4 Fakta Unik Pulau Flores Nusa Tenggara Timur

Fakta Unik Pulau Flores
4 Fakta unik Pulau Flores Nusa Tenggara Timur adalah pembahasan kali ini. Pulau Flores adalah tempat yang indah dan unik yang tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin berwisata ke Nusa Tenggara Timur.  

Pulau ini juga merupakan tempat populer bagi wisatawan yang ingin merasakan Nusa Tenggara Timur dengan cara yang unik.

Luas wilayah pulau Flores 

Pulau Flores memiliki luas sekitar  15.531 meter persegi, dengan jumlah penduduk sekitar 1.803.000 jiwa. Secara administratif pulau Flores terbagi menjadi delapan kabupaten, dan berikut ini adalah daftar kabupaten beserta ibu kotanya:

kabupaten Manggarai Barat (ibu kota Labuan Bajo) kabupaten Manggarai (ibu kota Ruteng) kabupaten Manggarai Timur (ibu kota Borong) kabupaten Ngada (ibu kota Bajawa) kabupaten Nagekeo ( ibu kota Mbay) kabupaten Ende (ibu kota Ende) kabupaten Sikka (ibu kota Maumere) kabupaten Flores Timur (ibu kota Larantuka)

Baca Juga: Mengenal Kearifan Lokal Flores Tentang Keunikan Desa Wae Rebo

Pulau Flores juga terkenal dengan flora dan faunanya yang unik, termasuk komodo, kadal terbesar di dunia. Meskipun komodo berada di pulau yang berbeda dengan Flores, tetapi Flores selalu diidentikan dengan Komodo. 

Selain itu, Flores juga memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Ada sejumlah situs sejarah yang patut dikunjungi jika Anda sedang berwisata ke pulau Flores. Pulau ini juga merupakan tujuan populer bagi wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan serta budaya yang unik.

Fakta Unik Pulau Flores

Pulau Flores memiliki jutaan keindahan alamnya, ketika Anda berpikir untuk mencari sesuatu yang belum pernah Anda temukan sebelumnya, Saya merekomendasikan Anda untuk mengunjungi pulau Flores.

Karena itu pasti akan menjadi perjalanan yang menyenangkan dan menawan terlebih bagi mereka yang mencari perubahan pemandangan. 

Pulau Flores memiliki sesuatu yang indah bahkan yang tidak pernah Anda temukan di tempat wisata lainnya di bumi ini.

Ciri khas Masyarakat Flores

Masyarakat pulau Flores dikenal dengan murah senyum dan keramahannya. Mereka juga dikenal dengan keyakinan agamanya yang kuat, yang terlihat dari cara mereka merayakan hari raya keagamaan, terutama pada hari raya Natal dan paskah.

Masyarakat pulau Flores juga dikenal identik dengan ke-Katolikan, ini terbukti dengan karakter low profil dan satu komando di mana pun mereka berada. 

Seperti yang tercatat dalam sejarah, bahwa Flores merupakan bekas jajahan bangsa Portugis. Jadi tidak heran juga jika pengaruh Portugis masih melekat kuat hingga saat ini, terutama dalam hal berkeyakinan beragama.

Selain kuat dalam urusan beragama, masyarakat Flores juga dikenal dengan budaya sosial yang tinggi, terutama dalam hal melestarikan adat, tradisi dan budaya. Hal ini merupakan bagian menarik dari karakter masyarakat Flores secara umum.

Spesies Tumbuhan dan Endemik

Pulau ini ditutupi dengan hutan hujan tropis yang lebat, menjadikannya salah satu tempat dengan keanekaragaman hayati paling banyak di dunia. 

Pulau Flores adalah rumah bagi lebih dari 1.000 spesies tumbuhan,dan sejumlah besar spesies endemik, artinya mereka tidak ditemukan di tempat lain di bumi. Ini termasuk Elang Flores, kala jengking, beberapa jenis ular, dan kadal raksasa nya.

Cuaca Pulau Flores

Secara umum sebagian besar pulau Flores memiliki cuaca yang dingin, itu terbukti dibeberapa kabupaten seperti kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, dan Nagekeo.

Sementara di tiga kabupaten lainnya seperti Ende, Sikka dan Flores Timur memiliki cuaca dominan panas, namun meskipun demikian dibeberapa kecamatan setiap kabupatennya tetap ada yang cuacanya dingin, demikian juga halnya dengan kabupaten yang memiliki cuaca yang dominan panas, tetap ada beberapa kecamatan nya yang cuacanya dingin.

Pulau Flores juga terkenal dengan penghasil kopi, cengkeh, fanili, kemiri dan madunya, selain itu pulau ini juga kaya akan budaya dan sejarah. Demikian pembahasan mengenai 4 Fakta Unik Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Komentar