Destinasi Wisata Pink Beach Labuan Bajo Pesona Menakjubkan

Pink Beach Labuan Bajo
Wisata pink beach atau pantai pink menjadi salah satu destinasi kamulan yang berada di Labuan Bajo. Ternyata pesona alam di sana juga cukup menarik banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri. 

Asal mula diberi nama seperti di atas karena destinasi wisata satu ini mempunyai pasir pantai yang berwarna merah muda. Selain itu juga, pinggiran air pantainya dominasi warna hijau dengan bagian tengah pantai warna biru.

Pemberian nama lokasi wisata ini pun sebenarnya tidak hanya ada di Labuan Bajo saja. Akan tetapi, bentang alam yang ada di setiap tempat pun memberikan suasana yang jelas berbeda pula. 

Hal tersebut dikarenakan pemandangan alam dan juga kondisi cuaca di sekitar lokasi tersebut turut serta memengaruhi suasana menghabiskan masa liburan. Keindahan alam dari pantai pink ini berada tepat di Pulau Komodo, Flores barat, NTT. 

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai pink ini, kamu dapat menyewa sebuah kapal atau juga speed boat yang sudah tersedia di Pulau Komodo. Lalu, tinggal minta antar langsung menuju ke lokasi pantai pink.

Bentang Alam yang Indah Mempesona

Perlu kamu ketahui, karena wisata pink beach ini masih berada di kawasan Pulau Komodo, yang artinya juga lokasi wisata tersebut menjadi salah satu habitat alami dari komodo.

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, Komodo ini termasuk ke dalam spesias kadal raksasa langka dan hanya terdapat di Pulau tersebut. Ukuran tubuh dari spesies ini juga sangatlah besar dan juga buas sehingga sering kali mengganggap manusia sebagai ancaman.

Jadi, apabila kamu berkunjung ke lokasi ini, alangkah baiknya untuk didampingi oleh pemandu wisata dan mesti menjaga sikap maupun tata cara. Selain itu juga, pemandangan bawah laut yang ada di sini pun sangatlah indah sehingga sering memberikan keindahan bahari bawah laut yang masih asri dan terjaga.

Berbicara mengenai iklim cuaca di daerah Nusa Tenggara Timur memang terbilang kering hingga cuacanya juga cukup panas. Di sini, kamu dapat melihat bentang alam dengan hamparan pasir yang luas, air hingga beragam jenis tanaman yang membuat para wisatawan seperti berada di padang sabana.

Warna pantai yang menjadi pink ini sebenarnya termasuk ke dalam fenomena alam yang masih bisa dijelaskan. Hal tersebut disebabkan pantai ini memang dihuni dan jadi habitat hewan sangat kecil bernama foraminifera. 

Hewan inilah yang mempunayi bagian pigmen merah dan dapat menyebarkan warna ke bagian batu koral. Nantinya, batu tersebut yang hancur sendiri dan bercampur dengan pasir pantai.

Apa Saja Fasilitas yang Ada di Wisata Pink Beach? 

Walaupun pun wisata di pink beach ini sering kali didatangi oleh sejumlah wisatawan, tetapi masih belum ada warung maupun cafe disekitarnya. Oleh karena itulah, bila kamu berkunjung ke sini pastikan untuk membawa bekal makanan dan juga minuman selama berwisata.

Selain itu juga, jika kamu ingin menikmati indahnya ekosistem bawah laut bisa langsung membawa berbagai macam peralatan diving sendiri. Namun, bila tidak memiliki kamu bisa membelinya langsung di Labuan Bajo sebelum berkunjung ke pantai pink.

Untuk fasilitas memang belum terlalu banyak karena dari segi komersil tidak terlalu diuntungkan. Akan tetapi, bagi para wisatawan yang ingin berlibur dengan menikmati keindahan alam serta jauh dari keramaian, mungkin wisata di pink beach dapat dijadikan alternatif pilihan.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Pink Beach 

Agar bisa sampai ke lokasi pantai pink di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur ini terdapat dua pilihan rute yang bisa kamu coba, antara lain :

Jalur laut 

Dari arah kota Mataram, kamu bisa langsung menuju ke pelabuhan Tanjung luar di Labuan Bajo. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan memakai private boat atau pun public boat yang sudah tersedia. Nantinya, kamu akan segera diantar ke lokasi wisata pink beach.

Jalur darat 

Bila tidak ingin menggunakan kapal, kamu mungkin bisa mencoba jalur darat dari kota Mataram. Kemudian, melanjutkan perjalanan dengan memakai angkutan umum atau juga bisa sewa kendaraan dengan jarak tempuhnya sekitar 85 km selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Destinasi wisata yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur memang tidak perlu diragukan lagi. Lokasi dari wisata pink beach juga dapat dijadikan pilihan paket liburan kamu selama berkunjung ke sini. 

Komentar