Fenomena Alam Danau Kelimutu yang Memikat Para Wisatawan

Fenomena Alam Danau Kelimutu yang Memikat Para Wisatawan
Fenomena alam Danau Kelimutu memang selalu membuat kita penasaran ingin membuktikannya secara langsung. Danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.690 ini menjadi salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi saat kamu berada di NTT atau lebih tepatnya di kawasan Taman Nasional Kelimutu.

Tiga buah kubangan atau kawah menjadi keunikan membuat para wisatawan ingin datang melihat warna dari setiap kawah tersebut. Apalagi dengan jarak ketiga kawah yang berdekatan sehingga memudahkan kita melihatnya secara bersamaan. Begitu juga dengan perubahan warna pada kawah yang masih menjadi misteri.

Umumnya, danau tersebut berwarna merah, putih dan biru namun pada waktu tertentu, warnanya bisa berubah menjadi coklat, hitam, hijau atau lainnya. Sampai sekarang, belum ada yang tahu atau bisa memecahkan misteri kapan warna akan berubah dan akan menjadi warna apa.

Keunikan tersebut tidak hanya memikat para wisatawan, tapi para peneliti yang ingin meneliti fenomena alam Danau Kelimutu tersebut. Setelah mengambil dan memeriksa air tempat tersebut, tidak ditemukan apa penyebab air di tempat ini bisa berubah. Apapun itu, tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun asing.

Sejarah Ditemukannya Danau Kelimutu

Sebelum mengenal lebih jauh tentang destinasi menarik untuk dikunjungi ini, ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana sejarah ditemukannya tempat penuh pesona ini. Pertama kali, Danau Kelimutu ditemukan pada tahun 1915 oleh Van Such Telen, seorang Belanda. Ia pun merasa takjub setelah melihat danau tersebut.

Pasalnya, ia mengatakan jika ada tiga buah danau dengan warna merah, putih dan biru di puncak Gunung Kelimutu. Fenomena alam Danau Kelimutu ini rasanya tidak masuk akal karena kita tidak bisa menemukan danau dengan air berwarna seperti ini. Tidak heran jika kemudian warga pun tidak percaya begitu saja.

Untuk membuktikan apa yang dikatakan oleh Telen, warga pun mengunjungi tempat tersebut dan melihat sendiri jika memang benar apa yang dikatakan oleh Telen. Setelah itulah, kawasan ini menjadi destinasi wisata menarik dan semakin populer setelah divisualisasikan dalam sebuah lukisan karya Y. Bouman tahun 1929.

Mitos Danau Kelimutu yang Berada di Puncak Gunung Kelimutu

Seperti sudah dikatakan jika Danau Kelimutu berada di puncak Gunung Kelimutu ini memiliki tiga danau dengan warna berbeda-beda. Ternyata, bukan hanya warnanya, tapi nama danau tersebut juga berbeda-beda. Pasalnya, warga percaya jika tempat tersebut merupakan tempat bersemayam jiwa-jiwa orang telah meninggal.

Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Polo merupakan nama dari setiap kawah yang ada di kawasan wisata ini. Tiwu berarti danau, Ata Mbupu berarti jiwa-jiwa orang tua, Nuwa Muri Koo Fai adalah jiwa-jiwa orang muda, dan Ata Polo berarti jiwa-jiwa orang jahat.

Pasalnya, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai merupakan danau yang sering menunjukkan fenomena alam dari Danau Kelimutu, yaitu dengan berubah warna. Hal ini dikarenakan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai merupakan danau untuk jiwa-jiwa orang muda yang dianggap masih sering labil sehingga mudah untuk berubah-ubah.

Fenomena Perubahan Warna Danau Kelimutu

Perubahan warna ini merupakan fenomena alam Danau Kelimutu yang menarik para wisatawan untuk membuktikan sendiri kebenarannya. Warga setempat percaya jika perubahan warna di danau tersebut merupakan pertanda buruk, seperti terjadinya bencana di Indonesia. Kepercayaannya ini pun didasari pada apa yang sudah terjadi sebelumnya.

Perubahan warna menjadi coklat kemerahan pada tahun 1992 menjadi pertanda gempa bumi di Flores. Begitu juga perubahan warna pada tahun 2004 yang terjadi sebelum tsunami di Aceh. Perubahan warna tersebut memang dikaitkan sebagai pertanda akan terjadinya bencana yang bisa memakan banyak korban.

Warga sekitar percaya bahwa tempat ini memiliki kekuatan magis luar biasa sehingga mereka pun sangat mengeramatkan danau tersebut. Berbagai upacara dan ritual khusus pun dilangsungkan di tempat tersebut dengan membawa sesaji sebagai persembahan sekaligus meminta keberkahan dan keselamatan.

Bagi kamu yang ingin berlibur di tempat alam indah dan penuh misteri, tidak ada salahnya jika berkunjung ke Danau Kelimutu ini. Terlepas dari berbagai mitos yang ada, kamu akan disuguhi pemandangan alam mempesona hingga membuat kita sulit terlepas dari pesona dari fenomena alam Danau Kelimutu.

Komentar