Wisata Museum 1000 Moko, Gudang Sejarah Generasi Muda Alor

Wisata Museum 1000 Moko, Gudang Sejarah Generasi Muda Alor
Wisata Museum 1000 Moko merupakan salah satu destinasi yang sangat wajib untuk dikunjungi. Terlebih lagi saat Kamu kebetulan berkunjung ke pulau alor. Di museum satu ini terdapat berbagai peninggalan benda bersejarah yang sangat berharga bagi masyarakat pulau alor. Bahkan beberapa di antaranya berasal dari zaman prasejarah.

Keberadaan museum satu ini merupakan bukti otentik kalau sebenarnya Pulau Alor memiliki sejarah panjang dan sangat sarat dengan perbedaan. Dinamai Museum 1000 Moko karena memang moko sendiri merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat Alor di masa lalu. Jadi di moko memiliki nilai historis dan budaya yang sangat tinggi.

Sedangkan angka 1000 disematkan sebelumnya merupakan simbol keberagaman yang sudah sejak lama dipelihara di Pulau Alor sendiri. Di sisi lain angka 1000 ini menunjukkan harapan masyarakat pulau alor begitu tinggi terhadap persatuan dan kesatuan. Inilah asal muasal dipilihnya nama Wisata Museum 1000 Moko yang sedang kita bahas ini.

Moko Sebagai Simbol Kebudayaan Masyarakat Pulau Alor

Kalau kita meneliti sejarah masyarakat Alor, moko memiliki peranan historis yang sangat tinggi. Di masa lalu, perangkat satu ini dipergunakan sebagai mas kawin atau biasa disebut belis oleh penduduk setempat. Setiap jenis moko yang diberikan memperlihatkan status sosial dari seorang yang melakukan pernikahan.

Jadi semakin bagus jenis moko yang diberikan, semakin tinggi juga status sosial dari orang yang memberikannya. Hal ini dikarenakan moko dipercaya bisa mengikat pernikahan dengan sangat kuat. Sampai saat ini masih ada beberapa suku di wilayah Pulau Alor yang menggunakan adat istiadat satu ini. Alasan kenapa Moko menjadi pajangan utama di dalam Wisata Museum 1000 Moko.

Di sisi lain, moko juga dipergunakan sebagai alat jual beli masyarakat pulau alor di masa lalu. Namun saat masa penjajahan oleh Belanda dimulai, peredaran moko ini mulai dibatasi. Saat ini moko dipergunakan sebagai genderang khusus untuk berbagai jenis tarian adat. Karenanya jangan heran kalau nama moko sedikit diistimewakan di tengah kebudayaan masyarakat Kepulauan Alor.

Ada Apa Saja di Museum 1000 Moko?

Untuk Kamu yang hendak berkunjung, di Dalam wisata Museum 1000 Moko ini terdapat banyak hal menarik yang bisa di lihat. perlu diketahui museum satu ini terdiri dari dua gedung berukuran besar di dalamnya terdiri atas ruang-ruang berukuran cukup lebar.

Di dalam ruangan ruangan tersebut disimpan berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan perjalanan leluhur masyarakat suku Pulau Alor. Karenanya tak mengherankan kalau pendirian museum satu ini didedikasikan bagi generasi muda Pulau Alor agar mereka mengetahui asal-muasal leluhur mereka.

Secara detail, di dalam Museum satu ini terdapat berbagai hal berkaitan dengan kebudayaan Masyarakat Alor itu sendiri. Salah satu contohnya adalah kehadiran cawat dari kulit kayu yang sangat antik. Sampai sekarang, cawat dari kulit kayu ini masih dipergunakan oleh Suku Kabala yang tinggal di wilayah Alor Timur.

Tidak hanya cawat kayu saja ,di dalam Wisata Museum 1000 Moko ini Kamu juga bisa melihat berbagai jenis Giring kaki,  kain tenun ikat, gelas dari tempurung , dan bahkan sisir dari bambu. Ini merupakan warisan dari para leluhur Pulau Alor yang tentunya sangat menarik untuk dilihat.
Bahkan aset yang dipajang tidak hanya berasal dari dalam negeri saja. Ada juga beberapa aset berasal dari luar negeri seperti misalnya kain patola yang berasal dari budaya India, kain tenun Ler dari masyarakat Sulawesi kuno, atau bahkan mangkuk antik asal Tiongkok yang berasal dari abad masa lalu.
Paling unik dari museum satu ini tentunya adalah keberadaan berbagai jenis moko yang berasal dari berabad-abad lalu. Bahkan di dalamnya ada juga kendang yang dibuat dari kulit manusia. Sampai saat ini belu jelas asal muasal dari kendang tersebut.

Lokasi Museum 1000 Moko

Untuk Kamu yang tertarik mengunjunginya, Museum 1000 Moko terletak di Jalan Diponegoro dengan kode blok 85818, tepatnya di di wilayah Kalabahi, Kabupaten Alor. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau oleh berbagai macam kendaraan.

Infrastruktur menuju ke lokasi juga sangat bagus dan tersedia beberapa jenis kendaraan umum untuk Kamu yang tidak membawa kendaraan sendiri. Lokasi museum satu ini ini berada di titik keramaian Kalabahi. Jadi Kamu tidak akan terlalu sulit untuk menemukan titik lokasi Wisata Museum 1000 Moko ini.

Komentar