Keunikan Pantai di Pulau Rote yang Membuat Kagum Pengunjung

Keunikan Pantai di Pulau Rote yang Membuat Kagum Pengunjung
Membahas Pulau Rote, memang keunikan dari Pantai di Pulau Rote seringkali membuat kagum wisatawan. Rote adalah pulau yang berada di sisi paling selatan dari negara Indonesia, Rote juga merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Di Rote banyak menghadirkan pesona keindahan yang akan membuat Anda kagum. Salah satu pantai yang akan membuat Anda terpesona adalah Pantai Oelangga, pantai ini berada di Dusun Oelangga, Lobalai tersebut mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain tentunya. 

Salah satu keunikannya adalah karang panjang yang menjadi penghalang ombak besar sekaligus menjadikan pesona eksotis tersendiri terhadap pantai tersebut. Akses untuk dapat melihat keunikan Pantai di Pulau Rote yang membuat kagum para wisatawan melalui jalur udara dan jalur laut. 

Pada jalur udara sendiri Anda dapat menggunakan pesawat dengan maskapai yang melayani rute Kupang-Rote-Kupang  salah satunya yaitu Susi Air dan Trans Nusa, yang memiliki jadwal seminggu 3 kali.

Sedangkan pada jalur laut ke Pulau Rote terdapat 2 alternatif kapal, yaitu menggunakan speed boat atau menggunakan kapal ferry. Jika Anda menggunakan kapal ferry Anda harus berangkat dari Pelabuhan Bolok, Kupang . Waktu keberangkatan kapal ferry tersebut pukul 08.00 WITA dan memakan kurang lebih waktu 3-4 jam.

Beberapa Keunikan Pantai di Pulau Rote

Banyak keunikan yang terdapat di Pulau Rote ini, salah satunya adalah oleh-oleh khas dari Pohon Lontar. Pohon Lontar memiliki beberapa fungsi yang di manfaatkan warga sekitar, para penduduk sering menjual gula dari Pohon Lontar sebagai oleh-oleh. 

Tidak sedikit pula pelaut dari pulau sekitar singgah untuk membeli gula Pohon Lontar tersebut. Fungsi lain dari Pohon Lontar yang terkenal di Pulau Rote adalah sebagai bahan dasar membuat alat musik sasando.

Alat musik yang menurut kata asalnya berarti bergetar atau meronta tersebut menjadi alat musik tradisional Pulau Rote. Biasanya topi yang dipakai pemain sasando juga terbuat dari daun Pohon Lontar.

Tidak hanya keunikan Pantai di Pulau Rote yang membuat kagum traveler, tetapi terdapat danau dan bukit yang menambah keunikan dari Pulau Rote. Danau yang terkenal di Pulau Rote, Danau Laut Mati terdapat di Desa Sotimori, Kecamatan Rote Timur. 

Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju ke Danau Laut Mati. Menggunakan jet ski Anda dapat menjelajahi Danau Laut Mati mengelilingi pulau-pulau kecil yang terdapat di danau tersebut. 

Keunikan dari pulau-pulau kecil yang terdapat dalam Danau Laut Mati adalah pasir yang berasal dari kerang dan keong. Ikan yang terdapat di danau tersebut adalah ikan mujair.

Pulau Rote Menjadi Salah Satu Surga Bagi Peselancar Dunia

Selain memiliki keunikan Pantai di Pulau Rote Indonesia, Pulau Rote juga menjadi surga bagi para peselancar di dunia. Karena keramahan ombaknya Pantai Nembrela yang berada di Desa Nembrala menjadi juara pada kategori Most Populer Spot, dalam Anugrah Pesona Indonesia pada tahun 2016.

Dengan mendapatkan gelar tersebut tentunya para peselancar lokal maupun peselancar asing berlomba-lomba menuju Pantai Nembrela, untuk berburu ombak yang ramah tersebut. Jadi jangan heran kalo Anda menemui banyak para peselancar yang sedang menari-nari di atas ombak Pantai Nembrela. 

Tidak sedikit juga para fotographer profesional yang mengabadikan momen tersebut. Satu lagi yang menjadi keunikan Pulau Rote adalah masyarakat dari Pulau Rote sendiri bertani rumput laut. 

Sejak dahulu, bertani rumput laut menjadi mata pencaharian bagi masyarakat Pulau Rote. Desa yang terkenal dengan jemuran rumput laut yang memenuhi sekitar Pantai Oeseli. Letaknya 20 kilometer dari Nembrala.

Pulau Rote merupakan salah satu aset penting yang dimiliki negara Indonesia. Jangan sekali-sekali Anda merusak ekosistem di sana, karena sudah ada peraturan jika dilanggar akan dikenakan hukuman. 

Di Pulau Rote kebudayaan masih tradisional, serta alamnya masih natural tanpa adanya perubahan sama sekali. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan kepada Anda mengenai keunikan pulau Rote ini. 

Semoga dapat bermanfaat untuk Anda ketika hendak ingin mengunjungi Pulau Rote sebagai objek wisata disaat Anda berlibur atau traveling. Selain itu, masih ada banyak lagi keunikan pantai di Pulau Rote ini untuk Anda eksplore.

Komentar