Keindahan Pulau Padar, Tempat Mungil Tersembunyi di NTT

Keindahan pulau padar
Keindahan Pulau Padar layak kamu pertimbangkan ketika akan berlibur. Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak henti-hentinya menyuguhkan wisata alam terbaiknya. 

Sebenarnya pulau ini termasuk dalam 3 pulau utama yang dihuni oleh hewan endemik Indonesia, komodo. Pulau ini letaknya antara Pulau Komodo dan Pulau Rica.

Meskipun tidak terlalu terkenal layaknya Pulau Komodo, namun nyatanya pulau mungil satu ini menyuguhkan pemandangan alam khas daerah nusa tenggara. 

Hamparan padang sabana berwarna hijau kecokelatan dengan bukit-bukit berbaris semakin menjadikan pulau ini layak dikunjungi ketika musim libur telah tiba.

Yang lebih menarik adalah, jika kamu mendaki ke salah satu bukit di pulau ini, kamu bisa melihat seluruh Taman Nasional Komodo dengan jelas. 

Kamu bisa melihat lautan luas dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Pulau ini sangat cocok untuk kamu yang memilih liburan santai.

Lokasi Wisata yang Masih Asri

Meskipun keindahan Pulau Padar sudah sangat populer di kalangan wisatawan, namun uniknya pulai ini masih sangat asri. 

Tidak terlalu banyak aktivitas manusia pada pulau ini dan lebih didominasi oleh aktivitas wisata. Bahkan pulau ini juga tidak berpenghuni sehingga semakin menambah keaslian pulau.

Sebenarnya pulau ini juga dihuni oleh beberapa komodo, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Menurut catatan, pulau ini hanya dihuni oleh 7 komodo yang dianggap ganas karena beberapa kali menyerang wisatawan. 

Akhirnya komodo-komodo tersebut dipindahkan ke pulau Padar supaya tidak membahayakan wisatawan lagi. Namun beberapa wisatawan yang pernah ke pulau ini mengatakan bahwa tidak ada komodo di Pulau Padar. 

Mungkin ini karena sudah tidak ada rantai makanan lagi sehingga komodo-komodo tersebut mati, atau kembali ke pulau utama. Karena itu juga pulau ini sampai saat ini masih sangat asri.

Menjadi Salah Satu Pulau Terindah

Saking asri dan alaminya keindahan Pulau Padar, beberapa pihak menyebutnya sebagai salah satu pulau terbaik di Indonesia. 

Hamparan padang rumput di sepanjang pulau dengan beberapa bukit batu karang berdiri menjadikan pulau ini sangat pas untuk kamu kunjungi, terutama pada saat musim libur tiba.


Yang lebih menarik adalah pulau ini tidak terlalu banyak dijumpai pohon-pohon besar, apalagi hutan yang luas. 

Lebih banyak didominasi oleh padang sabana luas dan ini menjadikan pemandangan pulau sangat mempesona. Tempat terbaik menikmati pulau ini adalah di puncak bukit pulau tersebut.

Bukit Pulau Padar

Bukit Padar disebut sebagai daya tarik dan menjadi simbol keindahan Pulau Padar. Bukit ini tidak terlalu tinggi namun ketika kamu sudah berada diatas, semua pemandangan pulau, pantai dan laut terlihat jelas. 

Tempat ini mungkin yang kamu jumpai ketika melihat foto-foto Pulau Padar. Bukit ini merupakan sebuah bukit karang yang ditumbuhi banyak rumput-rumput sehingga terlihat jelas jika kamu baru tiba ke pulau ini. 

Di bagian atas juga terdapat area yang lumayan luas untuk spot berfoto dengan latar pemandangan pulau. Tempat ini sangat instagramable buat kamu yang suka foto.

Kamu bisa mencapai puncak bukit ini kira-kira sekitar setengah jam karena memang tidak terlalu tinggi. Selama trekking, sebaiknya kamu memakai sepatu untuk menghindari keseleo ataupun tergores batuan karang. 

Selama trekking kamu akan merasakan teriknya panas karena disana sangat jarang tumbuh pepohonan rimbun, apalagi hutan.

Warisan Dunia UNESCO

Karena keindahan Pulau Padar sudah sangat terkenal, pulau ini akhirnya ditetapkan menjadi salah satu warisan dunia. 

Bukan hanya karena keindahannya saja, melainkan karena budaya di nusa tenggara yang membuat ciri khas pulau ini semakin nampak. Apalagi dengan corak warisan budaya yang tersimpan didalamnya.

Ketika kamu berkunjung ke pulau ini, sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selain mendaki Bukit Padar tadi. 


Jika kamu suka wisata pantai, pulau ini juga menyuguhkan pantai panjang dengan pasir putih dan halus. Wisata bawah airnya juga tidak kalah dengan Rajaampat atau Wakatobi.

Menikmati liburan santai dengan beragam spot foto instagramable sebenarnya tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena ke pulau Padar saja sudah keren. 

Indonesia yang memiliki belasan ribu pulau saja sebenarnya sudah menyediakan tempat wisata menarik dan memesona pengunjungnya. Misalnya saja keindahan Pulau Padar ini yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO.

Komentar