Tempat Wisata Populer di Bumi Manggarai Raya Flores

Manggarai Raya Flores

Beberapa Tempat Wisata Populer di Bumi Manggarai Raya Flores akan kami sajikan dalam artikel kali ini. Seperti pada pembahasan pada beberapa artikel sebelumnya. Flores merupakan sebuah  pulau yang unik dan menarik untuk dikunjungi. 

Terlebih bagi Anda yang ingin mencari dan menikmati suasana pedesaan. Bumi Manggarai Raya Flores adalah sebutan untuk tiga kabupaten di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, yaitu kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. 

Bumi Manggarai Raya Flores terkenal dengan pantai yang sangat indah dan wisata alamnya. Desa Adat Wae Rebo adalah tujuan wisata populer karena arsitekturnya yang indah dan sejarah yang menarik. 

Wisata alam tersebut antara lain, Sawah Jaring Laba-laba, Danau Rana Mese, dan Taman Nasional Komodo. Berikut ini adalah tiga tempat wisata paling populer di bumi Manggarai Raya Flores, Nusa Tenggara Timur:

  • Desa Adat Wae Rebo Flores

Tempat wisata populer pertama di Bumi Manggarai Raya Flores adalah Desa Adat Wae Rebo. Desa Adat Wae Rebo merupakan desa tradisional yang terletak di kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese, kabupaten Manggarai Barat, Flores. 

Desa adat ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan dikelilingi beberapa bukit yang berjajar layaknya pagar, hingga menimbulkan kesan terisolasi dan di atas awan.

  • Danau Rana Mese Flores

Danau Rasa Mese Flores adalah salah satu tempat terbaik untuk menenangkan diri saat liburan pada musim kemarau. Suasananya begitu tenang dan sejuk.

Danau Rana Mese adalah tempat yang sempurna untuk menyejukkan diri di musim panas. Danaunya besar dan damai, dan ada banyak kesempatan untuk bersantai dan menikmati airnya. 

Daerah sekitarnya juga indah, dengan perbukitan berhutan dan pepohonan yang rimbun. Jika Anda sedang mencari tempat untuk menghabiskan satu atau dua hari, Danau Rana Mese pasti patut dikunjungi.

Meskipun lokasinya berada di wilayah administrasi kabupaten Manggarai Timur, namun akses yang muda dan dekat untuk menuju tempat ini melalui kota Ruteng ibu kota kabupaten Manggarai.

  • Sawah Jaring Laba-laba Flores

Sawah Lingko Lodok Cancar, atau lebih dikenal dengan sawah jaring laba-laba. Sawah ini unik karena berbentuk jaring laba-laba. Sawah berbentuk sarang laba-laba adalah pemandangan unik di pulau Flores Indonesia. 

Sawah ini dibuat oleh petani lokal pada masa lampau, menurut penduduk setempat bentuk ini karena sesuai dengan fungsinya menurut adat. Dibalik keunikannya ini terdapat filosofi yang sangat menarik untuk Anda dipelajari lebih lanjut. 

Bentuknya lingkaran atau bujur sangkar sempurna, di sekelilingnya terdapat pemukiman warga dan perbukitan kecil. Tempat ini adalah salah satu tujuan wisata yang populer di kabupaten Manggarai, dan sering difoto atau direkam dalam video.

Lokasinya di desa Cancar, berada di wilayah administratif kabupaten Manggarai, akses mudah menuju tempat wisata ini bisa melalui kota Ruteng, kemudian Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke desa Cancar yang memakan waktu sekitar 25-30 menit.

  • Taman Nasional Komodo 

Taman Nasional Komodo adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. 

Taman ini didirikan pada tahun 1980 dan meliputi area seluas 1.161 km2. Taman Nasional Komodo adalah rumah bagi kadal terbesar di dunia, komodo, dan merupakan salah satu kawasan lindung terpenting untuk keanekaragaman hayati di Indonesia. 

Taman ini juga menjadi rumah bagi sejumlah spesies tumbuhan dan hewan endemik, termasuk burung Elang Flores yang terancam punah dan trenggiling Sunda. 

Taman Nasional Komodo adalah tujuan wisata yang populer, dengan pengunjung yang datang untuk melihat alam taman yang indah dan melihat komodo, yang merupakan kadal hidup terbesar di dunia. 

Saat ini TN Komodo menghadapi sejumlah ancaman, termasuk penebangan liar dan pariwisata, yang merusak lingkungan TN dan satwa liar. 

Popularitas tempat wisata di Bumi Manggarai Raya Flores. 

Kepopuleran tempat wisata di Bumi Manggarai Raya Flores dapat dilihat dari jumlah orang yang mengunjunginya setiap tahun. Ada banyak atraksi berbeda untuk dipilih, dan setiap orang memiliki favoritnya sendiri. 

Beberapa tempat wisata di Bumi Manggarai Raya Flores yang paling populer adalah pantainya. Pasirnya putih dan airnya biru, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menghabiskan hari dengan berenang dan berjemur. 

Wisata alam di Bumi Manggarai Raya Flores juga sangat populer. Ada gua, air terjun, dan satwa liar yang bisa dilihat pengunjung. 

Terakhir, destinasi wisata populer di Bumi Manggarai Raya Flores adalah makanan khasnya. Ada banyak jenis makanan untuk dipilih, dan setiap orang pasti akan menemukan sesuatu yang mereka sukai.

Manfaat tempat wisata di Bumi Manggarai Raya Flores

Atraksi wisata adalah bagian penting dari ekonomi dan budaya kita. Mereka menarik pengunjung dari seluruh dunia, dan menghasilkan pekerjaan dan pendapatan untuk bisnis lokal. Ada banyak manfaat pariwisata, antara lain: 

Pertumbuhan ekonomi. Atraksi menghasilkan pendapatan yang dapat membantu bisnis di area lokal tumbuh dan berkembang. 

Peningkatan pengeluaran pariwisata. Turis yang mengunjungi objek wisata menghabiskan lebih banyak uang di bisnis lokal daripada mereka yang tidak. Ini membantu meningkatkan perekonomian secara keseluruhan. 

Peningkatan pengeluaran pariwisata menghasilkan lebih banyak pekerjaan. Dalam industri pariwisata, pekerjaan sangat penting, pekerjaan memberikan peluang bagi orang-orang yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk itu. Demikian terkait tempat wisata populer di bumi Manggarai Raya Flores, Nusa Tenggara Timur.

Komentar