Cantiknya Pulau Bidadari NTT, Wisata Bahari Dekat Labuan Bajo

Pulau Bidadari NTT
Tahukah kamu bahwa di dekat Labuhan Bajo yang sangat tersohor ada pulau kecil cantik bernama Pulau Bidadari NTT ? Meski belum sepopuler Pulau Rinca, wisata bahari di tempat ini tak boleh kamu sepelekan.

Pulau Bidadari di NTT sering juga disebut sebagai Angel Island. Jika mencari di peta Google, kamu bisa melihat keberadaannya berdampingan dengan Angel Island Eco Resort yang siap menyambut kedatanganmu.

Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat NTT. Sama seperti sederetan gugus pulau di Labuan Bajo, seperti Pulau Rinca dan Padar, panorama bahari di sini sangat indah.

Meski berada di Kecamatan Komodo yang terkenal dengan wisata faunanya, di Pulau Bidadari NTT kamu tidak akan menjumpai hewan langka ini. Bukan jadi masalah, sebab kamu justru bisa menjelajah lebih dalam tanpa rasa khawatir.

Keindahan dan ketenangan yang bisa kamu rasakan ketika memasuki tempat ini akan menjadi penawar sempurna bagi kesibukan dan kepenatan harianmu di kota. Jadi, rekomendasi wisata NTT ini patut kamu coba.

Sejarah Penamaan Pulau Bidadari NTT

Sebelum membahas bagaimana cara kamu bisa pergi sana dan apa saja daya tarik di sana. Ada baiknya kamu mengetahui sejarah penamaan Bidadari Island.

Dahulu tempat tersebut bernama Pulau Bajo. Sempat juga dinamai Pulau Bidara karena banyak tumbuh pohon bidara di sekitarnya. Barulah setelah itu dipilih nama Bidadari.

Dari beberapa cerita yang menyebar di masyarakat. Kisah yang berhubungan dengan hal mistis paling populer ketika membicarakan penamaan ini.

Konon, masyarakat setempat sering melihat sesosok perempuan cantik berlalu lalang di sana. Kecantikan sosok yang diduga makhluk halus tersebut diceritakan mirip bidadari. Dari sanalah sejarah penamaan Pulau Bidadari berasal.

Cara Menuju ke Angel Island NTT 

Kamu bisa memulai perjalananmu di Labuan Bajo langsung atau jika berada di luar NTT bisa berangkat dari Bali. Hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam saja dengan penerbangan Bali-Labuan Bajo.

Sampai di Labuan Bajo lanjutkan perjalanan ke Angel Island dengan speed boat. Tidak lama, cukup 10 menit perjalanan sudah bisa berada di tempat indah dan tenang tersebut.

Namun, jika kamu tidak sedang buru-buru lebih baik gunakan perahu. Dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, kamu bisa lebih leluasa menikmati pemandangan laut sepanjang perjalanan menuju Angel Island. 

Jika kamu sudah terlebih dahulu memesan penginapan yang ada di Angel Island, kamu tidak perlu repot-repot mencari speed boat atau perahu. Sebab akan menjemputmu di Labuan Bajo.

Wisata Bahari yang Tenang dan Asri

Seperti pantai-pantai di Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan pasir putih dan ekosistem bawah lautnya yang menawan. Angel Island juga memilikinya. 

Hamparan pasir putih membentang dengan ragam jenis terumbu karang yang rapi siap memanjakan mata yang memandang. Tidak hanya itu, pantai yang biru jernih di Angel Island ini dikelilingi perbukitan yang asri.

Suara ombak kecil berhembus menabrak koral dan karang di tempat yang tenang ini akan menyegarkan pikiranmu. Jadi lupakan sejenak kehidupanmu yang sibuk jika menepi di sini.

Jika hobi menyelami kehidupan bawah laut, aktivitas snorkeling atau juga diving di Pulau Bidadari NTT ini wajib kamu coba. Tapi apabila belum mahir namun tetap ingin menjajalnya pulau ini bisa jadi pilihan.

Tempat ini cocok untuk snorkeling bagi pemula sebab pengunjung bisa menikmati terumbu karang berjarak 5 meter bibir laut tanpa khawatir terbawa ombak atau bahkan tenggelam.

Tapi jika tidak tertarik berbasah-basahan, pilihlah waktu sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam dengan indah di pulau ini. Kamu juga bisa mengabadikan momen bahagiamu di sini bersama pasangan.

Fasilitas Lengkap di Angel Island NTT

Meskipun berlokasi di Pulau kecil di luar Labuan Bajo, Angel Island atau Pulau Bidadari ini memiliki fasilitas yang lengkap. Di sana kamu bisa menemui kurang lebih 10 cottage dengan layanan bintang lima.

Kamu akan disuguhi mini bar, teras pribadi, air panas, dan layanan dokter, laundry, serta satpam siap menjagamu tetap nyaman dan aman. Harga penginapan kurang lebih Rp400 ribuan.

Soal hobi divingmu, kamu juga tidak perlu khawatir. Sebab resor ini telah menyediakan fasilitas diving lengkap berstandar internasional. Jadi, meskipun tidak sepopuler destinasi NTT lain, pengembangan wisata di Pulau Bidadari NTT ini cukup bagus.

Komentar