Wisata ke Danau Kelimutu Flores, Pahami Tips dan Rutenya

Wisata ke Danau Kelimutu Flores, Pahami Tips dan Rutenya
Danau Kelimutu Flores tentu sudah tidak asing bagi wisatawan yang suka dengan suasana alam. Flores di juga Nusa Tenggara Timur memiliki beragam potensi wisata alam yang wajib dikunjungi para wisatawan. Termasuk dengan keindahan yang ada di danau ini.

Ada wisata sekitar yang juga menarik perhatian turis luar negeri ialah Gunung Kelimutu yang berada di satu wilayah yang sama. Diketahui bahwa lokasi wisata ini masih banyak belum diketahui dan ditemukan oleh bahkan warga lokal.

Namun, belakangan ini karena pernah diberikan review positif oleh seorang turis, pengunjung ke Danau Kelimutu Flores memang semakin bertambah setiap harinya. Panorama dan pemandangan alam apa saja yang akan kamu temukan ketika berlibur ke sana?

Ada danau yang memiliki warna berbeda-beda, yang menjadi perhatian utama wisatawan belakangan ini. Tidak hanya itu, pemandangan di gunung juga tidak kalah asri dan menarik perhatian mata memandang. Jika kamu menginginkan suasana asri dan sejuk untuk menghabiskan masa liburan, maka destinasi wisata ini pilihan tepat.

Rute dan Akses Lokasi ke Danau Kelimutu

Persiapan wisata ke Danau Kelimutu Flores penting untuk kamu pertimbangkan demi meminimalkan masalah yang sulit diatasi. Mulai dari persiapan biaya hingga perlengkapan yang wajib dibawa. Meski sebagian orang menganggap ini poin sepele, namun ada baiknya jika tidak diabaikan demi kebaikan individu.

Membahas lokasi, danau ini diketahui berada di kawasan Taman Nasional Kelimutu yang berada di kabupaten Ende. Untuk sampai ke sana, kamu bisa memilih transportasi darat dari pusat kota Ende. Dari pusat kota, kamu juga ternyata bisa berjalan kaki menuju ke desa Moni.

Untuk jarak desa Moni menuju gerbang Taman Nasional yang dimaksud bisa memakan waktu sekitar 30 menit. Bagi yang suka olahraga dan berjalan, sangat disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan apapun. Karena, kamu juga bisa menikmati pemandangan dan suasana sekitar.

Perkiraan Harga Tiket Masuk Danau Kelimutu Flores

Sama seperti ketika kita berkunjung ke tempat wisata lain yang mengharuskan pengunjung membayar uang masuk, hal ini juga berlaku di danau Kelimutu. Yang berbeda ialah, untuk menikmati keindahan danau kamu diharuskan untuk menyiapkan biaya sebesar Rp20.000.

Harga tersebut ternyata hanya berlaku untuk para wisatawan asing dari daerah lain. Untuk masyarakat lokal, mereka memiliki kode sebutan tertentu yang harus disebutkan kepada penjaga di danau agar diberikan akses gratis untuk masuk.

Untuk para wisatawan dari luar negeri atau turis internasional, mereka harus membayar dengan harga yang berbeda demi bisa masuk ke Danau Kelimutu Flores. Harga yang ditentukan yaitu sekitar Rp150 ribu yang bebas dibayarkan secara tunai atau bahkan menggunakan kartu debit atau kredit.
Fasilitas dan Akomodasi Selama Berlibur

Untuk menjawab pertanyaan dari para wisatawan internasional yang ingin bermalam di tempat wisata, hingga saat ini belum ada hotel atau bahkan wisma terdekat yang bisa dijadikan pilihan. Tetapi, mereka tidak harus khawatir karena bisa memilih penginapan terdekat yang berlokasi di Desa Moni.

Desa ini memang jika dilihat secara fasilitas untuk wisatawan sudah sangat berkembang. Wajar saja karena lokasinya berada di gerbang awal masuk Taman Nasional Kelimutu. Untuk perkiraan tarif, desa Moni menawarkan harga yang sangat bervariatif.

Mulai dari Rp150 ribu per malam, kamu dan orang tersayang bisa menginap di sana. Sehingga, keesokan harinya kamu bisa melanjutkan perjalanan wisata ke tempat lain atau kembali ke Danau Kelimutu Flores karena merasa tidak puas dengan liburan sehari saja.

Tips Saat Berlibur ke Danau Kelimutu

Setelah sebelumnya kamu sudah mencari tau mengenai persiapan sebelum ke danau tersebut atau bahkan info penginapan, sekarang saatnya mencari tau tips yang diberikan oleh wisatawan yang sudah lebih dahulu ke sana. Untuk masalah waktu kunjungan, sangat disarankan kamu datang sebelum matahari terbit.

Hal ini karena ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh, misalnya menikmati sunrise yang keindahannya sangat berbeda dari biasanya. Hal ini karena danau Kelimutu memiliki panorama spesial dan bahkan dikategorikan sebagai yang terbaik di dunia. Maka, jangan lewatkan kesempatan ini.

Tips selanjutnya, kamu disarankan untuk menghabiskan waktu semalam di desa Moni, sehingga bisa berangkat sekitar pukul 3.30 pagi menuju danau Kelimutu. Yang terakhir, ketika sudah sampai di Danau Kelimutu Flores, nikmati pemandangan sepuas mungkin dan tidak harus buru-buru ingin pulang.

Komentar