Air Terjun Cunca Wulang, Spot Terbaik di Manggarai Barat

Air Terjun Cunca Wulang, Spot Terbaik di Manggarai Barat
Nama Air Terjun Cunca Wulang menjadi sangat populer beberapa waktu lalu karena memiliki air jernih dengan hiasan tebing batu. Air terjun ini sendiri jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Air Terjun Bulan. Mungkin nama ini diberikan karena kejernihan air yang dianggap seperti bulan purnama.

Ada yang menarik dari air terjun ini, yaitu letaknya yang hanya di ketinggian 200 mdpl sehingga memiliki udara sejuk. Apalagi ditambah dengan panorama hutan alami yang menjadi lokasi air terjun ini. Sudah pasti sangat pas sekali jika kamu berwisata ke air terjun ini untuk bersantai.

Di samping Air Terjun Cunca Wulang ada tebing batu yang aman untuk kamu daki. Biasanya wisatawan akan terjun dari tebing tersebut ke sungai untuk menikmati sensasi luar biasa. Namun loncat dari tebing ini hanya boleh dilakukan pada saat musim hujan atau ketika kedalaman air dirasa cukup.

Rute yang Harus Dilalui untuk Menuju Air Terjun

Air Terjun Cunca Wulang terletak di daerah Wersawe, Mbeiling, Manggarai Barat dan berjarak sekitar 30 km dari Labuan Bajo. Untuk mencapai lokasi sendiri kamu perlu melewat jalanan di Flores yang berlika-liku. Namun tentu harus berhati-hati karena jalan ini dilalui kendaraan besar.

Dari Labuan Bajo kamu akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam melewati sepanjang Flores. Sepanjang perjalanan kamu akan menemui pemandangan yang epic sehingga bisa mengisi waktu. Baru setelah kamu sampai pada perkampungan, kamu bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai pada air terjun dengan berjalan kaki.

Dari perkampungan, kamu perlu berjalan sejauh 4 km hingga sampai lokasi air terjun. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada pemandu dari penduduk lokal. Selama perjalanan kamu akan melewati hutan alami khas daerah timur Indonesia sambil mendengarkan cerita dari pemandu tentang budaya lokal sekitar.

Waktu Berkunjung dan Harga Tiket

Air Terjun Cunca Wulang sebenarnya terbuka kapan saja 24 jam selama 7 hari penuh. Artinya kamu bisa mengatur jadwal menuju lokasi air terjun kapan pun ketika kamu sudah siap. Namun, ada baiknya jika berkunjung pada waktu masih siang untuk tetap bisa menikmati panorama keindahan alam.

Jika kamu tetap memaksa menuju lokasi pada saat hari menjelang gelap, selain karena kesulitan menuju lokasi kamu juga tidak akan mendapatkan panorama keindahan alam. Mungkin saja pada saat di air terjun juga lebih berbahaya karena bisa jadi kamu salah menginjak batu dan kemudian terpeleset.

Untuk biaya retribusi sendiri kamu cukup membayar antara Rp30.000 hingga Rp50.000 saja. Harga yang cukup murah karena ini juga termasuk biaya jasa pemandu dari warga sekitar. Biaya retribusi ini sudah sangat sesuai dengan panorama alam yang kamu dapatkan setelah mencapai air terjun tersebut.
Grand Canyon dari Timur

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Cunca Wulang adalah adanya tebing batu di sepanjang aliran sungai. Tidak salah jika air terjun ini disebut sebagai grand canyon dari timur karena keberadaan tebing batu ini. Selain itu, kualitas kejernihan air juga sangat tinggi.

Banyak wisatawan yang datang bukan karena menikmati air terjun saja, namun hanya datang untuk bisa terjun dari tebing. Sensasi terjun dari ketinggian dan terjebur ke kedalaman sungai adalah salah satu sensasi paling menegangkan. Formasi batu kapur ini semakin menampilkan keindahan panorama air terjun.

Yang lebih menarik sepanjang perjalanan ke tebing sekitar Air Terjun Cunca Wulang, kamu akan melakukan trekking dengan melewati jalan berbatu dan tidak rata. Namun ini adalah penambah daya tarik dari keindahan alam surga tersembunyi dari tanah Flores ini. Capek yang kamu rasakan akan terbayar langsung sesaat setelah sampai.

Selain itu, ada sebuah jembatan gantung kayu yang menarik dan di bawahnya terdapat sungai dengan air yang jernih. Di jembatan ini juga ada papan peringatan berapa banyak orang yang boleh melewati jembatan tersebut secara bersamaan. Karena jembatan ini hanya jembatan kayu yang cukup sederhana.

Jika kamu ke Flores, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu surga biru tersembunyi ini. Kamu bisa kapan saja mengatur waktu untuk berkunjung, asalkan tidak pada saat hari sudah gelap. Perjalanan yang melelahkan akan terbayar tuntas setelah kamu sampai di Air Terjun Cunca Wulang tersebut.

Komentar