danau Sano Nggoang.

Rute Perjalanan yang Ditempuh untuk Menuju Lokasi

Untuk mencapai lokasi wisata tersebut, bisa naik pesawat dan turun di bandara Denpasar, kemudian naik kapal Feri menuju NTT. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Labuan Bajo menggunakan bus umum. Baru kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Wae Sano, Sano Nggoang, Manggarai Barat, NTT.

Perjalanan ini memang dibutuhkan transportasi umum agar lebih mudah dan cepat karena pengendara transportasi umum tersebut sudah terbiasa menuju destinasi wisata tujuan. Namun, jika kamu masih kesulitan untuk menempuh perjalanan ini, jangan segan untuk bertanya pada warga sekitar yang dikenal ramah dan murah senyum.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Danau

Sebelum merencanakan lebih lanjut mengenai liburan kamu bersama orang tersayang, pastikan terlebih dahulu jam bukanya. Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 sehingga kamu bisa mempersiapkan diri pagi-pagi untuk menikmati udara pagi yang masih segar.

Untuk harga tiketnya, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena cukup dengan Rp 20.000 kamu sudah bisa masuk ke destinasi wisata ini dan menikmati pemandangan alam yang mempesona. Selain itu, kamu juga bisa menemukan calo dan penyedia jasa transportasi di kawasan wisata tersebut.

Bagi kamu yang ingin berlibur, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, seperti membawa masker apabila kamu tidak tahan dengan aroma sulfur dari danau tersebut. Selain itu, pastikan bahwa kamu dalam keadaan sehat dan prima agar liburan ke Danau Sano Nggoang bisa berjalan lancar.

Komentar