Inilah Keistimewaan Pulau Padar bagi Kamu Calon Pengunjung

Keistimewaan Pulau Padar
Keistimewaan Pulau Padar adalah keunikan yang jarang diketahui oleh orang lain. Masuk ke dalam pulau terbesar ketiga Taman Nasional Komodo. Pulau yang relatif dekat ke Pulau Rinca daripada Pulau Komodo yang dipisahkan oleh Selat Lintah.

Pulau Padar sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Hal ini dikarenakan keberadaan wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motong. 

Di sekitaran pulau dapat kamu jumpai beberapa pulau kecil yang memiliki keunikan pemandangan masing-masing. Hamparan Pulau Padar juga dilengkapi dengan pantai berwarna pink.

Inilah Beberapa Keistimewaan Pulau Padar

Pulau padar memang menyimpan banyak sekali keindahan alamnya. Keistimewaannya juga banyak. Berikut ini beberapa keistimewaan pulau adar yang dapat kamu ketahui.

  • Masuk ke dalam Area Taman Komodo

Siapa yang tidak mengenal pulau komodo. Tempat penangkaran sekaligus destinasi wisata yang dipenuhi hewan-hewan komodo. 

Ada beberapa regulasi atau aturan yang dapat kamu patuhi. Hal ini karena Pulau Padar masuk ke dalam area Taman nasional Komodo, jadi tidak bisa sembarangan.

  • Pulau Ketiga Terbesar di Taman Nasional Komodo

Pulau padar menempati posisi sebagai pulau terbesar di Taman Nasional Komodo. Pemandangan hamparan biru laut menambah suasana nyaman saat di perjalanan. 

Keindahan yang terlihat dari sisi atas pulau membuat semua orang ingin mengunjunginya. Kamu bisa menaiki perahu atau speed boot agar perjalanan lebih cepat.

  • Menjadi lokasi pembuangan komodo

Komodo hewan langka dan termasuk satwa yang dilindungi. Namun kenapa justru dibuang begitu saja di pulau ini? Pastinya kamu pernah berpikiran demikian. Mengira bahwa komodo-komodo dibuang begitu saja.

Komodo yang dibuang adalah komodo yang menggigit pengunjung atau wisatawan Taman Nasional Komodo. Komodo ini termasuk hewan yang nakal.

Jika terjadi tindakan demikian, petugas Taman nasional Komodo akan memberikan treatment agar tidak mengulangi hal yang sama kembali. Kalau tidak segera diatasi dan dilakukan treatment dikhawatirkan membahayakan pengunjung.

Salah satu treatment yang dilakukan adalah membuang komodo-komodo nakal ke Pulau Padar. Salah satu keistimewaan Pulau Padar yang tidak pernah diduga oleh banyak orang.

  • Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Situs Pulau Padar ini termasuk ke dalam warisan dunia yang harus dijaga. Keistimewaan dan keunikan Pulau Padar yang sangat menakjubkan membuatnya masuk ke dalam situs warisan dunia.

Pulau Padar disebut warisan dunia sejak tahun 1991. Kurang lebih hampir 25 tahun pulau ini menjadi icon Flores Nusa Tenggara Timur.

  • Pemandangan Magis Pulau Padar

Seringkali wisatawan memilih tempat yang sepi pengunjung. Seperti turis asing, wisatawan lokal hingga mancanegara. Salah satu destinasi yang dapat kamu kunjungi jika menginginkan ketenangan sendiri yaitu salah satunya Pulau Padar. 

Keindahan puncak bukit yang dapat dilihat dari segala arah. Tempat rekomendasi yang bagus untuk dipakai icon foto. Sangat instagrammable, unik dan sangat menarik.

  • Keindahan warna pasir

Pasir pantai yang sering kamu kunjungi biasa berwarna putih bukan? Untuk kali ini di Pulau Padar memiliki 3 warna pasir. Mulai dari warna putih, merah muda, dan hitam.

Keunikan pasir ini juga membuat wisatawan turis sering berjemur di Pulau Padar. Keistimewaan Pulau Padar yang tidak banyak dijumpai di pulau-pulau lainnya.

  • Biota Laut yang menawan

Ketika kamu mengunjungi sebuah pulau tentunya kurang menarik jika tidak melakukan diving. Bagi kamu pecinta aktivitas-aktivitas seperti ini, Pulau Padar juga sangat rekomended untuk dikunjungi.

Aktivitas seperti diving, snorkeling yang membuat mata semakin terpesona. Karena kamu dapat melihat biota-biota cantik di dalam dasar laut. Tidak semua orang bisa melakukan diving maupun snorkeling. Jadi ini merupakan aktivitas langka yang hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli.

Selain hanya melihat-melihat keindahan biota laut. Kau juga bisa menjadikannya objek foto yang menarik. Hal ini juga mampu menjadi branding keistimewaan Pulau Padar sendiri. Ada beberapa spesies yang tidak ditemukan di Pulau Lain. Seperti spesies unik yellow frogfish dan hump-head wrasses.

Rumput berubah warna

Pada umumnya rumput itu berwarna hijau. Tapi bagaimana jika ada rumput yang berwana keemasan? Dialami oleh Pulau Padar sendiri. Bukan sulap juga bukan sihir, hal ini diakibatkan oleh pergantian musim yang dilakukan oleh alam.

Saat musim hujan rumput di Pulau Padar berwarna hijau segar. Namun pada saat berganti ke musim kemarau rumput tersebut berubah warna keemasan.

Pulau Padar Flores Nusa Tenggara Timur menjadi icon unik yang harus kamu kunjungi. Keistimewaan Pulau Padar yang tidak pernah dijumpai di pulau-pulau lainnya menjadi daya tarik tersendiri.

Komentar