Pesona Pulau Lembata, Kamu Wajib ke Sini!

Pesona Pulau Lembata
Ada beberapa pesona Pulau Lembata yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Nusa Tenggara Timur. Jadi, bagi yang ingin berkunjung ke NTT, sayang untuk tidak berkunjung ke pulau Lembata.

Sebab pesona dari pulau ini sangat memanjakan mata dan bisa memberikan kamu pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Tidak hanya panorama alamnya yang indah, banyak juga objek wisata menarik di sana.

Tidak heran bila saat akhir pekan, pulau ini penuh dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat di Indonesia. Untuk itu, sangat disayangkan apabila kamu berlibur ke NTT tapi tidak berkunjung ke sana.

Pesona Pulau Lembata yang MenakjubkanSeperti telah dibahas sebelumnya, bila berkunjung ke NTT, kamu bisa sempatkan waktu untuk mengunjungi pulau Lembata. 

Pesona Pulau Lembata

Pesona Pulau Lembata terletak pada keindahan alamnya yang masih alami dan masih alami. Terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia, pulau ini merupakan rumah bagi kawasan pantai yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun, dan perbukitan yang indah. 

Pengunjung Pulau Lembata dapat mendaki ke puncak Gunung Ili Lewotolok, gunung berapi aktif yang menawarkan pemandangan panorama daerah sekitarnya, atau menjelajahi desa tradisional yang menampilkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat adat pulau tersebut. 

Pulau ini juga terkenal dengan kehidupan lautnya yang semarak, menjadikannya tujuan populer bagi penggemar snorkeling dan diving. 

Apakah Anda sedang mencari liburan yang penuh petualangan atau retret yang damai, Pulau Lembata adalah tujuan yang sempurna untuk membenamkan diri di alam dan mengalami cara hidup lokal.

Berikut ini beberapa pesona dari pulau Lembata yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya :Terdapat bukit doa megah yang menghadap Selat Adonara. 

  • Pesona Pulau Lembata yang pertama, di sana terdapat bukit doa megah

Bukit doa megah ini menghadap ke Selat Adonara dan merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Lembata. Bukit doa megah ini mempunyai salib raksasa di tengah sabana. 

Posisi salib berada di atas bukit yang menghadap Gunung Ile Boleng, membuat kesan spiritual serta ajaib sangat kental di sini.

Tidak hanya terdapat salib raksasa di sana, namun juga ada berbagai macam patung besar. bukit doa megah ini sering dijadikan sebagai tempat wisata religi oleh wisatawan yang berkunjung ke sana.

  • Terdapat percikan lava yang tidak ada habisnya di batutara

Salah satu pesona Pulau Lembata yang menjadi daya tarik wisatawan ialah adanya percikan lava tiada habisnya di batutara. 

Perlu diketahui, Gunung Batutara ialah salah satu gunung paling aktif di sana. Berada di tengah laut serta selalu memercikkan api selama 20 menit sekali. 

Percikkan lavanya memang tidak meledak-ledak, tetapi kamu tetap harus berada dalam jarak aman bila ingin melihatnya langsung.

Letusan kecil yang menyebabkan mengalirnya larva dari badan gunung ke laut, menjadi pemandangan wajib bagi wisatawan. Keindahannya akan terlihat sangat sempurna bila dilihat saat langit sudah mulai gelap.

  • Spot menyelam bersama biota langkah

Pesona Pulau Lembata selanjutnya ialah terdapat 9 spot diving unggulan di sana yang dipenuhi dengan berbagai macam biota langkah. Beberapa biota langkah tersebut antara lain woobegong, Pikachu dan sebagainya.

Keindahan laut dari pulau Lembata ini semakin memikat para penyelam. Bahkan baru-baru ini sekelompok fotografer, traveler hingga penulis travel membukukan indahnya laut Lembata ke dalam sebuah buku berjudul Lembata Underwater. 

  • Terdapat budaya berburu paus

Perlu diketahui, salah satu pesona Pulau Lembata yang membuatnya dikenal dunia ialah karena memiliki kebudayaan berburu paus dengan cara tradisional. Tentu saja bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Menonton tim nelayan lokal saling bekerja sama menangkap paus sperma raksasa atau paus pembunuh menggunakan perahu kayu adalah tontonan sangat menarik. Tidak kalah menariknya, ada perhelatan ritual khusus sebelum berburu paus.

  • Terdapat pulau unik yang muncul hanya saat air surut

Mungkin jarang ada yang tahu, bahwa di pulau Lembata terdapat satu pulau unik. Disebut unik karena pulau ini hanya muncul ketika air surut, pulau tersebut ialah pulau Awelolong. 

Yang merupakan gugusan pasir putih di tengah laut. Kamu hanya dapat menemukannya ketika permukaan laut rendah di waktu surut. Pulau Awelolong menjadi tempat hidup siput dan juga kerang. Bila ingin menangkapnya, kamu cukup gali pasir sedalam 5 hingga 10 cm. 

Karena keunikan dari pulau ini, banyak para wisatawan yang penasaran dan berkunjung ke sana. Aneka pilihan pantai dengan ciri khas masing-masing. Tentu saja, di pulau Lembata tidak hanya terdapat pantai Awelolong saja. 

Masih banyak lagi pantai cantik lainnya dengan ciri khasnya masing-masing yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata favorit para wisatawan. Karena terdapat banyak pilihan pantai inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak para wisatawan berkunjung ke pulau Lembata. 

Tidak heran bila saat akhir pekan, pulau ini penuh pengunjung. Jadi bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga, pulau Lembata cocok dijadikan pilihan. Sebab banyak sekali pesona Pulau Lembata yang sayang untuk dilewatkan.

Comments