Berwisata ke Taman Nasional Kelimutu dan Rasakan Keseruannya

Taman Nasional Kelimutu
Taman Nasional Kelimutu adalah salah satu atraksi atau daya tarik alam yang ada di pulau Flores. Biasa tempat ini juga disebut sebagai rumah dari danau mistis 3 warna. 

Namun, bukan hanya danaunya yang unik, melainkan banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan dari sini. Kelimutu terletak di Ende, tengah Pulau Flores

Untuk tiba di sini, kamu bisa menggunakan layanan penerbangan ke Ende Airport, dan kemudian melanjutkan perjalanan darat ke desa Moni, desa terdekat dari taman Nasional ini. Perjalanan juga akan memakan 45 menit.

Tetapi sejak tiba di sini, mata kamu dan turis lain akan langsung dimanjakan dengan seluruh pemandangan yang menarik. 

Indonesia memang terkenal akan taman nasionalnya, tetapi Kelimutu merupakan salah satu yang paling indah dan juga banyak mendapat sorotan.

Jika Anda berminat untuk datang mengunjungi Kelimutu, jangan lupa untuk membeli tiket lebih dulu, dan harganya juga cukup murah. 

Untuk turis internasional, akan dikenakan 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk turis lokal, biayanya jauh lebih murah, cukup 20 ribu saja.

Keindahan Taman Nasional Kelimutu yang Ditawarkan kepada Setiap Turis

Sekarang, kamu sudah membayar tiket dan sudah masuk ke kompleks taman nasional itu. Hanya saja sekarang mungkin masih bertanya tentang apa saja yang bakal bisa kamu, teman, dan turis lain lakukan selama berada di sini. Tetapi faktanya, ada banyak daya tarik lagi. 

Bagi kamu yang berminat untuk datang dan berkunjung di sini, kami sudah siapkan sejumlah destinasi wisata terbaik yang ada di dalam maupun di sekitar taman nasional Kelimutu. Bagi yang ingin mencobanya sendiri, bisa langsung datang dan kunjungi spot terbaik ini, yaitu:

  • Danau 3 Warna

Tidak bisa kita abaikan lagi fakta di mana Danau 3 Warna adalah yang membuat taman nasional ini mendapat sorotan dari dunia. Setiap tahunnya, warna danau ini berubah dengan warna khas di 3 danaunya juga. Sehingga ini juga yang menjadi identitas.

Danau paling timur adalah Tiwu Ata Mbupu, yang sering berubah dari hitam coklat jadi coklat susu. Di tengah ada Tiwu Ata Nuwa Muri Koo Fai yang memiliki warna biru terang dan berganti ke susu coklat, dan terakhir Tiwu Ata Polo yang lebih variatif.

  • Sunset dan Sunrise di Kelimutu

Jangan lupa juga kalau kamu bisa habiskan waktu di puncak taman nasional Kelimutu. Di gunungnya, ini menjadi salah satu destinasi yang paling menarik. Di puncak itu juga bukan hanya bisa melihat sunset atau sunrise, tetapi juga bisa lihat 3 danau itu.

  • Taman Konservasi Flora dan Fauna

Sebagai taman nasional, Kelimutu juga tidak melupakan taman konservasi. Taman Nasional Kelimutu dan konservasinya seluas 4,5 hektar dan terdiri dari ribuan flora dan fauna. Kamu bahkan bisa melihat hewan khas daerah ini seperti wawi ndua.

  • Sejarah dan Kebudayaan

Tempat ini juga sangat lekat dengan unsur budaya dan sejarahnya. Salah satu tempat yang paling ikonik adalah rumah penahanan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Rumah ini sering dikunjungi dan dianggap sebagai rumah yang penuh sejarah.

  • Air Terjun

Jika ingin kesan liburan yang lebih lengkap, mungkin air terjun di Moni akan lengkapi waktu berwisata di taman nasional Kelimutu. Di sini, air terjunnya tidak tinggi, tetapi airnya sangat jernih. Kamu juga sebaiknya selalu menjaga kebersihan alam di sana.

  • Trekking ke Puncak Kelimutu

Kami juga ingin mengajak kamu dan teman lain yang berkunjung ke taman nasional ini dan mulai melakukan aktivitas trekking. Trekking di sini biasanya dimulai pada pukul 04.00, dan bisa sampai di puncak sebelum 05.00, karena akses tidak terlalu tinggi.

  • Akses yang Mudah

Pertimbangan banyak orang ketika ingin melakukan perjalanan adalah akses. Dan ini juga salah satu keunggulan dari taman nasional ini, yaitu bisa ditempuh dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan mudah. Sehingga tidak habis waktu di perjalanan saja.

Turis bukan hanya bisa melakukan wisata ke tempat terkenal, tetapi juga bisa cari tempat lain yang belum terlalu populer. 

Di antara banyak taman nasional lain, Kelimutu punya daya tarik tersendiri. Itu juga yang membuat taman Nasional Kelimutu mempunyai keunikan dan keistimewaan tersendiri.

Komentar