Ingin Menekuni Dunia Fotografi ? Wajib Miliki Beberapa Alat Berikut!

Dibawa ini daftar alat penting yang wajib Anda miliki jiki ingin menekuni dunia Fotografi, lebih khususnya  yang ada di Tanah Flores ini. Bagi generasi muda jaman sekarang menjadi seorang fotografer, blogger maupun youtuber adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan.

Pada dasarnya mereka yang terjun ke dunia fotografer, blogger dan youtuber sebenarnya bukan hanya mencari kesibukan semata, atau ikut-ikutan terbawa perkembangan jaman teknologi yang serba canggih.

Tapi sebenarnya hal ini berdasarkan hobi yang mereka miliki, Jika pun ada hasil yang didapat dari balik itu semua anggap saja sebagai bonus dari keahlian itu sendiri. Jadi untuk mendukung kegiatan yang anda tekuni ini khususnya yang lagi belajar menekuni dunia Fotografi beberapa alat berikut wajib untuk anda miliki :

1. Kamera

       
Ingin Menekuni Dunia Fotografi? Wajib Miliki Beberapa Alat Berikut!
 Kamera menjadi alat penting nomor satu, sebenarnya apa pun jenis atau mereknya entah itu kamera hand phone atau pun kamera digital boleh-boleh saja, tinggal dibantu dengan keahlian yang anda miliki.

Tapi jika saya boleh saran, menggunakan kamera digital adalah tetap menjadi pilihan yang tepat. Kenapa demikian? karena dengan kamera yang berkualitas anda bisa menangkap/merekam moment terbaik untuk anda abadikan dengan hasil yang lebih bagus, ketimbang menggunakan kamera hand phone.

Berada di pulau Flores dan menjadi seorang yang sedang ingin menekuni dunia fotografi? tentunya berurusan dengan berbagai macam keindahan Alamnya. Hal yang pasti dan bagian yang tidak terpisahkan adalah menelusuri hingga pelosok, naik turun gunung, masuk hutan keluar hutan, dari satu kota ke kota lain, dari satu daerah ke daerah lain.

Jadi sayang rasanya jika alat yang kita gunakan tidak sesuai dengan tujuan kita. Dan ingat, moment terbaik yang kita abadikan hari ini belum tentu akan terjadi lagi di hari lain. Jadi jangan sia-siakan kesempatan itu, segera manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

2. Tripod   


Ingin Menekuni Dunia Fotografi Wajib Miliki Beberapa Alat Berikut!
Tripod bertujuan untuk memudahkan anda dalam pengambilan gambar, bayangkan saja jika medan yang kita hadapi pada saat pengambilan gambar berada di posisi yang miring ataupun bebatuan yang  licin.

Fungsi lain tripod adalah untuk menstabilkan hasil video jika anda ingin sekaligus mengoleksi video. Sedangkan kualitas untuk sebuah tripod tidaklah menjadi patokan, dengan mengeluarkan sedikit rupiah bekisaran 20 ribu saja anda sudah memiliki tripod yang bagus, ini akan semakin lengkap untuk menekuni dunia fotografi yang baik. 

Sebetulnya jaman sekarang menjadi fotografer saja yang hanya menghasilkan foto kurang lengkap rasanya jika tidak sekaligus menjadi vlogger, ini bertujuan untuk kepentingan channel youtube. Seperti istilah orang bijak, menyelam sambil minum air, memotret sambil merekam. hehe..

Perlu untuk diingat! berinteraksi dengan alam, pasti banyak hal tak terduga yang bisa saja terjadi. Kan sayang jika anda melewatkan kesempatan itu untuk direkam, maka dari itu di atas saya telah menyarankan untuk persiapkan diri anda dengan baik.

3. Laptop

                                  Fotografer Pemula? Wajib Miliki Beberapa Alat Berikut!
Laptop juga antara penting dan tidak penting, tapi sekali lagi jika anda ingin serius dalam mempelajari dunia fotografi atau blogger, saya sangat menyarankan untuk miliki sebuah laptop. Tujuannya tentu agar proses editing dari semua hasil jepretan dan rekaman anda bisa lebih mudah dan dapat hasil yang cukup memuaskan.

Selain itu anda juga tidak banyak buang waktu untuk menginstal aplikasi tambahan lain untuk memperindah hasil jepretan anda, karena Laptop yang ada di pasaran saat ini sudah dilengkapi berbagai macam aplikasi dan fitur-fitur keren dan menarik untuk mendukung aktivitas anda. Coba bayangkan jika anda hanya menggunakan sebuah Hand phone android? hehe

 4. Kendaraan roda dua/Motor
                           Fotografer Pemula? Wajib Miliki Beberapa Alat Berikut!
Ya, saya sendiri lebih memilih  menggunakan kendaraan roda dua jika ingin mengelilingi daratan Flores. Karena dengan kendaraan roda dua kegiatan akan lebih maksimal, hemat waktu dan efisien.

Selain itu kita juga bisa mengatur waktu sesuka hati, kapan harus istirahat, dan kapan harus kembali bergerak. Jangan lupa ya sob, jalanan di daratan Flores itu memiliki perbukitan yang cukup banyak, sesuai kalimat yang tertera diparagraf pertama diatas, yaitu menekuni dunia fotografi lebih khusunya yang ada di pulau Flores.

Sepanjang jalan Jalan Raya Trans Flores dari ujung barat Flores kota Labuan Bajo sampai ujung timur kota Larantuka, jalanannya banyak berliku dan menajak. Tapi tenang, hal ini tidak akan membuat kita bosan, karena kiri dan kanan sepanjang perjalanan selalu ada pemandangan yang menarik.

5. Jam tangan
                              Fotografer Pemula? Wajib Miliki Beberapa Alat Berikut!
Sekali lagi untuk anda yang sedang mempelajari bidang ini, benda kecil seperti jam tangan juga tidak kalah penting loh, terlebih bagi anda yang ingin mengabadikan sunset dan sunrise. Seseorang yang benar-benar ingin menekuni dunia forografi harus pandai mengatur waktu, salah satu tujuan pentingnya agar dapat memperkirakan waktu yang tepat mulainya sunset dan sunrise di suatu tempat.

6. Dompet

                               Fotografer Pemula? Wajib Miliki Beberapa Alat Berikut!
Dompet juga jauh lebih penting sob, makin kecil makin penting dan makin berharga hehe.. selain soal Identitas seperti KTP dan SIM, anda juga tentu tidak bisa pergi kemana pun tanpa uang dalam dompet.

Sedikit tambahan mengenai jalan Raya Trans Flores, di sepanjang jalan nasional ini akan banyak godaan yang bisa saja membuat anda mengeluarkan isi dompet, dalam arti banyak hal baru yang anda temui.

Jangan lupa, pulau Flores memiliki delapan kota kabupaten, setiap kota yang anda datangi memiliki ciri khasnya sendiri, terlebih mengenai makanan dan minuman tradisional, serta ciri khas akan tradisi dan budayanya yang unik, dengan mengenal khas dan budaya suatu daerah maka anda adalah seorang  Indonesia sejati.

Sekian pembahasan mengenai perlengkapan yang diperlukan untuk anda yang sedang ingin menekuni dunia fotografi, saya membahas ini untuk saudara dan saudari yang sempat menanyakan alat yang dibutuhkan untuk menekuni dunia fotografi. Semoga bermanfaat

Komentar

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai topik!