Objek Wisata Pulau Raijua di NTT Wajib Dikunjungi

Pulau Sabu Raijua
Objek wisata pulau Raijua sebenarnya termasuk sebagai tempat liburan yang terkenal. Terutama bagi kamu yang sudah sering berkunjung ke wilayah Nusa Tenggara atau Bali. Pasti cukup banyak mendengarnya dari pegunjung.

Untuk letak dari pulau tersebut lebih jelasnya dekat dengan Pulau Sawu. Tidak lain terletak sekitar arah barat daya pulau tersebut. Berasal dari kecamatan Raijua, kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

Jika berbicara soal luas, ternyata hanya sekitar 36 km2. Masih masuk dalam gugus kepulauan Sunda kecil yang termasyhur namanya. Terlebih karena sering diceritakan maupun dijelaskan pada pelajaran geografi.

Khusus untuk tempat wisatanya, ternyata dilengkapi dengan beberapa spot sangat menarik. Belum lagi dengan adat kebudayaan dari warga setempat. Termasuk kerajinan atau oleh-oleh yang bisa kamu beli setelah berkunjung.

Fakta Objek Wisata Pulau Raijua Nusa Tenggara Timur

Jika kamu belum tertarik berkunjung, pasti disebabkan tidak tahu mengenai keindahannya. Apalagi jika tidak pernah melihat foto dan review wisatawan. Padahal punya beragam fakta dan data menarik tempat wisata tersebut.

1.Upacara Adat Khas

Saat kamu mengunjungi wisata Raijua Island, punya kesempatan melihat upacara adat khas. Hal ini ternyata akan dilakukan satu kecamatan penuh. Misalnya Upacara Hole sebagai pengucapan syukur bagi warga setempat.

Upacara semacam ini akan dilakukan selang beberapa hari setelah munculnya bulan purnama. Masih sesuai dengan adat setempat dan terdapat urutan dari 12 suku lokal. Pastinya mengandung beragam nilai kehidupan sosial.

Upacara tersebut selalu mengajarkan tentang sifat penting seperti rasa percaya dan kesadaran. Termasuk persatuan dan kesatuan meski berbeda suku. Termasuk di dalamnya etika, kesetiaan sampai nilai estetika.

2. Ritual Adat Menarik

Ritual adat menarik yang terdapat dalam objek wisata pulau raijua disebut sebagai DAB'BA. Tergolong sangat sakral dan hanya dilangsungkan 2 kali setahun. Salah satu highlight terbaiknya yaitu sabung ayaman.

Nantinya masing-masing suku yang ikut serta juga memakai bahasanya sendiri. Termasuk mengenai adat yang akan mereka perlihatkan sesuai wilayahnya. Terdapat adat besar seperti Hepe Hepe dan Die Pehape.

3. Punya Grand Canyon

Objek wisata satu ini memang telah dilengkapi dengan grand canyon tersendiri. Berbeda dengan daerah lainnya, disini disebut sebagai Kelabba Maja. Ternyata dilengkapi banyak warna sehingga dianggap colorfull.

Bila membandingkan wisata Raijua Island tersebut dengan Grand Canyon asli, tidak kalah cantik. Kelabba Maja dilengkapi dengan hamparan lembah. Termasuk tebing yang bentuknya unik karena efek alam.

Keunikan lain Kelabba Maja yaitu bila kamu mengunjungi tebing batu meruncing. Terlebih karena terdapat batu keseimbangan yang mampu berdiri sangat kuat. Ternyata lokasi tersebut dipercaya sebagai persemayaman dewa.

4. Wisata Jelajah Desa

Bila kamu ingin menjalani kegiatan yang lebih sibuk dan banyak bergerak, wisata jelajah desa adalah pilihannya. Kita dapat mengunjungi Desa Adat Namata disukai masyarakat. Masih memegang teguh adat serta kepercayaan.

Kepercayaan yang banyak dipilih oleh warga Pulau Raijua misalnya Djingitiu. Tidak lain berupa kepercayaan di mana akan memuja dewa serta lelulur. Kamu nantinya dapat mengunjungi rumah atau aktivitas warga.

Di sini terdapat peradaban khas dari zaman megalitikum. Tidak heran dilengkapi dengan bebatuan atau bongkahan yang menggambarkan daya magis. Mungkin saja kamu dapat menemukan sensasi peradaban spiritual.

5. Kerajinan Tenun Mendunia

Objek wisata pulau raijua tentunya dilengkapi dengan kerajinan tenun mendunia. Sangat terkenal karena cara pembuatannya memakai alat berupa langa. Nantinya benang akan dilentangkan membuat beragam motif cantik.

Biasanya kamu bisa menemukan beragam produk mulai dari sarung, selimut atau selendang. Jika digunakan sebagau buah tangan, bisa memilih selendang. Terutama agar jumlah yang dibeli jauh lebih banyak.

6. Kuliner Unik

Kuliner unik pastinya tidak boleh kita lupakan saat berkunjung ke tempat ini. Terlebih bisa merasakan makanan khas dari warga setempat seperti Wollapa. Termasuk sangat terkenal sebagai makanan khas warga lokal.

Wisata kuliner Raijua akan membuka mata kita mengenai rasa khas. Wollapa terbuat dari bahan berupa beras dan gula merah lontar dan dibungkus lontar. Mungkin kamu sudah banyak melihat di televisi.

Cara pembuatan Wollapa akan diawali dengan menumbuk beras sampai halus. Kemudian dicampur dengan gula merah sehingga membentuk adonan. Bila sudah siap, maka tinggal membungkusnya dengan kulit jagung atau kelapa kering.

Setelah kamu berkunjung, bisa merasakan sensasi luar biasa wisata khas Nusa Tenggara. Bahkan bisa memperoleh banyak buah tangan berupa barang maupun foto. Objek wisata pulau raijua tidak akan mengecewakan pengunjung.

Komentar