Sensasi Wisata Air Terjun Cunca Rami di Tengah Flores

Sensasi Wisata Air Terjun Cunca Rami di Tengah Flores
Wisata wisata air terjun Cunca Rami di tengah hutan Labuan Bajo belakangan ini menjadi destinasi wisata favorit kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Flores. Kebanyakan dari mereka memilih wisata ini karena terkenal dengan keindahan panoramanya. Kamu bisa merasa lebih tenang dan nyaman saat berada di sini sambil mendengar aliran air natural.

Jika sudah memutuskan untuk berkunjung ke Labuan Bajo, pastikan untuk menyisakan waktu selama beberapa hari. Karena, ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di sekitar lokasi air terjun. Dalam waktu sehari saja kamu bisa menghabiskan waktu di pantai dan hari selanjutnya hanya untuk bersantai di lokasi air terjun.

Sejarah Air Terjun Cunca Rami

Nama lokasi wisata air terjun Cunca Rami ini berasal dari kata Cunca yang bermakna air terjun. Sedangkan untuk rami memiliki makna hutan, yang mana jika kedua kata ini digabungkan akan berarti air terjun di dalam hutan. Itulah asal muasal nama dari wisata air terjun Cunca Rami.

Bahasa untuk istilah ini bukan bahasa Indonesia secara resmi, melainkan bahasa yang digunakan oleh penduduk lokal. Mereka juga memaknai wisata ini karena menemukan lokasi wisata secara tidak terduga tepat di tengah hutan. Sekarang Anda sudah tau alasan pemberian nama tempat wisata tersebut dan apa maknanya.

Lokasi Wisata Air Terjun Cunca Rami

Berlokasi di kawasan gunung Mbeliling, memang membutuhkan akses kendaraan yang mendukung untuk sampai ke sana. Untuk kamu yang berwisata dengan menggunakan pesawat, jarak dari bandara ke lokasi tujuan akan memakan waktu kira-kira satu jam perjalanan.

Namun, sesampainya di desa Wae Lolos, kamu harus menempuh perjalanan darat lagi untuk sampai ke lokasi tujuan. Kamu harus melintasi hutan dan gunung Mbeliling yang jaraknya itu sekitar satu jam juga. Kamu tidak perlu khawatir selama perjalanan karena akan ditemani dengan pemandangan yang menarik perhatian.

Di perjalanan, akan terlihat pohon vanili dan kemiri yang mungkin jarang kamu temui di daerah perkotaan. Meski tanamannya tumbuh di hutan, namun itu tidak tumbuh dan subur begitu saj, melainkan dibudidaya oleh masyarakat sekitar.

Beralih ke panorama berikutnya, kamu juga bisa melihat sungai kecil yang memiliki kejernihan air maksimal. Kamu juga akan beruntung jika bisa menemukan bunga-bunga yang indah, yang pastinya berbeda dengan biasanya. Sehingga, sepanjang perjalanan menuju wisata air terjun Cunca Rami tidak perlu takut karena kamu akan bertemu dengan pengunjung lain dan penduduk sekitar.

Waktu selama satu jam tidak akan terasa karena akan ada pemandangan dan paket wisata lain yang membuat kamu sibuk menikmatinya. Sesampainya di lokasi tujuan, kamu akan merasa puas dan bahagia ketika melihat langsung air terjun Cunca Rami tersebut. Panjang air terjun yang memiliki debit air yang deras ini mencapai 30 meter.

Spot Terbaik Melihat Pelangi

Jika cuaca mendukung, kamu bisa melihat keindahan pelangi langsung di tempat wisata air terjun. Banyak yang mengatakan bahwa keindahan pelangi jika dilihat dari lokasi ini akan berbeda dari biasanya. Hal ini dikarenakan pancaran sinar matahari yang mengenai air terjun akan membuat warna pelangi lebih bagus.

Jika kamu berkunjung ke sini dan ingin melihat pelangi yang indah, cari lokasi terbaik yang membuatmu bisa menikmatinya dengan baik. Keindahan pelangi juga bergantung pada di mana lokasi yang kamu pilih untuk menyaksikan pelangi ini.

Menikmati Wahan Trekking

Kegiatan ini yang tidak boleh ketinggalan dan sangat disarankan untuk kamu coba ketika datang ke lokasi wisata air terjun Cunca Rami. Meski lokasinya berada di desa yang cukup terpencil, namun pengalaman yang didapatkan pastinya sangat berharga.

Bagi kamu yang suka suasana sunyi sangat cocok berkunjung ke lokasi ini dan mencoba wahana trekking. Untuk sampai ke sini, kamu tidak bisa menggunakan kendaraan sebagai sarana transportasi bias, melainkan dengan cara trekking atau berjalan.

Maka, tidak heran jika kegiatan ini hanya direkomendasikan untuk mereka yang suka dengan tantangan dan adrenalin. Bagi kamu yang merasa tidak kuat, maka sebaiknya tidak mencoba. Tetapi, ketika sampai di lokasi yang diinginkan kamu tidak akan merasa menyesal menghabiskan waktu dan tenaga berjalan.

Karena, keindahan alam air terjun yang tampak memang sangat luar biasa. Lokasi wisata di sekitar flores memang terkenal sangat indah, salah satunya air terjun ini. Tidak heran jika banyak pengunjung yang memberikan review positif mengenai wisata air terjun Cunca Rami.

Comments