Mencoba Objek Wisata Pulau Adonara yang Luar Biasa

Obyek Wisata Pulau Adonara
Objek wisata pulau Adonara tergolong sebagai tempat liburan menarik di Nusa Tenggara Timur. Untuk letak secara khususnya berada dekat dengan Pulau Flores timur. Tidak heran dari segi visualnya cukup sama.

Lalu untuk luas wilayahnya sendiri mencapai 509 kilometer persegi. Akan ditambah lagi dengan titik tertingginya yang mencapai 1676 m. Terbatasi langsung dengan selat Solor pada bagian selatan wilayahnya.

Khusus bagian barat, kamu juga bisa menemukan selat Lowotobi. Tidak lain juga menjadi pemisah dengan Pulau Flores yang berdekatan tersebut. Meski berdekatan, tapi keduanya punya keunikan dan spot menarik.

Jadi, mungkin saja kamu akan menemukan hal menarik yang tidak terdapat dalam kedua pulau tersebut. Khususnya Adonara yang sebenarnya sangat unik. Mulai dari sejarah sampai kondisi geografis di dalamnya.

Fakta Objek Wisata Pulau Adonara di NTT

Buat kamu yang sedang memikirkan perjalanan ke tempat tersebut, harus memahami dulu sejarahnya. Tentu supaya dapat memberi penghargaan pada pulau tersebut. Termasuk kondisi alam beserta keramahan semua warga lokalnya.

Bersejarah

Fakta pertama mengenai wisata Adonara Island yaitu ternyata dinilai cukup bersejarah. Terlebih karena dulunya memang termasuk kerajaan yang lahir sejak 1650. Di mana menjadi salah satu penguasa Kepulauan Sunda Kecil.

Sebenarnya nama pulau tersebut merupakan gabungan Lamaholot dari Ado dan Nara. Khusus Ado berasal dari Kelake Ado Pehan yang dulunya mendiami Andonara. Sedangkan Nara memiliki arti bangsa, kampung atau kaum.

Selain itu menurut sejarahnya, kamu dapat menemukan ada penduduk pesisir dan pegunungan. Jika penduduk pesisir disebut juga sebagai Paji. Keduanya termasuk sebagai pihak yang sudah lama mendiami wilayah pulau.

Dikenal dengan Perang Tanding

Meski memiliki keindahan luar biasa, ternyata dilengkapi sejarah kurang baik karena perang tanding. Tentu objek wisata pulau adonara sempat tercoreng karena perang dua suku merebutkan tanah, bukannya kebudayaan.

Para pihak tersebut ternyata benar-benar berselisih karena merebutkan wilayah. Insiden tersebut tidak lain berlangsung di Desa Sandosi, Kecamatan Witihama. Sangat disayangkan karena menghilangkan 6 nyawa karena tewas.

Tentu berita buruk tersebut cukup lama baru terdengar karena tidak banyak teknologi komunikasi. Setelah diketahui, Wakil Bupati Flores Timur langsung bertindak. Tapi untuk sekarang sudah dijamin tenang.

Pasir Timbul Mekko

Sebenarnya wisata Adonara Island memiliki keunikan paling keren berupa pasir timbul mekko. Tentu saja dari segi bentuknya mirip gundukan pasir ditengah laut. Cukup mirip pulau mini di negara Maladewa.

Ukurannya juga tidak begitu kecil atau mini melainkan panjangnya 1 km. Bukan hanya cukup panjang tapi cantik karena warna pasirnya pink. Ditambah kombinasi warna laut biru kehijauan sehingga tambah cantik.

Untuk warna pink dalam pasir timbul Mekko tersebut disebabkan oleh kepingan karang. Tidak lain karena telah hancur dan tergerus sangat kecil. Kemudian mewarnai wisata yang berada dekat wilayah Dusun Mekko.

Warga Lokal Sangat Ramah

Banyak orang yang mengatakan jika masyarakat timur Indonesia semuanya galak. Padahal salah karena disini warga lokal sangat ramah bagi wisatawan. Bahkan selalu saling menyapa dengan senyuman khas timur.

Memang jika kamu melihat warna asli Pulau Adonara, kebanyakan memiliki tampang agak seram. Tapi tetap mau memberi bantuan bahkan dukungan untuk pendatang. Jadi, kita harus tetap menghormati saat berkunjung.

Kuliner Jagung Titi

Objek wisata pulau adonara sebenarnya bukan hanya soal visual alamnya saja. Melainkan kamu dapat menemukan kuliner jagung titi yang terbuat dari biji jagung. Sesuai namanya, pengolahan dengan cara dititi.

Sebenarnya kuliner satu ini masih tergolong sebagai camilan nikmat. Sulit kamu temukan di daerah lain karena hanya dibuat memakai jagung pulut putih. Di mana jagung tersebut endemik Nusa Tenggara Timur.

Sebenarnya jika cara membuatnya memang sederhana, tapi kesulitannya karena tetap butuh waktu. Pertama harus menggoreng setengah matang. Baru dititi dengan batu sampai rata dan lolos sebagai jagung titi.

Keindahan Kain Tenun

Fakta terakhir yang bisa kamu temukan disini yaitu adanya keindahan kain tenun khas. Sebenarnya untuk bentuk yang banyak dipakai berupa kerajinan tenun ikat. Tidak heran jika kemudian sering digunakan sebagai oleh-oleh.

Selain dipakai sebagai buah tangan cantik dari wisata Adonara Island, masih banyak fungsi lainnya. Misal untuk upacara adat, pemakaman atau pernikahan. Apalagi terdapat motif Kwatek, Nowing, dan Senai.

Melihat keindahan tersebut, merupakan kewajiban kita untuk melestarikan sekaligus memberi promosi gratis. Contohnya dengan membagi aktivitas berkunjung ke pulau tersebut. Tentu agar objek wisata pulau adonara semakin terkenal.

Komentar