Daya Tarik Pulau Komodo dari Sejarah Hingga Aktivitasnya

Daya Tarik Pulau Komodo dari Sejarah Hingga Aktivitasnya
Daya tarik Pulau Komodo tentu saja sangat luar biasa hingga membuat turis dari berbagai negara rela untuk datang ke salah satu pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur ini. Mulai dari sejarah hingga aktivitas yang bisa dilakukan telah berhasil membuatnya populer.

Sebagai salah satu pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur, tentu saja memiliki segudang keindahan. Nama dari pulau komodo diambil dari salah satu keajaiban dunia, yaitu Komodo. Ini merupakan sebuah kadal raksasa, dan banyak yang kaitkan dengan dinosaurus.

UNESCO bahkan telah menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu warisan dunia karena memiliki jenis fauna yang sudah terancam punah dan perlu dilindungi. Tetapi, perlu juga diketahui kalau di pulau ini bukan semuanya soal komodo.

Komodo Island masih memiliki banyak tempat yang bisa Kamu kunjungi dan melakukan aktivitas di sana. Itu juga yang menjadi sebab Pulau Komodo meraih penghargaan sebagai 7 Keajaiban Dunia. Maka dari itu, tidak aneh jika banyak pengunjung yang ingin datang.

Aktivitas yang Menjadi Daya Tarik Pulau Komodo

Mengunjungi sebuah tempat wisata indah tidak akan lengkap jika tidak melakukana aktivitas tertentu. Ini yang menjadi daya tarik utama dari pulau ini, dengan berbagai macam destinasi spesial untuk menyaksikan flora dan fauna yang menambah pengalaman kalian semua.

Berbicara soal aktivitas yang kamu akan lakukan, maka perlu tahu dulu lokasi ini. Dari labuan bajo, banyak akses yang bisa dipilih, dengan kapal atau speekboat biasanya memakan waktu dari 2 hingga 3 jam. Ketika sampai di sana, jangan lupa lakukan aktivitas berikut:

Mempelajari Sejarahnya

Sejarah dikenalnya pulau ini sangat menarik. Pada jaman penjajahan Belanda, ada salah satu letnan yang berjunjung ke pulau ini akibat laporan adanya binatang yang berbentuk seperti naga. Dan itu menjadi mulanya orang tahu soal Komodo.

Tetapi pada kenyataannya, Komodo bukan sebuah naga, melainkan sebuah kadal yang tidak pernah muncul di daerah mana saja. Sehingga itu yang menjadi daya tarik pulau komodo. Kapan lagi orang bisa melihat binatang dengan bentuk seperti itu.

Kunjungi Pantai Pink

Nusa Tenggara Timur belakangan banyak dibicarakan lagi dengan populernya sebuah pantai yang warna pasirnya bukan putih atau kuning seperti pantai kebanyakan. Ini adalah pantai pink, dengan semua pasir yang berwarna merah muda.

Warna merah muda dari pasir dipadu dengan biru kehijauan jernih membuat semua mata yang memandang tidak akan bisa berhenti untuk kagum. Saat ini, hanya ada 7 pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna biru muda, dan ini salah satunya.

Mendaki Gunung Ara

Salah satu daya tarik pulau Komodo selanjutnya adalah karena bisa mendaki gunung Ara. Bukan seperti banyak gunung kebanyakan, Gunung Ara bisa Kamu daki dengan menaiki kuda, tetapi dinilai cukup bahaya jika belum ahli.

Selama mendaki gunung, Kamu tetap akan melihat komodo karena masih berada dekat dengan habitatnya Komodo. Ini akan menjadi pengalaman mendaki yang tidak akan bisa dilupakan karena apa yang ditawarkan itu sangat menarik.

Snorkeling

Datang ke sebuah pulau Indah pasti tidak boleh ketinggalan untuk snorkeling. Ini merupakan momen dimana kamu bisa melihat beragam biota laut yang indah dengan puluhan jenis bunga karang, dan ratusan terumbu karang indah.

Snorkeling bisa dilakukan di beberapa spot khusus di Pulau komodo, seperti batu samsia dan Crystal Rock. Soal harga berkunjung memang beragam. Tetapi soal waktu, bulan maret hingga Desember adalah waktu yang paling tepat untuk datang kesini.

Trip melaut

Cara spesial untuk menikmati semua tempat yang menjadi daya tarik pulau Komodo adalah dengan melakukan petualangan melaut beberapa hari. Kamu akan dibawa keliling pulau ini tanpa menyentuh daratan, hanya berada di atas air.

Trip ini cukup banyak menjadi kegembiraan banyak orang karena bisa melihat semua tempat wisata tanpa harus lama. Kamu bisa dibawa ke puluhan pulau yang terkeal di sepanjang pulau komodo, dan merasakan sendiri segarnya air laut sana.

Komodo Island menyimpan keajaiban untuk dunia dengan naga hidup di sana. Sebenarnya bukan naga, tetapi hanya sebuah kadal raksasa. Hal ini justru yang menjadi daya tarik Pulau Komodo hingga saat ini, jumlah pengunjung masih berkembang hari ke hari.

Comments