Pesona Pulau Alor, Daya Tarik Utama Wisatawan Mancanegara

Pesona Pulau Alor, Daya Tarik Utama Wisatawan Mancanegara
Pesona Pulau Alor sebagai salah satu pulau tujuan wisata memang tidak pernah mati dan bahkan setiap harinya semakin dikenal oleh banyak orang. Seperti yang sudah diketahui bahwa pulau yang berbatasan langsung dengan pulau banda ini memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata alam.

Pulau ini terletak di ujung timur NTT dan berbatasan langsung dengan Timor Leste sebagai salah satu negara tetangga. Selain itu, pulau ini menjadi salah satu pulau utama dari Kabupaten Alor. Selain itu, di Pilau Alor juga terdapat Kota Kalabahi yang merupakan ibukota dari Kabupaten Alor.

Pesona Pulau Alor ini pada beberapa tahun belakangan menjadi sangat terkenal bagi para wisatawan karena menyuguhkan pemandangan alam yang berbeda dari tempat lain. Wisata alam khas daerah timur Indonesia dengan budaya adat daerah yang khas adalah salah satu daya tarik pulau ini.

Memiliki Banyak Tempat Wisata

Salah satu yang menjadi pesona Pulau Alor adalah karena pulau ini memiliki banyak surga tersembunyi yang masih asri dan alami. Mulai dari wisata bahari hingga wisata alam lainya tersedia lengkap di pulau ini. Kamu bisa mengunjungi setiap tempat ketika punya kesempatan mendatangi Pulau Alor.

Ketika kamu berkunjung ke Pulau Alor, ada banyak tempat yang bisa kamu datangi seperti Pulau Kepa, Pulau Pura, Pantai Sibanjar dan masih banyak lagi. Apalagi pulau ini merupakan salah satu pulau utama dari Kabupaten Alor dan bahkan pulau ini juga dijadikan sebagai pulau unggulan wisata.

Yang lebih menarik adalah pulau ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari transportasi, pasar, pertokoan, tempat menginap, hingga tempat perbankan. Jadi ketika kamu tinggal di Pulau Alor dalam waktu yang lama, kamu tidak akan merasa kesulitan dan bahkan akan dibuat nyaman berada di pulau ini.

Lokasi Wisata yang Jadi Surganya para Penyelam

Ini adalah salah satu daya tarik dan pesona Pulau Alor paling utama, surganya para penyelam. Ya benar, Pulau Alor adalah pulau yang memiliki dunia bawah air sangat menakjubkan dan banyak yang menganggapnya satu tingkat dibawah Kepulauan Karibia sehingga menjadikan pulau ini selalu ramai dikunjungi turis.

Pulau Alor memiliki 18 titik penyelaman yang semuanya sangat menakjubkan dan mendapatkan julukan sebagai Baruna’s Dive Sites at Alor. Julukan ini diberikan karena wisata bahari yang diberikan oleh Pulau Alor memadukan pasir pantai putih, terumbu karang menawan, dan beragam biota laut menjadi satu.

Wisata bahari memang menjadi salah satu wisata paling menyenangkan. Selain karena membutuhkan keahlian khusus untuk berenang, wisatawan juga akan mendapatkan pemandangan bawah air yang menakjubkan. Kamu perlu mencobanya sekali dua kali ketika berkunjung ke nusa tenggara, terutama jika ke Pulau Alor.

Transportasi untuk Menuju ke Alor

Saking terkenalnya pesona Pulau Alor, cukup banyak jalur transportasi yang bisa kamu gunakan untuk mencapainya. Ada jalur udara dan jalur laut yang semuanya bisa kamu pilih sesuai keinginan. Jika ingin lebih cepat kamu bisa menggunakan transportasi udara ketimbang transportasi laut.

Jika lewat jalur udara, biasanya ada dua maskapai yang memiliki penerbangan menuju Bandara Malu di Pulau Alor. Dari kupang ke Pulau Alor ada dua jadwal keberangkatan, pagi dan siang. Kamu bisa menggunakan Merpati jika berangkat pagi dan Trans Nusa jika ingin berangkat pada siang hari.

Untuk jalur laut kamu bisa menggunakan kapal ferry yang biasanya berangkan 2 kali dalam seminggu. Dari Kupang kamu bisa mencari kapal yang menuju Pulau Alor dan memanfaatkannya. Mungkin jika kamu lebih suka perjalanan yang lebih lama untuk bisa menikmati Pesona Pulau Alor, transportasi laut bisa jadi pilihan.

Harga Tiket dan Jam Buka

Kamu bisa berangkat kapan saja ke Pulau Alor karena pulau ini terbuka 24 jam penuh. Tidak ada pembatasan kunjungan karena memang pulau ini bukan hanya untuk wisatawan saja. Sedangkan untuk biaya, bisa dibilang sangat murah dan pas di kantong, terutama bagi kamu yang menghemat biaya.

Salah satu destinasi wisata kelas atas dari Nusa Tenggara Timur ini memang selalu ramai dikunjungi, terutama wisata bawah airnya. Kamu bisa pergi ke sana setelah akhir pekan atau ketika libur panjang. Pesona Pulau Alor dijamin tidak akan mengecewakan perjalanan jauh yang kamu tempuh.

Komentar