Fakta Unik Pulau Komodo Flores yang Jarang Diketahui Orang

Fakta Unik Pulau Komodo Flores yang Jarang Diketahui Orang
Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke Pulau Komodo Flores? Pulau Komodo merupakan salah satu pulau di Indonesia yang mana penghuninya adalah komodo. Karena itu pulau ini  disebut sebagai Pulau Komodo. Pulau Komodo ini berada di Nusa Tenggara Timur dan merupakan salah satu tempat wisata paling banyak peminatnya di Labuan Bajo.

Indonesia memang memiliki anugerah yang sangat besar dari Tuhan. Keberadaannya dalam letak geografis yang sempurna membuat negeri ini memiliki banyak keunikan dan keanekaragaman yang khas. Salah satu keunikan yang khas ialah Komodo ini. Satu-satunya hewan purba yang masih hidup ini ternyata ada di Indonesia.

Jika berbicara mengenai Pulau Komodo Flores, pasti ada suatu hal yang membuatnya menjadi tempat wisata yang sangat populer. Bahkan populer hingga ke mancanegara. Tentu hal ini karena Pulau Komodo memiliki keunikannya tersendiri. Beberapa keunikan dari Pulau Komodo ini diantaranya sebagai berikut.

Termasuk Dalam 7 Keajaiban Dunia

Pulau Komodo Flores ini termasuk ke dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia. Hal ini telah ditetapkan pada tahun 2012 lalu. Taman Nasional Komodo ini berhasil menjadi inspirasi bagi masyarakat agar sama-sama melindungi sisa spesies yang hampir punah.

Penetapan ini didapatkan berdasarkan hasil voting yang didapatkan melalui pesan singkat yang dilakukan oleh seluruh bangsa Indonesia. Pesan singkat ini cukup menunjukan bahwa bangsa Indonesia telah mengekspresikan bahwa ia bangga pada warisan dari alam ini. Penetapan penghargaan ini berlangsung sekitar 5 bulan.

Wajib Dikunjungi Karena Masuk Kategori 10 Besar Tempat Wisata Terbaik di Asia

Pada tahun 2018 lalu, Lonely Planet mengumumkan sebuah daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi di Asia oleh wisatawan. Di sana tertulis ada 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi. 10 daftar tersebut dibuat berdasarkan keindahan, wisata, kuliner, dan kebudayaannya.

Jika ada tempat wisata yang memenuhi beberapa kriteria tersebut maka ia akan dianggap mampu memenuhi kepuasan wisatawan. Uniknya, dalam daftar 10 tempat wisata tersebut tertulis Pulau Komodo mewakili Indonesia sebagai bagian dari 10 tempat wisata terbaik di Asia.

Fakta unik tentang Pulau Komodo Flores ini tentu sangat membanggakan. Pulau Komodo ini pun dijuluki sebagai rumah bagi para kadal purba. Tak berhenti di situ saja, keindahan yang dimiliki oleh pulau ini membuat beberapa orang menyebutnya seolah seperti Surga.

Penelitian di Australia menunjukan bahwa awal mulanya komodo itu berasal dari Australia. Namun, seiring berjalannya waktu, kadal purba ini bermigrasi dan ke Kepulauan Sunda Kecil dan kemudian kadal purba ini bertahan hingga saat ini di sana, yakni di Pulau Komodo.

Memiliki Pantai Pink yang Bisa Kamu Kunjungi

Pulau Komodo Flores memiliki Pantai Pink yang sangat indah. Berbeda dari pantai pada umumnya yang memiliki pasir berwarna cokelat, pantai ini justru memiliki pasir yang berwarna pink. Tentu saja, keindahan pemandangan ini tidak akan bisa kamu dapatkan di pantai lain.

Warna pink ini sebenarnya berasal dari serpihan halus coral merah atau karang merah yang sudah mati. Kemudian serpihan-serpihan ini terbawa arus hingga ke pinggir pantai dan menjadi pasir. Hal ini pun menghasilkan sebuah warna pasir pink yang sangat cantik dan natural.

Jika pasirnya basah, warnanya akan berubah menjadi kemerahan. Sementara itu ketika pasirnya kering warnanya akan berubah menjadi pink. Bayangkan saja, akan seberapa indahnya ketika pasir ini terkena sinar matahari senja. Keunikan dari warna pasir ini membuat banyak orang tertarik untuk datang ke sini.

Diselimuti Rumput Savana yang Eksotis

Ketika berkunjung ke Pulau Komodo Flores, Anda akan menikmati panorama yang sangat indah ketika dilihat dari atas bukit. Ketika kamu pergi ke Pulau Komodo, kamu akan menemukan Pulau Padar. Pulau ini diselimuti oleh rumput savana. Kamu bisa melihat keindahannya dari atas bukit.

Namun, memang perlu sedikit usaha keras untuk bisa mencapai puncak bukit tersebut. Perlu waktu sekitar 30 menitan untuk bisa sampai ke puncak bukit. Namun, 30 menit yang melelahkan itu akan terbayar lunas ketika kamu melihat pemandangan yang begitu indah dari Pulau Padar ini.

Pulau komodo menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh sampai terlewat ketikan kamu berlibur ke Flores. Beragam keunikan dari pulau ini yang tidak bisa kamu dapat dari pulau lain akan membuat liburanmu istimewa. Jika penasaran dengan keindahan Pulau Komodo Flores tersebut, kamu bisa buktikan sendiri datang ke sana.

Komentar