Keindahan Tersembunyi di Bumi Manggarai Raya Flores

Keindahan Tersembunyi di Bumi Manggarai Raya Flores
Referensi pihak ketiga
Bumi Manggarai Raya adalah sebutan kami untuk tiga kabupaten di Pulau Flores yaitu kabupaten Manggarai Barat, kabupaten Manggarai, kabupaten Manggarai Timur. Pulau Flores merupakan salah satu dari 4 pulau terbesar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pulau ini mempunyai luas sekitar 13.540 km persegi, terdapat delapan kabupaten didalamnya.

Ia juga memiliki beragam klan/suku, bahasa, dan budaya yang unik. Flores bukan hanya cerita tentang danau tiga warna Kelimutu, makhluk langka Komodo, Pulau Padar, Wae Rebo dan pantai merah muda, tapi lebih dari itu.

Masih banyak tempat menarik yang wajib Anda kunjungi jika berlibur ke Flores, dengan ribuan suguhan keindahan alam, antara lain indahnya laut, pemandangan alam yang unik, serta masyarakatnya yang terkenal dengan sifat ramahnya.

Bagi warga Jakarta yang pernah berkeliling daratan Flores, seperti travelling vlogger Naya dan Jebraw, host malesbanget.com, mereka bilang Flores adalah negeri seribu senyuman, tempat terbaik dan pulau terindah. Lalu bagaimana menurut Anda? hehe... dibawah ini saya ingin mengulas beberapa tempat menarik di Manggarai Raya.

Di balik pesona Taman Nasional Komodo yang mendunia, Pulau Flores menyimpan banyak keindahan tersembunyi yang menanti untuk dijelajahi. Salah satu wilayah yang penuh dengan surga tersembunyi adalah Bumi Manggarai Raya, yang meliputi Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat.

Keindahan alam yang memukau menjadi ciri khas Manggarai Raya. Dari pantai berpasir putih yang berkilauan di bawah sinar matahari, hingga pegunungan hijau yang menjulang tinggi, wilayah ini menawarkan panorama yang memanjakan mata. Air terjun yang jernih, gua-gua yang misterius, dan danau yang tenang menambah pesona alam Manggarai Raya.

Desa-desa tradisional yang masih menjaga adat istiadat dan budaya leluhur menjadi daya tarik lain dari wilayah ini. Keunikan arsitektur rumah adat, keramahan penduduk lokal, dan berbagai ritual adat yang masih dilestarikan memberikan pengalaman wisata budaya yang tak terlupakan. Berikut beberapa keindahan tersembunyi di Manggarai Raya yang wajib dikunjungi:

1. Cunca Wulang

Cunca Wulang, sebuah air terjun memesona yang terletak di Desa Wersawe, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, menawarkan wisata alam yang masih alami dan menantang. Keindahannya yang tersembunyi baru-baru ini mulai dikenal luas dan menarik perhatian para penjelajah alam.

Perjalanan Menuju Surga Tersembunyi

Mencapai Cunca Wulang bukanlah hal mudah. Pengunjung harus melewati medan yang naik turun dan terjal. Jalur trekking sepanjang sekitar 2 kilometer membutuhkan stamina dan kehati-hatian. Namun, rasa lelah akan terbayar lunas saat Anda tiba di air terjun yang menawan ini.

Pesona Air Terjun Cunca Wulang

Cunca Wulang menghadirkan dua air terjun bertingkat dengan ketinggian total mencapai 70 meter. Airnya yang jernih dan menyegarkan mengalir di antara tebing-tebing batu yang kokoh, menciptakan panorama alam yang luar biasa indah. Di bawah air terjun terdapat kolam alami dengan air berwarna biru kehijauan yang mengundang untuk berenang dan merasakan kesegarannya.

Tips Berwisata ke Cunca Wulang
  • Gunakan jasa ojek lokal untuk memudahkan perjalanan menuju air terjun.
  • Pastikan kondisi fisik prima karena medan trekking yang cukup menantang.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman dan sesuai untuk medan trekking.
  • Bawalah air minum dan makanan ringan secukupnya.
  • Jagalah kebersihan dan kelestarian alam sekitar.
  • Cunca Wulang, Destinasi Wisata Alam yang Menantang dan Memukau
Bagi para pecinta alam dan petualangan, Cunca Wulang adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi. Keindahan alam yang masih alami, trekking yang menantang, dan kesegaran air terjunnya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

2. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang adalah danau vulkanik terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Danau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air berwarna biru kehijauan yang dikelilingi oleh tebing-tebing curam dan pepohonan yang rimbun.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Danau Sano Nggoang:

Danau vulkanik terbesar di NTT: Danau Sano Nggoang memiliki luas sekitar 512 hektar dan merupakan danau vulkanik terbesar di NTT. Air berwarna biru kehijauan: Warna air Danau Sano Nggoang yang biru kehijauan disebabkan oleh kandungan belerang yang tinggi.

Keindahan alam yang memukau: Danau Sano Nggoang dikelilingi oleh tebing-tebing curam dan pepohonan yang rimbun, sehingga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. 

Habitat berbagai spesies flora dan fauna: Danau Sano Nggoang menjadi habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna, termasuk beberapa spesies yang langka dan endemik. Belum banyak dikunjungi wisatawan: Danau Sano Nggoang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga masih terjaga keasliannya.

Perjalanan menuju Danau Sano Nggoang:

Perjalanan dari pusat kota Labuan Bajo menuju Danau Sano Nggoang memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan, dengan menggunakan truk kayu atau masyarakat setempat biasa menyebutnya Oto Kol. Perjalanan ini cukup menantang karena melewati jalan yang berbukit dan berkelok-kelok.

Tips:
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang kuat.
  • Bawalah air minum dan makanan ringan.
  • Jagalah kebersihan danau dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Hormati adat istiadat masyarakat setempat.
Danau Sano Nggoang adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam. Danau ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, udara yang segar, dan suasana yang tenang.

3. Pantai Watu Weri

Sekilas tentang Pantai Watu Weri

Pantai Watu Weri adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Watu Weri, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini baru-baru ini mulai dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang menarik di Flores. 

Keindahan Pantai Watu Weri: Pantai Watu Weri menawarkan berbagai keindahan yang memanjakan mata para pengunjungnya. Pasir putihnya yang halus, air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan, dan ombaknya yang tenang membuat pantai ini begitu menawan. Dihiasi dengan pepohonan kelapa yang rindang di sepanjang pantai, Pantai Watu Weri menghadirkan suasana yang asri dan sejuk.

Daya Tarik Pantai Watu Weri: Selain keindahan alamnya, Pantai Watu Weri juga memiliki beberapa daya tarik lainnya, di antaranya: Sumber air panas alami: Di tepi pantai terdapat sumber air panas alami yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Air panas ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan.

Gua: Di sekitar pantai terdapat beberapa gua yang dapat dijelajahi oleh pengunjung. Spot foto yang menarik: Pantai Watu Weri memiliki banyak spot foto yang menarik, seperti dermaga kayu, pohon kelapa, dan bebatuan.

Aktivitas wisata: Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas wisata di Pantai Watu Weri, seperti berenang, berjemur, bermain pasir, snorkeling, diving, dan memancing.

Akomodasi dan Fasilitas

Di sekitar Pantai Watu Weri terdapat beberapa homestay dan warung makan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Fasilitas di pantai ini masih terbilang sederhana, namun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Lokasi dan Akses

Pantai Watu Weri terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Labuan Bajo. Akses menuju pantai ini cukup mudah, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tips Berkunjung

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Watu Weri adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April dan Oktober. Bawalah perbekalan yang cukup karena di sekitar pantai masih belum banyak terdapat warung makan.

Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan di atas pasir. Jagalah kebersihan pantai dan buanglah sampah pada tempatnya. Pantai Watu Weri adalah sebuah pantai yang indah dan menarik dengan berbagai daya tarik yang ditawarkan. Pantai ini cocok dikunjungi bagi para pecinta wisata bahari yang ingin menikmati keindahan alam dan melakukan berbagai aktivitas wisata.

4. Rumah Adat Todo

Rumah adat Todo salah satu warisan terbaik yang ada di tanah Flores, tepatnya di kecamatan Satar mese barat kabupaten Manggarai. Menurut masyarakat dan ketua Adat setempat, rumah adat ini dulunya sebagai  pusat kerajaan Todo.

Salah satu kerajaan terbesar di Pulau Flores pada masa itu. Dan buat kamu yang suka traveling, saya saran kan untuk mampir ke tempat ini karna akan banyak hal menarik juga untuk kamu liput.

5. Pulau Mules

Tepat di selatan kabupaten Manggarai Barat terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Mules, yang menarik dari pulau ini banyaknya orang yang beranggap, bahwa bentuk pulau ini apabila dilihat dari kejauhan sangat mirip dengan Putri Duyung.

Tapi Selain itu Pantai di Pulau kecil ini juga sangat bagus. dan hal itu tidak terbantahkan lagi, mengingat banyak nya para pengunjung yang datang ke sana pada setiap akhir pekan, sedangkan untuk masuk ke pulau ini pun, kamu harus mengeluarkan rupiah untuk menyewa perahu.

6. PLTU Ulumbu

Ulumbu adalah salah satu pembangkit Listrik tertua sekaligus yang terbesar yang ada di Pulau Flores, letaknya memang cukup jauh dari pusat kota Ruteng.

Untuk menjangkau tempat ini membutuhkan perjuangan yang ekstra, mengingat jalananya yang belum beraspal dan hanya dapat dijangkau dengan menggunakan truk kayu. Bagi para petualangan atau traveler hal ini akan menjadi tantangan yang menyenangkan.

7. Bukit Cinta

Bukit yang satu ini berada tepat dibelakang Komodo Airport Labuan Bajo, dan hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari pusat kota labuan bajo.

Bagi kamu yang manja dan malas jalan kaki, Silakan untuk menggunakan sepeda motor untuk menempuhnya hingga ke ujung bukit cinta tersebut. Dari atas bukit ini kamu bisa memanjakan matamu dengan berbagai keindahan, birunya air laut dan udarah yang begitu segar.


8. Sawah bentuk Jaring Laba-Laba

Sawah yang berbentuk seperti jaring laba-laba ini hanya ada di Pulau Flores tepatnya di Cancar kabupaten Manggarai, Persawahan ini sudah cukup terkenal, dan Sering tayang diberbagai  stasiun TV Nasional.

9. Danau Rana Mese

Danau ini terletak di desa Golo Loni kecamatan Borong dan jarak tempuh dari kota Ruteng menuju danau ini sekitar 30 menit dengan menggunakan sepeda motor. Bagi saya, danau Rana Mese adalah permata yang tersembunyi. Karena airnya yang begitu jernih dan lokasinya juga yang berada di dalam hutan lindung.

Danau ini berada diketinggian 1200 km diatas permukaan laut, dengan luas Area danau 5 Ha, dan kedalaman 43 m, suhu udarah di danau ini pun cukup dingin yaitu 14°C. Maka jika ingin datang ke danau ini jangan lupa bawa jaket, hehe..

Demikian mengenai beberapa keindahan tersembunyi di Bumi Manggarai Raya, Flores, Provinsi Nusa Tengara Timur. Semoga Bermanfaat..