Wisata Sejarah di Ende, Rumah Pengasingan Sang Proklamator

Wisata Sejarah Di Ende
Rumah pengasingan Sang Proklamator Indonesia, Bung Karno mungkin sudah jadi pengetahuan yang umum tentang wisata sejarah di Ende ini. Rumah pengasingan Soekarno hingga saat ini menjadi salah satu dari wisata budaya dan sejarah yang ada di Nusa Tenggara Timur, di dalamnya juga memiliki catatan sejarah seputar pergerakanan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Di zaman dahulu semasa perjuangan kemerdekaan Indonesia, tempat ini jadi lokasi Bung Karno beserta mertua dan juga anak angkatnya menghabiskan masa pengasingan selama kurang lebih sekitar 4 tahun 9 bulan.

Pada saat kamu akan memasuki halaman rumah tersebut, kamu bisa langsung melihat sebuah patung Presiden pertama Republik Indonesia yang berdiri dengan gagahnya. Lalu, segala macam perabotan yang ada di dalam rumah juga hingga kini masih terjaga dan dirawat dengan sangat baik.

Wisata Sejarah di Ende, Sekat Rumah Memiliki Cerita 

Saat akan memasuki halaman rumah pengasingan, kamu akan melihat patung Bung Karno sedang duduk merenung di bawah pohon sukun yang memiliki lima cabang sembari menatap ke arah lautan lepas.

Sesudah berkunjung ke patung tersebut, kamu akan melangkahkan kaki ke situs Rumah Pengasingan Bung Karno yang berada tepat di Jalan Perwira. Rumah tersebut menjadi salah satu dari 10 situs bersejarah penting yang berhubungan erat dengan kehidupan sang Proklamator Indonesia selama diasingkan di kota Ende ini.

Wisata sejarah di Ende merupakan rumah pengasingan Soekarno hingga saat ini sangat terawat dengan cukup baik. Di dalam rumah inilah, Bung Karno bersama dengan sang istri ibu Inggrit, ibu Asmi mertua dan juga anak angkatnya menghabiskan waktu sehari – hari selama masa pembuangan.

Pada saat kamu mulai masuk ke ruang tamu, terdapat sebuah lukisan tangan asli dari Bung Karno yang menggambarkan situasi sembahyang umat Hindu di Bali. Ruang tamu inilah yang menjadi lokasi Bung Karno menerima tamu serta berbagai macam perabotan masih tersusun sangat rapi masih sama seperti dulunya. 

Di dalam rumah itu juga terdapat kamar yang menjadi tempat beristirahatnya sang Proklamator Indonesia ini dan keluarganya. Tepat di halaman belakang rumah, ada juga kamar mandi, dapur dan juga sumur yang masih disusun rapi seperti sedia kala.

Taman Perenungan Pancasila Bung Karno 

Setelah kamu mengunjungi wisata sejarah di Ende rumah pengasingan sang Proklamator. Barulah mulai eranjak ke lokasi berikutnya, yakni taman perenungan Bung Karno. 

Hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari rumah pengasingan yang membutuhkan waktu sekitar 2 menit saja memakai kendaraan. Kamu dapat langsung ke tempat taman renungan Soekarna yang terletak di Kelurahan Rukun Lima.

Lokasi wisata satu ini memang dikenal dengan sebutan Taman Renungan Pancasila. Di taman tersebut juga terdapat patung dari sang Proklamator Indonesia Ir.Soekarno yang tengah duduk tepat disamping pohon sukun.

Posisi dari pohon sukun di sini memang berdekatan dengan patung Bung Karno yang tengah memandang ke arah lautan, pohon ini pun dikenal dengan nama Pohon Pancasila.

Pada saat Bung Karno diasingkan ke tanah Flores, juga langsung memanfaatkan pohon tersebut. Lebih tepatnya berada di bawah pohon sukun untuk dijadikan sebagai tempat berenung.

Hasil dari renungan inilah yang sekarang semua masyarakat Indonesia kenal dengan sebutan Pancasila. Maka dari itu, tidak lagi mengherankan bila taman serta pohon di sini diberi nama Pancasila karena memang jadi lokasi awal perenungannya. 

Walaupun diberi nama pohon Pancasila, namun pohon yang berdiri sekarang ini bukan merupakan pohon sukun yang digunakan oleh Bung Karno saat merenung di tanah Enda. Hal tersebut dikarenakan untuk pohon yang aslinya telah tumbang pada tahun 1960 silam.

Jadi, kemudian pohon sukun tersebut ditanam kembali di tahun 1981 dan tetap berdiri kokoh dan subur hingga sekarang ini. Bila kamu berkunjung ke sini juga pastinya akan bertemu dengan pohon Pancasila yang jadi saksi bisu mengenai perenungan Bung Karno.

Tentu saja ketika kamu akan berkunjung ke kota Ende, sebaiknya untuk menyempatkan waktu singgah ke lokasi wisata ini. Wisata sejarah di Ende juga ternyata cukup banyak yang menjadi tempat penuh nilai historis bagi bangsa Indonesia. 

Comments

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:

    Ayya Nadar Janaki Ammal College in Sivakasi

    Al-Falah University in Faridabad

    University of Ladakh in Tirap

    Mandsaur University in Mandsaur

    Central Tribal University of Andhra Pradesh in Vizianagaram<br

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon berkomentar sesuai topik!