Keunikan Kelabba Madja, Grand Canyo Milik Indonesia

Kelabba Madja
Ada beberapa keunikan Kelabba Madja yang jarang diketahui oleh banyak orang. Mungkin sebagian dari kamu belum familiar dengan destinasi wisata yang satu ini. Kelabba Madja merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Sabu. 

Bahkan tempat ini sering disebut sebagai Grand Canyo Indonesia, karena memang tampilannya sangat mirip.Indahnya panorama bebatuan di sana, membuatnya pernah masuk ke dalam kategori salah satu ajang bergengsi. Kelabba Madja ini memiliki banyak keunikan lain yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke sana.

Beragam Keunikan Kelabba Madja di Pulau Sabu

Bagi kamu yang berencana ingin berkunjung ke Kelabba Madja, ada baiknya ketahui dulu beberapa keunikan dari tempat ini. Berikut ini beberapa keunikan dari Kelabba Madja, antara lain seperti :

  • Dianggap sebagai tempat para dewa

Keunikan Kelabba Madja yang pertama, selain sering dikenal sebagai tebing berbukit. Kelabba Madja juga mempunyai 3 batu yang dianggap oleh penduduk lokal sebagai batu keseimbangan. 

Ketiga batu tersebut berbentuk runcing dan berdiri kokoh, melambangkan sebuah keluarga terdiri dari anak, ibu dan ayah. Kelabba Madja ini termasuk sakral, bahkan warga desa Gelanalalu, menganggapnya sebagai tanah Dewa.

Bukit-bukit ini dipercaya oleh warga sebagai tempat suci, tempat berdiamnya dewa Madja. Di bagian bukit tertentu juga terdapat batu yang umumnya digunakan oleh masyarakat sebagai altar pemuja dewa.

  • Adanya ritual di sana

Seperti telah dibahas sebelumnya, Kelabba Madja ini dianggap sebagai tempat sakral oleh para penduduk di sana. Karena sakralnya tempat ini, pengunjung dilarang mengeluarkan kata-kata kotor seperti makian dan sejenisnya.

Jadi, apabila kamu ingin berkunjung ke sana, harap menjaga perkata selama berada di sana. Tidak hanya itu, pengunjung dilarang untuk naik ke puncak batu tersebut karena ada pantangannya tersendiri.

Setiap bulan di bulan Juli, warga rutin melakukan ritual pemotongan hewan kurban berupa ayam merah. Hal tersebut dilakukan mereka untuk memohon keselamatan serta kesuburan kepada para dewa.

Selain pemotongan ayam merah, warga setempat juga rutin memberikan sesajen berupa kacang hijau dan juga sorgum. Jadi jangan heran apabila saat ke sana, mungkin kamu akan menemukan sesajen.

Bukit bebatuan yang unik dan warna-warniKeunikan Kelabba Madja berikutnya ialah bukit bebatuan yang warna warni. Keindahan alam berupa tebing yang berderet tersebut mempunyai beragam gradasi warna yang sangat cantik. 

Siapapun yang melihatnya pasti akan terkesima.Para wisatawan dapat melihat berbagi macam warna yang terjadi secara alami di salah satu bukit di sana. Gradasi warnanya antara lain seperti biru, merah, coklat dan putih.

Yang terlukis sedemikian rupa secara sempurna di permukaan tebing-tebingnya. Keelokannya ini semakin terlihat memanjakan mata ketika cuaca sedang cerah, cocok apabila dijadikan sebagai salah satu spot foto. 

  • Sering disebut Grand Canyon Indonesia

Karena keindahan bukit bebatuan yang ada di sana, membuat Kelabba Madja sering disebut sebagai Grand Canyon Indonesia. Memang, gradasi warna dari bukit bebatuan di sana sangat mirip dengan Grand Canyon.

Salah satu keajaiban dunia yang ada di Amerika Serikat. Bagi yang belum memiliki kesempatan untuk ke sana tidak perlu murung, masih ada Kelabba Madja, destinasi wisata yang mirip Grand Canyon.

  • Menjadi nomine Anugrah Pesona Indonesia

Keunikan Kelabba Madja selanjutnya, tempat ini pernah menjadi nomine Anugerah Pesona Indonesia atau API yang diadakan 2018 silam. Kelabba Madja masuk ke dalam kategori Destinasi Surga Tersembunyi paling populer.

Hal tersebut membuat Kelabba Madja semakin dikenal banyak orang. Para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara berbondong-bondong untung datang ke sana menyaksikan keindahannya secara langsung.

Semakin meningkatnya jumlah pengunjung di sana, membuat pihak pengelola objek wisata memberikan sejumlah fasilitas umum. Walaupun fasilitas di sana bisa dibilang masih terbatas.Namun setidaknya toilet serta lahan parkir yang disediakan menunjang kenyamanan para pengunjung. 

Apabila kamu berencana untuk berkunjung ke sana, kamu perlu menyiapkan kondisi fisik yang fit. Sebab perjalanan untuk menuju ke Kelabba Madja terbilang cukup sulit. Tetapi kamu tenang saja, perjalanan yang terasa sulit, semuanya akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan di sana.

Jadi bagi kamu yang ingin berlibur ke pulau Sabu, jangan lupa untuk mengunjungi Kelabba Madja. Kamu akan melihat berbagai keunikan Kelabba Madja yang akan semakin menambah pengalaman liburan kamu.

Komentar