Wisata Lava di Gunung Api Batutara NTT, Unik dan Menakjubkan

Gunung Api Batutara
Jika kamu bosan dengan wisata pantai di NTT, coba pergi ke Pulau Komba terdapat Gunung Api Batutara. Gunung yang berketinggian 748 mdpl yang memiliki pertunjukan alam unik nan menakjubkan di sana. 

Gunung Batutara atau sering juga disebut Ile Batutara merupakan gunung jenis stratovolcano yang terletak di Pulau Komba Nusa Tenggara Timur. Gunung ini dihiasi oleh berbagai jenis vegetasi yang mengelilinginya.

Batutara sebetulnya sudah lama dikenal di kalangan para pecinta alam. Bahkan sempat meraih medali perak sebagai kategori destinasi wisata terunik pada 2017 yang diselenggarakan Anugerah Pesona Indonesia atau API.

Batutara merupakan salah satu dari empat gunung berapi aktif yang berada di sekitar wilayah Lembata. Gunung ini masuk dalam daftar tiga gunung unik di dunia.

Letusan pertama diketahui terjadi pada sekitar tahun 1847 dan terakhir sejauh ini terjadi pada tahun 2006 lalu. Lantas apa yang menarik? 

Berikut Legenda Gunung Api Batutara

Ile Batutara memiliki sejarah cukup melegenda dan populer di kalangan masyarakat. Melekatnya citra misterius pada tempat ini bermula dari aktivitas masyarakat yang membiarkan gunung tersebut tidak berpenghuni.

Masyarakat bahkan tidak menyadari tanda-tanda Ile Batutara merupakan gunung berapi yang dapat meletus dan memuntahkan lahar kapan saja. Sebaliknya, justru informasi hal-hal mistis lebih cepat berkembang di Pulau Komba tersebut.


Tidak heran apabila Pulau Komba pernah dijuluki sebagai salah satu pulau hantu oleh sebagian masyarakat yang menganut paham mistis tersebut. Pada tahun 2007 masyarakat akhirnya menyadari aktivitas gunung berapi tersebut sehingga kini tidak lagi diasingkan.

Gunung api ini terletak 50 kilometer di bagian sebelah utara dari Pulau Lembata ini. Tercatat pernah meletus pada tahun 1847, 1952, dan 2006. Pada letusan terakhir abu vulkanik naik hingga 5000 kaki. 

Pesona Semburan Lava Gunung Api Batutara

Kini, gunung ‘hantu’ tersebut menjadi destinasi wisata terunik di Indonesia, bahkan dunia. Alasannya adalah karena pengunjung bisa melihat dan menikmati indahnya pesona semburan lava gunung berapi yang aktif ini.

Lahar panas yang berpijar membara akan membentuk bunga api menakjubkan. Panorama semacam tsunami kecil namun tidak membahayakan bisa kamu peroleh jika berada di jarak 20 meter atas kapal.

Dari jarak sejauh 50 meter kamu bisa dengan gamblang menikmati wisata unik NTT ini. Tentu saja sudah dipastikan aman baik bagi manusia maupun lingkungan. 

Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Hawaii atau Jepang untuk bisa menyaksikan muntahan lava dari perut Kilauea atau Sakurajima. Datanglah ke Pulau Komba, Kabupaten Lembata untuk melihat semua itu.

Waktu yang Pas untuk Menikmati Pesona Batutara dan Cara Menuju ke Sana

Jika kamu tertarik untuk terbang ke Pulau Komba NTT demi menyaksikan sebuah atraksi lava dari Gunung Api Batutara ini maka datanglah menjelang malam atau ketika fajar menyingsing. Ini untuk memaksimalkan sensasi menikmati semburan lava yang tiada dua.

Batutara akan memuntahkan lava setiap 20 menit sekali dan dapat dilihat dengan jelas dengan mata telanjang. Suasana malam yang gelap pekat akan menimbulkan kontras luar biasa ketika lava tengah menyembur.

Untuk menuju ke Gunung Api Batutara, perjalananan bisa dimulai dari kota Kupang. Kamu bisa menggunakan Maskapai Wings Air dengan memiliki rute Kupang-Lembata dengan harga mulai dari Rp400 ribu.

Atau bisa juga menggunakan kapal cepat yang bergerak dari arah selatan kota tersebut. Kurang lebih 13 jam kamu akan sampai ke Lembata dengan harga Rp200 ribuan.

Mulailah perjalanan dengan berlayar dari pelabuhan Jeti sejak pukul 2 dini hari agar sampai di waktu yang pas. Jangan lupa pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit karena jarak tempuhnya cukup jauh.

Sampai di Pulau Lembata kamu bisa menginap dengan harga mulai Rp450 ribu rupiah. Karna hanya ada satu tempat penginapan, pesanlah kamar terlebih dahulu. Tenang, ada wifi gratis di sana.

Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan. Sebab di sana akan sulit menemui penjual atau warung-warung.

Tertarik untuk segera pergi ke sana. Ajaklah rombongan kurang lebih 15 orang untuk menghemat biaya kapal. Wisata lava yang unik dan tak terlupakan di Gunung Api Batutara bisa dinikmati bersama.

Komentar