Mengenal Wisata Pulau Dana yang Indah

Wisata Pulau Dana
Saat kamu mengunjungi Wisata Pulau Dana, terdapat beragam jenis spot menarik. Tentu berkaitan secara langsung dengan alam seperti perbukitan atau laut. Termasuk di dalamnya ciri khas kepulauan di Indonesia.

Kamu sudah mengetahui jika Indonesia tergolong sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat beragam wilayah dengan keunikan tersendiri. Termasuk Dana yang terletak di kepulauan provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebenarnya masih termasuk sebagai wilayah kecil tapi cukup menarik untuk kmu kunjungi. Terlebih jika kamu suka dengan wisata berbau alam. Banyak keuntungan dan manfaatnya untuk refreshing atau liburan kerja.

Harus diketahui jika NTT bukan hanya terkenal dengan Pulau Komodo saja. Kamu tidak boleh hanya melihat objek wisata bernama besar saja. Melainkan terdapat spot menarik lainnya yang tidak kalah menarik.

Fakta Objek Wisata Pulau Dana di NTT

Buat kamu yang mengunjungi tempat ini, dijamin dapat merasakan sensasi keindahan wisata menarik. Bahkan berbeda jika dibandingkan dengan objek lain. Terutama soal tampilan sampai beragam spot penting di dalamnya.

Letak Pulau

Fakta pertama mengenai wisata Dana Island yaitu mengenai letak pulau tersebut dalam peta. Tidak lain tergolong daerah kecil dalam perairan barat daya Pulau Sawu. Selain itu tergolong sebagai wilayah terluar.

Kamu dapat melihat letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Termasuk negara Australia sehingga terbilang cukup menarik. Untuk lebih tepatnya ada di Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

Wilayah Unik

Selain memiliki wilayah yang tercatat jelas pada geografis, sebenarnya punya kelebihan lain. Tidak lain mengenai wilayah unik wisata pulau dana tersebut. Ternyata tergolong sebagai kepulauan paling selatan Indonesia.

Disebut juga sebagai Ndana yang memiliki letak hampir sama dengan Pulau Rote. Hal ini secara langsung tercatat pada situs Kementerian Kelautan dan Perikanan. Termasuk dekat ujung selatan Pulau Timor.

Karena adanya letak yang bagus, tidak heran membuatnya sering dijadikan sebagai pintu masuk jalur pelayaran. Bukan hanya untuk kalangan domestik melakukan internasional. Jadi, dari segi fungsinya lebih melimpah.

Terdapat Sumber Daya Hayati

Sama halnya dengan beragam pulau sejenisnya di Nusa Tenggara Timur, di sini juga terdapat sumber daya hayati. Sebenarnya wisata Dana Island tergolong tidak berpenghuni. Jadi, tidak ada perumahan maupun tempat tinggal.

Meski begitu kita dapat menemukan beragam flora dan fauna unik. Sebenarnya lebih berpotensi sebagai penyedia sumber daya alam menarik. Tidak heran kemudian dimanfaatkan sebagai cagar alam karena adanya rusa.

Pemerintah telah menggolongkan wilayah ini sebagai tempat wisata baru di Indonesia. Sebenarnya selain rusa, terdapat hewan unik lainnya di sini. Misalnya berbagai jenis ikan hias, konsumsi maupun terumbu karang.

Tentu dengan adanya terumbu karang, membuat keindahan biota laut semakin bagus. Kamu juga dapat menemukan orang melakukan diving atau menyelam. Tapi harus terdapat pengawasan karena arus lautnya termasuk kuat.

Sebenarnya di sini kamu juga dapat menemukan tanaman unik bernama padang lamun. Namun dengan kuatnya arus laut pada Samudera Hindia, pertumbuhannya kurang baik. Jadi, jumlahnya memang tergolong sedikit.

Penjagaan Ekosistem

Pulau Dana sudah kamu ketahui dilengkapi biota laut beserta terumbu karang berharga. Tidak heran masih ada pihak kurang bertanggung jawab mencoba melakukan eksploitasi berlebihan. Jadi, dibutuhkan penjagaan ekosistem.

Wisata Pulau Dana telah memiliki penjagaan tersendiri dalam bentuk kepolisian dan ranger. Sehingga akan melakukan patroli sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Jadi, tidak ada lagi yang berani melakukan eksploitasi.

Ada Patung Jenderal Soedirman

Fakta terakhir yang dapat kita temukan disini yaitu ada patung Jenderal Soedirman. Karena tergolong sebagai pulau paling Selatan, tentunya berbatasan langsung dengan wilayah negara lain sehingga harus dijaga.

Penjagaan dalam wisata Dana Island tersebut dilakukan langsung oleh pihak TNI. Karena mendiami wilayah tersebut sehingga dibangunlah patung Jenderal Soedirman. Tidak lain sudah diresmikan sejak tanggal 2 agustus 2010.

Patung atau monumen tersebut sengaja dibuat untuk titik terselatan wilayah Indonesia tersebut. Tentu kamu akan merasa kaget sekaligus kagum terhadapnya. Terlebih dengan adanya tampilan bersejarah tersebut.

Selain itu sebagai wisatawan, kamu juga merasa semakin aman dengan kedudukan Tentara Nasional Indonesia. Karena senantiasa menjaga agar tidak ada pihak luar masuk. Apalagi sampai menduduki dan melakukan aktivitas terlarang.

Agar dapat berwisata dengan aman dan nyaman, tidak ada salahnya ditemani ranger. Terutama yang lebih paham mengenai wilayah dan spot di dalamnya. Jadi, wisata pulau dana yang dilakukan berjalan lancar.

Komentar

  1. terimakasih untuk unformasi tempat wisaya yang bagus ini. ingin rasanya berkunjung ke sana saat pulang ke rumah. ijinkan juga saya mengenalkan
    Game Slot Terbaik di Indonesia
    Cara Bermain Sicbo Agar Menang
    Borneo Fc vs Persebaya
    Rumus Bermain Dragon Tiger

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai topik!