Wisata Budaya di NTT, Melestarikan Tradisi Era Modernisasi


Wisata budaya di NTT
menjadi salah satu bukti bahwa negara Indonesia memiliki keanekaragaman tradisi dan budaya yang tetap dijaga hingga saat ini. Kawasan provinsi Nusa Tenggara Timur memang sudah populer dengan keindahan alamnya. 

Di sini kamu bisa menikmati pesona alam yang masih terjaga asri. Hal tersebut yang menjadi alasan kuat mengapa NTT merupakan salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. 

Rekomendasi Wisata Budaya di NTT Terpopuler 

Pada saat kamu menghabiskan masa liburan di Nusa Tenggara, tentu saja salah satu dari wisata budaya juga layak untuk kamu coba. Di sini sangat banyak lokasi yang menawarkan keindahan alam serta budaya khas dari masyarakat setempat, antara lain : 

Rumah Budaya Sumba 

Rekomendasi pertama dari kami untuk wisata budaya di NTT layak kamu kunjungi adalah Rumah Budaya Sumba. Tempat wisata ini juga berlokasi tepat di Jalan Rumah Budaya No 212, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Rumah Budaya Sumba ini merupakan sebuah museum yang diperuntukan memperkenalkan kepada para wisatawan mengenai budaya dan tradisi di Sumba. Rumah Budaya ini juga memiliki banyak fungsi, mulai dari lokasi penelitian, tempat objek wisata, perkenalkan budaya dan tradisi sumba hingga menjadi tempat pertemuan masyarakat.

Di dalam rumah budaya inilah, kamu juga dapat melihat aneka ragam koleksi benda – benda bersejarah yang berhasil dikumpulkan oleh Pater Robert Ramone. Selain memiliki nilai budaya yang begitu kental, rumah budaya ini pun memiliki bentuk bangunan yang terbilang sangat unik.

Berkunjung ke Desa Sade

Salah satu destinasi wisata budaya yang wajib kamu kunjungi saat berada di NTT adalah Desa Sade. Desa ini berlokasi di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah, NTT. 

Desa ini juga menawarkan suasana yang begitu tradisional dan didiami oleh suku asli Sasak. Ketika kamu berkunjung ke sini, mata pengunjung langsung dimanjakan oleh bentuk dari bangunan yang sangat unik.

Atap rumah di desa sade juga terbuat dari bahan ijek, bagian tembok rumah dari anyaman bantu, serta rumah yang masih beralaskan tanah merupakan hal yang sangat menarik untuk kamu nikmati.

Selain itu juga, keunikan yang bakalan kamu jumpai selama berkunjung di sini adalah penduduk setempat memiliki kebiasaan mengepel lantai rumahnya menggunakan kotoran kerbau.

Desa Adat Wologai 

Selain desa seda, kamu juga bisa menikmati wisata budaya di NTT dengan berkunjung langsung ke Desa Adat Wologai. Lokasi dari desa ini juga tepatnya berada di Kabupaten Ende, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Perlu kamu ketahui, desa adat Wologai ini sebenarnya mempunyai cerita yang membuat bulu kuduk berdiri, yaitu dahulu di desa tersebut kulit manusia sering digunakan sebagai gendang.

Agar dapat masuk ke dalam desa adat ini, para wisatawan wajib untuk mengisi buku tamu di pintu masuk serta membayar tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah saja.

Pada saat berkunjung ke desa adat ini, setiap orang mesti mematuhi segala macam aturan yang berlaku di dalam desa. Apabila ada yang tidak patuh dan justru melanggar aturan tersebut, maka bisa berakibat fatal dan dapat pula membahayakan para pengunjung lainnya.

Taman Narmada, Peninggalan Raja Mataram 

Wisata budaya di NTT yang layak untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Taman Narmada merupakan lokasi favorit dari para pelancong. Sebagai informasi tambahan, taman Narmada ini jelas berbeda dengan taman lainnya dikarenakan taman tersebut menyimpan peninggalan bersejarah dari raja Mataram Lombok sekitar abad ke 18 Masehi.

Di dalam taman inilah, para wisatawan bisa langsung melihat keunikan bangunan penuh makna sejarah yang begitu indah. Kamu juga bisa melihat secara langsung tempat kediaman dari raja pada masa lalu.

Pada zamannya, Terang, Pamerajan dan juga Balai Toji ini merupakan bagian tempat yang menjadi kediaman raja. Sedangkan untuk lokasi tempat beribadahnya juga terdiri dari Pura Kalasa dan Pura Lingsar. Agar bisa mendapatkan pemandangan yang sangat indah, kamu bisa mencoba menikmatinya langsung dari puncak Puca Kalasa.

Beberapa dari rekomendasi wisata budaya di NTT memang layak dikunjungi agar kamu lebih mengenal keanekaragaman tradisi dan budaya yang ada di Indonesia.

Komentar