Pemandian Air Panas Mengeruda, Tempat Terbaik untuk Bersantai!

Pemandian Air Panas Mengeruda
Pemandian Air Panas Mengeruda mejadi bukti bahawa daerah timur Indonesia selalu mengejutkan bagi banyak orang karena memiliki sejuta tempat menarik yang layak dikunjungi wisatawan.  

Tempat ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh masyarakat sekitar atau wisatawan. Bahkan beberapa turis dari luar negeri juga sering berkunjung.

Sumber air panas dari pemandian ini sendiri sebenarnya berasal dari Bajawa Gunung Inelika dimana airnya dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit. 

Beberapa kandungan gas dan zat vulkanis lain dari magma bumi ini yang memberikan khasiat kesehatan sehingga bisa menyembuhkan beragam penyakit, misalnya penyakit kulit. Pemandian ini cukup unik karena berada di daerah yang dasarnya tidak terlalu banyak gunung berapi. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa umumnya sumber air panas muncul di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi. Namun berbeda dengan pemandian satu ini yang menjadikannya semakin menarik untuk dikunjungi.

Fasilitas Pendukung yang Ada di Lokasi Wisata Ini

Fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Mengeruda bisa dikatakan sudah sangat lengkap. Lokasi pemandian juga sudah dibangun layaknya tempat wisata berkelas. 

Disini sudah pasti ada tempat parkir yang luas sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika datang pada saat hari sudah siang.

Pengelola juga menyediakan beberapa buah gazebo untuk bersantai bersama keluarga. Gazebo ini sangat cocok untuk kamu yang berkunjung dengan rombongan. 

Ada juga mushola serta beberapa toilet yang bisa kamu manfaatkan. Tempat untuk ganti pakaian juga sudah dibangun di tempat Pemandian Air Panas Mengeruda ini.

Yang lebih menarik adalah disini kamu bisa menjumpai tempat perkemahan. Pihak pengelola menyediakan tempat ini untuk mengakomodir pengunjung yang ingin menginap di dekat pemandian. 

Apalagi beberapa warung makan juga sudah banyak berdiri sehingga perkemahan dekat pemandian air panas jadi lebih menyenangkan, apalagi saat malam hari.

Harga Tiket dan Jam Berkunjung

Meskipun di Pemandian Air Panas Mengeruda ini disediakan tempat berkemah, bukan berarti kamu bisa datang saat sudah malam hari. 

Tempat ini dibuka dari jam 8 pagi hingga 6 petang dan jika kamu ingin mengadakan kemah bersama rombongan, kamu wajib meminta izin pada pihak pengelola. Selain itu, untuk tiket masuk sangat murah sekali hanya Rp2.000 bagi anak-anak dan Rp4.000 bagi orang dewasa. 

Biaya retribusi ini terbilang sangat murah untuk ukuran tempat wisata eksotis seperti pemandian air panas. Apalagi disini kamu juga bisa menikmati beragam fasilitas lain yang sudah disediakan.

Rute Menuju Lokasi Ini

Seperti namanya, Pemandian Air Panas Mengeruda berlokasi di Soa, Kabupaten Ngada serta hanya berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kabupaten Ende. 

Untuk mencapai lokasi juga tidak terbilang sulit dan bisa ditempuh menggunakan angkutan umum atau ojek dari daerah Bajawa menuju Kecamatan Soa.

Jika kamu dari Labuan Bajo, perjalanan akan lebih lama karena harus menempuh waktu perjalanan hingga 7 jam perjalanan. 

Jika kamu menempuh perjalanan melalui jalur selatan, kamu akan melewati jalur dengan banyak tikungan karena harus melewati daerah daratan tinggi serta Gunung Inelika yang mungil.

Namun jika mengambil jalur utara, waktu tempuh bisa lebih lama dan bahkan mencapai 9 jam dari Labuan Bajo. Jalurnya juga sama melewati bukit-bukit dengan banyak tikungan. Jika ingin lebih cepat sampai maka jalur selatan adalah alternatif yang bisa kamu pakai supaya menghemat waktu.

Daya Tarik dari Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Mengeruda selain memiliki beragam fasilitas pendukung juga memiliki panorama alam yang indah. Dengan latar pepohonan hijau, pemandian ini menjadi lebih eksotis dan mirip seperti pemandian tengah hutan. Namun tetap menarik untuk dikunjungi karena menyajikan keindahan alam.

Sumber air panas berasal dari sungai air panas yang memiliki suhu sebesar 44 derajat celcius dan akan menurun pada suhu 36 derajat celsius ketika sampai pada kolam pemandian. 

Meskipun begitu, pemandian ini masih sangat nyaman untuk bersantai pada sore hari, apalagi ketika kamu melakukan kemah. Daerah Nusa Tenggara Timur memang selalu memberikan kejutan menarik, seperti pemandian air panas ini. 

Sangat cocok sekali jika kamu ingin berwisata di tempat yang tenang dan menenangkan. Pemandian Air Panas Mengeruda bisa menjadi alternatif liburan, terutama jika berlibur ke daerah timur Indonesia.

Komentar