Mencari Ketenangan di Desa Adat Wae Rebo

Mencari Ketenangan di Desa Adat Wae Rebo
Liburan menjadi salah satu cara untuk membebaskan diri dari stress, maka dari itu sebagai salah satu pilihan yang tepat untuk Anda bisa memilih berlibur ke Desa Adat Wae Rebo.

Bahkan berlibur bisa menjadi sebuah cara mudah untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh dan mental. Dan dengan berliburlah Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk menenangkan diri.

Berlibur juga tak perlu ke tempat yang mewah atau ke tempat yang jauh, cukup cari tujuan yang menenangkan maka itu akan sangat membantu. Jika Anda lebih gemar mengunjungi beberapa tempat yang belum dikunjungi, maka Anda bisa mencoba menuju Flores, Nusa Tenggara Timur.

Sebuah daerah yang penuh dengan pulau-pulau kecil yang cantik ini bisa menjadi destinasi pelarian Anda. Bahkan tak hanya wisata alamnya seperti pantai, di sana juga terdapat Desa Adat Wae Rebo.

Desa adat ini bisa menunjukkan sejarah masyarakat sekitar yang telah berkembang dari masa ke masa. Tak hanya sebuah ketenangan yang akan Anda dapatkan dari tempat ini, tetapi juga sebuah ilmu baru yang tentunya akan membuat wawasan Anda lebih luas lagi. Penasaraan dengan Wae Rebo? Berikut sedikit ulasannya untuk Anda.

Letak Desa Adat Wae Rebo dan Akses Menuju Ke Sana

Desa Adat Wae Rebo berada di Kabupaten Manggarai, Flores. Lokasi dari desa ini juga sangat strategis. Bahkan bagi yang akan menuju atau dari Labuan Bajo biasanya akan sekaligus mengunjungi desa yang mengangumkan ini.

Untuk akses menuju ke desa ini cukup mudah, Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menggunakan pesawat yang mendarat di Labuan Bajo.

Biasanya Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih dari Jakarta menuju Labuan Bajo. Setelah tiba di Labuan Bajo, Anda bisa memilih untuk beristirahat di penginapan atau langsung melakukan perjalanan ke Wae Rebo.

Namun perlu Anda ketahui bahwa perjalanan dari Labuan Bajo menuju desa Adat Wae Rebo akan memakan waktu yang cukup lama. Dari Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan mobil atau motor karena perjalanan yang akan ditempuh sekitar 3-5 jam.

Anda juga bisa menggunakan travel yang biasanya sudah disediakan. Pilihlah rute Labuan Bajo menuju Ruteng. Selama perjalanan menuju Ruteng, Anda akan disuguhi oleh berbagai pemandangan alam yang sangat cantik.

Tak jarang beberapa anak yang akan pergi atau pulang sekolah bisa anda jumpai di sepanjang perjalanan. Mereka akan senang jika Anda menyapanya meski hanya sekedar melambaikan tangan.

Lalu perjalanan masih berlanjut dari Pela menuju Denge. Anda bisa berganti travel namun perjalanan kali ini akan lebih menantang. Jalanan yang akan dilalui lebih berbatu dan berlubang, akibatnya waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 2 hingga 3 jam.

Selama di perjalanan Anda juga bisa menikmati indah dan uniknya jalanan yang berkelok. Ketika tiba di Denge, Dari Denge, Anda harus menuju Pos 1. Jika tenaga sudah habis, maka Anda bisa menyewa ojek.

Jika ingin lebih hemat, maka Anda bisa berjalan kaki menuju Pos 1 selama 45 menit. Akhirnya dari Pos 1, Anda kembali melanjutkan perjalanan menuju Pos 2 untuk sampai ke Desa Adat Wae Rebo. Anda hanya bisa berjalan kaki menuju desa tersebut dengan waktu sekitar 1 hingga 3 jam.

Daya Tarik Utama dari Desa Adat Wae Rebo

Desa Adat Wae Rebo juga dikenal sebagai negeri di Atas Awan. Mengingat lokasinya yang lebih tinggi dan pemandangan yang sangat indah bak di atas awan membuat desa ini memiliki julukan seperti demikian.

Bahkan desa ini cukup unik karena Anda bisa berinterkasi langsung dengan penduduk sekitar, dan tak ada polusi udarah dan keramaian lainnya. Desa ini sangat sunyi namun tetap menenangkan, bahkan untuk kunjunganya sendiri, pengelola wisata desa ini juga membatasi jumlah pengunjung.

Biasanya wisatawan akan dibagi menjadi beberapa kloter untuk dapat berkunjung ke desa ini. Hal ini dilakukan agar kondisi desa masih tetap kondusif seperti biasanya. Di desa ini, Anda bisa berjelajah menuju lembah dan bersantai dengan penduduk sekitar.

Saat malam tiba, Anda cukup mendongakan kepala ke atas dan hamparan bintang yang sangat cantik bisa Anda lihat dengan mudah. Pemandangan Desa Adat Wae Rebo yang sangat indah ini tentunya akan menjadi memori yang tak terlupakan.

Komentar