Keindahan Wisata Pulau Rinca yang Mendunia

Wisata Pulau Rinca
Wisata Pulau Rinca termasuk tempat yang tidak boleh kamu lewatkan saat sedang berada di Taman Nasional Komodo. Kamu sudah tahu bahwa tempat tersebut sangat mendunia. Bahkan mampu menarik perhatian internasional.

Khusus Rinca, sebenarnya tergabung bersama Pulau Komodo dan Pulau Padar. Terutama wilayahnya masih ada dalam Taman Nasional Komodo. Tidak heran jika tata kelola dilakukan langsung oleh pihak pemerintah.

Tentu pengelolaan dari pemerintah memiliki dampak kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya untuk keunggulan mampu terjaga dengan baik bagi lingkungan. Tapi kekurangannya sering kurang terasa entertaining.

Sebenarnya tidak masalah karena tujuan utamanya memang digunakan untuk melestarikan alam. Termasuk beragam flora dan fauna endemik di dalamnya. Jadi, pemerintah bekerja keras menjaga agar tetap bagus.

 Keindahan Wisata Pulau Rinca yang Mendunia

Keindahan wisata Pulau Rinca bersifat global, menarik pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Pulau Indonesia yang mempesona ini, terletak di Laut Flores, menawarkan perairan murni, dan beragam fauna unik termasuk komodo yang terkenal. 

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti trekking melalui medan terjal di pulau ini, snorkeling di perairannya yang sejernih kristal, atau sekadar berjemur di bawah sinar matahari di pantainya yang indah. 

Selain keindahan alamnya, Pulau Rinca memiliki keunikan yang tersebar di sepanjang garis pantainya. Ini benar-benar tujuan yang layak untuk dialami, menawarkan perpaduan sempurna antara petualangan, budaya, dan relaksasi.

Fakta Wisata Pulau Rinca yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu ingin berkunjungi di sini, tidak ada salahnya menengok beragam fakta penting. Terutama yang berguna mengetahui lebih jauh tentang Rinca. Baik tentang letak wilayah, aktivitas, spot dan sebagainya.

Letak Wilayah

Fakta pertama mengenai wisata Rinca yatu letak wilayah unik karena menjadi bagian Situs Warisan Dunia UNESCO. Di sini memiliki titik tertinggi pada Gunung Ora (670 mdpl). Tidak heran penjagaannya cukup ketat.

Jika berbicara soal administratif, masuk sebagai Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Jadi, tergolong mudah ditemukan dengan akses yang sudah cukup terbangun dengan baik.

Satwa yang Hidup

Tentu saja satwa yang hidup dalam wisata pulau rinca sudah dapat ditebak. Salah satu yang menjadi bintang utama yaitu Komodo. Tapi bisa menemukan binatang seperti kerbau, babi liar sampai burung.

Karena terdapat satwa yang tergolong dilindungi, pasti tidak dapat dibiarkan begitu saja. Melainkan terdapat satuan Polisi Rinca selalu bertugas. Termasuk sebagai Ranger yang menjaga kelestarian Komodo.

Trekking Asyik

Buat kamu yang mengunjungi tempat wisata ini, bisa melakukan beragam aktivitas menarik. Contohnya trekking asyik bagi para wisatawan. Nantinya terdapat tracking dalam jarak pendek, medium bahkan panjang,

Di sini kamu bisa menentukan sendiri seberapa lama dan panjangnya jalur trek. Dalam menyesuaikan jarak, harus melihat kondisi fisik agar menjamin keselamatan. Termasuk menghilangkan beragam risiko di dalamnya.

Saat melakukan trekking diwisata Rinca Island, kamu bisa melihat bukit dan laut. Tidak heran kombinasi tersebut membuatnya tambah eksotis. Saat musim kemarau kelihatan kekuningan dan musim hujan kehijauan.

Kegiatan Menanam Bakau

Jika kamu tidak hanya ingin menikmati alam, bisa sambil menjaganya dengan cara unik. Tidak lain dengan kegiatan menanam bakau bagi wisatawan. Tentu termasuk kegiatan menyenangkan tapi fungsinya menjaga kelestarian alam.

Saat melakukan penanaman bakau, kamu harus membeli bibit pohon terlebih dahulu. Baru kemudian bisa langsung kamu tanam di Pulau Rinca. Tentu terdapat harganya yaitu Rp. 150.000 yang harus dibayarkan dulu.

Nantinya semua bibit yang kamu tanam akan diberi label dengan nama sendiri. Lalu saat berkunjung suatu saat nanti, masih dapat melihat nama pada label. Terasa menyenangkan melihat pohon bakau berkembang.

Akses

Jika berbicara mengenai akses wisata pulau rinca, sekarang sudah sangat baik. Nantinya kamu dapat memulai perjalanan memakai kapal sewa dari Labuan Bajo. Bisa memakai jasa travel khusus agar lebih efisien.

Tapi jika ingin melakukan sendiri, harus menempuh perjalanan 2 jam dari Labuhan Bajo. Kemudian akan sampai di dermaga Loh Buaya. Sekitar dermaga tersebut akan terdapat ranger yang siap menemani penjelajahan.

Harga Tiket Masuk

Bagi kamu yang ingin masuk ke sini, pastinya harus menyiapkan uang untuk membeli tiket masuk. Tenang saja karena sekarang sudah tersedia Harga Tiket Masuk(HTM). Harganya cukup terjangkau yaitu Rp. 25.000.

Jika dibandingkan dengan Pulau Komodo, tentu harganya sangat terjangkau. Tapi harus diperhatikan jika harga tersebut belum termasuk untuk ranger. Jadi, harus menambah lagi biaya untuk menyewa para ranger.

Fasilitas Lainnya

Terakhir terdapat fasilitas yang terbilang cukup lengkap diwisata Rinca Island tersebut. Misalnya berupa toilet sampai homestay untuk beristirahat. Letaknya sangat berdekatan dengan pos penjagaan ranger.

Tapi jika kamu ingin melakukan aktivitas penanaman maupun trekking, wajib membawa bekal sendiri. Misalnya makanan atau minuman dalam jumlah banyak. Terutama agar tidak merasa dehidrasi atau kelaparan saat bergerak.

Melihat keindahan yang begitu luar biasa, sudah menjadi tanggung jawab semuanya untuk menjaganya. Jadi, harus tetap menjaga kebersihan dengan melakukan kunjungan sesuai aturan. Tujuannya supaya Wisata Pulau Rinca tetap lestari.

Komentar