Wisata Pulau Kalong Nusa Tenggara Timur: Eksotisme Alam Yang Unik

Wisata Pulau Kalong
Wisata pulau Kalong menjadi salah satu destinasi alam yang sangat indah dan tidak boleh dilewatkan bagi para pelancong. Provinsi NTT atau Nusa Tenggara Timur memang sudah populer dengan keindahan bentang alamnya, mulai dari hamparan pasir pantai, aneka ragam satwa hingga ekosistem lautan yang masih asri.

Apabila kamu memiliki impian untuk menghabiskan masa – masa libur, mungkin sangat tepat bila memilih Nusa Tenggara Timur sebagai lokasi tujuan. Hal tersebut dikarenakan provinsi satu ini mempunyai surga dunia yang tidak akan ada habisnya bila kamu selusuri satu per satu. 

Maka dari itulah, tidak mengherankan lagi jika banyak para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang telah jatuh hati dengan keindahan pesona alam di provinsi NTT. Salah satu dari destinasi wisata internasional yang jadi kamulan Nusa Tenggara Timur adalah Labuan Bajo.

Jikalau kamu ingin mengisi waktu liburan ke Labuan Bajo, tentu saja harus berkunjung ke beberapa lokasi alam yang mempesona, seperti halnya Pulau Komodo. Selain itu juga, kamu harus mencoba datang langsung ke Pulau Kalong yang eksotis sekali dan membuat diri jadi lebih rileks selama masa liburan.

Wisata Pulau Kalong di Labuan Bajo

Mengutip langsung dari laman resmi Labuan Bajo Flores, wisata di Pulau Kalong ini lokasinya tidak begitu jauh dari Taman Nasional Komodo. Keberadaan dari pulau tersebut ternyata menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat eksotis di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bila kamu berkunjung ke sini, ada banyak sekali tanaman pohon – pohon yang jadi habibat alami jutaan kelelawar raksasa atau masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Kalong. Oleh karena itulah, pulau tersebut diberi nama Pulau Kalong sebab jadi habibat terbesar kelelawar raksasa.

Daya tarik yang selalu disuguhkan oleh pulau Kalong ini adalah para wisatawan bisa dengan bebasnya menyaksikan ribuan koloni kalong yang terbang bila langit sudah mulai senja. 

Selain itu juga, pulau ini tidak berpenghuni sehingga kamu dapat menikmati keindahan dengan damai serta pemandangan matahari terbenam dapat terlihat begitu jelasnya.

Saat waktu memasuki pukul 18.00 WITA, tampak senja sudah mulai memudarkan warna jingganya, dan tunggu beberapa saat saja maka akan muncul kawanan kalong yang keluar dari sarang. Kawanan tersebut terbang cukup banyak dan pastinya membuat kamu terpukau.

Anda juga bisa memotren setiap momen terbangnya kawanan kalong ini sembari latar belakang senja yang mempesona. Meskipun sudah memasuki pukul 19.00 WITA, kawanan kalong juga terbilang cukup banyak berterbangan sambil mencari makanan.

Selain bisa melihat kawanan kalong yang begitu banyaknya, kamu juga akan dimanjakan oleh berbagai pemandangan indah dari hamparan lautan Flores ditambah dengan perbuktian sabana sepanjang perjalanan di pulau Kalong.

Fasilitas yang Ada di Wisata Pulau Kalong

Saat berkunjung ke Pulau Kalong, kamu tidak hanya menyaksikan kawanan kalong yang berterbangan setiap senja saja. Ada berbagai aktivitas seru dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang siap memanjakan para pelancong, di antaranya adalah : 

Snorkeling dan Spot Diving 

Terkenal dengan keindahan lautannya, kurang lengkap rasanya bila kamu tidak mencoba menyaksikan sendiri pesona bawah laut. Spot diving dan snorkeling jadi salah satu fasilitas yang dapat kamu coba selama berkunjung di sini.

Pihak pengelola pun telah menyediakan penyewaan dari alat – alat kelengkapan snorkeling dan spot diving. Di antaranya adalah pelampung, fin, alat masker, tabung gas, pakaian renang hingga pakaian menyelam pun telah tersedia di sini.

Habitat Alami Ubur – Ubur 

Selain dikenal dengan habitat alami kawanan kalong, pulau ini pun ternyata mempunyai ekosistem laut yang sangat mempesona, yakni ubur – ubur laut. Perlu kamu ketahui, di sini ubur – ubur sengaja dikembang biakkan dengan sangat baik.

Tentu saja, kamu wajib mencoba menyelam dan melihat habitat alami dari ubur – ubur di bawah laut pulau Kalong yang indah.

Cara Berkunjung ke Wisata Pulau Kalong 

Jadi, setelah mengetahui keindahan dan pesona alam dari wisata di pulau Kalong, mungkin kamu bertanya – tanya bagaimana cara untuk bisa ke lokasi wisata satu ini. 

Caranya sederhana dengan menyebarangi pulau menggunakan speedboat dari pelabuhan Labuan Bajo yang hanya memakan waktu sekitar 30 hingga 50 menit saja.

Perlu diingat, karena pulau ini tidak berpenghuni, maka kamu hanya boleh menyaksikan kawanan kalong di senja hari di atas kapal saja. Selain itu, pastikan juga selama menyusuri pulau Kalong kamu didampingi oleh pengawas dari pihak pengelola wisata.

Eksotisme alam tanah nusa tenggara ini tidak boleh kamu lewatkan. Wisata Pulau Kalong memberikan daya tarik tersendiri kepada para pelancong. 

Kesimpulan

Kesimpulan menarik dari wisata Pulau Kalong adalah eksotisme alam Nusa Tenggara Timur menjadi daya tarik utama bagi wisatawan mancanegara. Dengan airnya yang jernih, pantai yang masih asli, dan kehidupan laut yang beragam, kawasan ini merupakan tujuan sempurna bagi para ekowisata dan pencari petualangan. 

Pulau Kalong khususnya, yang terkenal dengan migrasi kelelawarnya yang unik, merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi setiap pecinta alam. 

Selain itu, inisiatif baru-baru ini yang diambil oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan di wilayah tersebut juga berkontribusi terhadap lonjakan popularitasnya. 

Alhasil, Pulau Kalong dan wilayah Nusa Tenggara Timur lainnya menawarkan tempat pelarian yang ideal bagi wisatawan untuk merasakan keindahan alam dalam bentuk aslinya.

Komentar