Air Terjun Cunca Lega, Penangkal Stres Paling Ampuh

Air Terjun Cunca Lega, Penangkal Stres Paling Ampuh
Air Terjun Cunca Lega merupakan salah satu spot wisata Flores yang tidak boleh sampai terlewat dari daftar destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Cunca Wulang merupakan salah satu air terjun yang ada di Labuan Bajo. Tentu belum banyak orang mengenal destinasi wisata ini.

Jika umumnya Flores terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, maka air terjun yang satu ini patut dicoba karena tidak kalah indahnya. Di bagian bawah air terjun ini ada air segar yang mana asal airnya dari air terjun tersebut. Bebatuan kolam tersebut berasal dari batu kapur.

Tidak heran jika Air Terjun Cunca Lega menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang karena memang pemandangannya sangat asri dan sejuk. Jika diukur dari Labuan Bajo Timur, jarak menuju air terjun ini kurang lebih 30 kilometer. Untuk sampai ke sini, kamu bisa memanfaatkan Trans Flores.

Pada sisi-sisi air terjun tersebut kamu akan bertemu dengan bongkahan-bongkahan tebing yang di bawahnya mengalir air. Tebing yang jaraknya tidak terlalu jauh ini merupakan hasil formasi yang menganga sejak ribuan tahun yang lalu. Sehingga, tour grade akan mengingatkan kamu agar selalu berhati-hati saat di sana.

Liburan ke Air Terjun Cunca Lega

Ketika kamu memutuskan akan berlibur ke air terjun ini, maka ada beberapa hal yang akan otomatis kamu lakukan. Mulai dari mendaki tebing, berenang, hingga melompat dari tebing ke kolam renang. Untuk melakukan lompat tebing ini ada beberapa spot terpilih biasanya. 

Kamu harus berhati-hati ketika memilih lompat tebing karena tidak ada ahli yang mengawasi kamu. Selain itu, jika kamu akan berenang pada musim hujan di sana, sebaiknya berhati-hati karena debit airnya akan naik. Biasanya pemandu akan mengecek terlebih dahulu apakah masih aman dipakai bermain atau tidak.

Jika kamu pergi ke Air Terjun Cunca Lega, sebaiknya makan terlebih dahulu di penginapan atau membekal makanan. Karena, di sini kamu tidak akan menemukan penjualan makanan apalagi restoran. Jangan lupa membawa senter ketika pergi karena siapa tahu pemandu tour mengajak kamu untuk masuk ke gua.

Pemandu tour ini biasanya adalah warga sekitar yang dengan senang hati akan mengantarmu menuju tujuan. Mereka sangat ramah pada para pendatang. Biasanya, jika para pengunjung baru selesai berenang atau lompat tebing, warga sekitar sukarela menyiapkan minuman air kelapa untuk para pengunjung. Meskipun bayarannya tidak seberapa.

Jika kamu bertanya-tanya berapa harga tiket yang harus kamu bayar untuk bisa menikmati Air Terjun Cunca Lega, kamu tidak perlu khawatir harga tiket akan menguras kantongmu. Karena harga tiket yang ditawarkan tidak sampai 100 ribu.

Namun, harga tiket yang nanti akan kamu bayar tidak termasuk harga sewa pemandu tour. Pemandu tour biasanya akan dibayar secara terpisah dengan harga yang berbeda. tarif pemandu tour ini akan bergantung pada kemurahan hati warga yang akan menjadi tour guide kamu menuju air terjun.

Waktu Terbaik untuk Pergi ke Sana

Ketika akan berkunjung ke Air Terjun Cunca Lega, tentu saja kamu harus mencari waktu terbaik. Jangan sampai kamu sudah membayar tiket pesawat mahal-mahal ke sini, namun tidak bisa mendapatkan apa yang telah kamu harapkan selama perjalanan menuju ke sini. Untuk itu, perlu ke sini pada musim yang tepat.

Sebaiknya, kamu datang berkunjung ke tempat ini ketika tidak sedang musim hujan. Pada saat musim hujan debit air akan naik dan alirannya akan menjadi kencang. Sehingga pengunjung tidak akan diizinkan untuk berenang. Sayang sekali bukan, ketika telah jauh-jauh datang tapi tidak bisa merasakan kesegeran airnya.

Selain itu, pada saat musim hujan jalanan yang akan kamu lalui untuk sampai ke tempat ini juga akan menjadi sedikit lebih sulit. Karena, ada beberapa jalan yang masih berupa tanah. Jika hujan turun, jalanan tersebut bisa berubah menjadi lumpur licin yang bisa membuat para pengunjungnya terpeleset.

Pergi berlibur ke manapun pada dasarnya harus mencari waktu terbaik agar tidak kecewa ketika datang ke tempat tersebut. Seperti halnya ke tempat ini. Pastikan kamu telah membuat persiapan yang baik dan perhatikan kondisi cuaca ketika memutuskan akan berangkat berlibur ke Air Terjun Cunca Lega.

Komentar