Ritual Kapu Agu Naka Dari Manggarai Raya Bumi Flores

Ritual Kapu Agu Naka Dari Manggarai Raya Bumi Flores
Ritual Kapu Agu Naka adalah ritual unik yang ada di Bumi Flores. Indonesia sangat kaya akan ragam dan budaya. Kekayaan ragam dan budaya tersebut sangat menarik dan harus dilestarikan. Banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk menyaksikan keindahan alam dan keunikan budaya yang sangat beragam di Indonesia.

Setiap daerah di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri. Pulau Flores Nusa Tenggara Timur merupakan daerah wisata yang sudah kesohor ke seluruh dunia. Di daerah ini terdapat komodo raksasa yang merupakan satu-satunya hewan purba yang masih tersisa di masa kini.

Banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke wilayah ini khususnya pada bulan-bulan Juli dan Agustus yang mengunjungi taman Nasional Komodo. Pada bulan September juga ada kegiatan akbar berupa Sail Komodo di Labuan Bajo. Hajatan Global di Taman Nasional Komodo Kegiatan Sail Komodo tersebut merupakan hajatan global yang sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Internasional.

Para wisatawan dan pemerhati wisata dari seluruh dunia menunggu event internasional yang satu ini. Sail Komodo sudah masuk dalam daftar kalender agen perjalanan wisata Internasional. Puncak dari acara tersebut adalah berkumpulannya ribuan wisatawan dari seluruh dunia di Labuhan Bajo dengan menggunakan Yacht atau kapal layar. Sail Komodo adalah event wisata internasional yang secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Hajatan Global Sail Komodo ini selalu ramai diikuti oleh banyak peserta, baik dari Indonesia maupun dari seluruh penjuru Dunia. Secara umum, acara Global Sail Komodo didesain secara khusus untuk mempromosikan obyek wisata di kawasan Manggarai barat dan NTT secara keseluruhan. Mengingat pentingnya event wisata yang satu ini, promosi besar-besaran dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara dimulai.

Mengenal Kapu Agu Naka

Sama seperti wilayah lain di Indonesia, kawasan bumi Manggarai Raya sangat kaya akan budaya dan tradisi menarik yang perlu di explore oleh para wisatawan. Ritual Kapu Agu Naka merupakan ritual unik masyarakat bumi Manggarai Raya yang dilakukan untuk berterima kasih kepada nenek moyang dan juga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala keberhasilan yang telah dicapai oleh masyarakat bumi Manggarai Raya.

Kembali ke ritual Kapu Agu Naka, dikisahkan bahwa Empok Tok adalah anak tunggal dari Sor Mondong merupakan nenek moyang dari warga Manggarai Raya. Karena menjadi anak tunggal maka ia bersumpah dengan menggunakan ayam putih agar keturunannya bisa berkembang biak dan dijaga keselamatannya.

Berdasarkan sumpah dari Empok Tok inilah masyarakat Manggarai melakukan ritual untuk berterima kepada leluhur dan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Diceritakan bahwa ketika masyarakat Manggarai menunda dan lupa untuk menggelar ritual ini, mereka ditimpa oleh banyak kesialan.

Menurut salah satu Tokoh Adat Manggarai yang kami temui, dulu masyarakat Manggarai Raya pernah menunda acara ritual ini. Mereka menunda karena masih belum punya biaya untuk menyembelih ayam dan juga kerbau.

Karena Upacara tidak segera diakukan, banyak anggota masyarakat yang terserang penyakit dan kesialan. Masyarakat meminta bantuan orang pintar dan disebutkan jika mereka harus segera melakukan upacara ritual Kapu Agu Naka tersebut agar mereka bisa terhindar dari Don Nangki atau berbagai musibah dan penyakit.

Tahapan Ritual yang Harus Dilalui

Sama seperti upacara adat lainnya yang ada di Indonesia, upacara adat Kapu Agu Naka harus melalui beberapa tahap yang syarat dan makna yang harus dijalani dengan lengkap dan seksama.

Upacara adat yang satu ini harus melalui beberapa tahapan yang di antaranya adalah sebagai berikut:
• Berkunjung ke makam leluhur dan berdoa bersama-sama
• Baro bae atau upacara di sumber mata air

Paki kaba yang merupakan upacara puncak dimana dalam acara ini biasanya masyarakat Manggarai Raya akan memotong kerbau khusus, yaitu yang berwarna belang.

Kapu Agu Naka merupakan ritual budaya yang saat ini dilakukan secara rutin oleh masyarakat Manggarai Raya. Upacara ini sangat unik sehingga menarik banyak wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Bagi Anda yang tertarik dengan aneka budaya nusantara, Anda harus datang ke Manggarai Raya untuk menyaksikan ritual Kapu Agu Naka yang menarik ini. Semoga bermanfaat.

Komentar