Wisata Pulau Semau NTT, Meresapi Ketenangan Pantai Onanbalu

Pulau Semau NTT
Tidak hanya Pulau Komodo atau Labuan Bajo, Pulau Semau NTT juga perlu kamu kunjungi. Sederet pantai cantik dan suasana tenang yang disuguhkan akan memberimu pengalaman tidak terlupakan.

Pulau Semau terletak di Kecamatan Semau, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pulau kecil ini keberadaannya bersebelahan dengan Pulau Rote dan juga Pulau Timor. Lebih tepatnya di bagian barat Kota Kupang.

Ada sekitar 8000 jiwa yang menduduki pulau ini dengan sebagian besar merupakan penduduk Helong. Keseharian masyarakatnya adalah bertani dan berkebun.

Meskipun karakter tanahnya adalah kering cenderung tandus, Semau memiliki banyak wisata bahari yang menakjubkan. Ditambah dengan suasana tenang dan cukup sepi, wisata ke Pulau Semau ini bisa membuat liburanmu lebih private.

Meresapi Ketenangan Pantai Onanbalu di Pulau Semau

Di pulau Semau NTT ada banyak deretan pantai yang wajib kamu sambangi. Salah satu pantai menarik di antaranya adalah Pantai Onanbalu. Lokasi tepatnya berada di Desa Bokonusan, Kecamatan Semau, Kupang, NTT.

Di sana kamu akan mudah menjumpai pohon perdu hijau yang memanjakan mata. Pemandangan pantai yang asri dan tenang dapat kamu nikmati di sini karena tergolong masih sepi. Seperti berikut ini.

Menikmati Pantai, Bermain Pasir, Hingga Snorkeling di Pantai Onanbalu

Karakteristik pasir di Pantai Onanbalu adalah putih bersih dengan tekstur lembut dan juga halus. Sehingga sangat cocok digunakan bersantai sembari bermain pasir baik sendiri maupun bersama keluarga.

Selain keindahan bentangan pasir putih yang panjang dengan air laut jernih dan tenang berwarna hijau kebiruan, kesegaran airnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa berendam atau berenang di pesisir pantai untuk menikmatinya.

Bahkan, kamu bisa menengok kehidupan biota laut yang cantik di kedalaman pantai dengan snorkeling. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini. Namun, karena di Pulau Semau NTT belum menyediakan perlengkapan untuk snorkeling, kamu harus mandiri menyiapkannya sejak dari rumah.

Menyaksikan Petani Rumput Laut

Selain keindahan pantai, suasana tenang, dan keindahan biota lautnya, kamu juga bisa menyaksikan kehidupan masyarakat setempat di sana. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Pulau Semau adalah petani rumput. 

Jadi jangan lewatkan pemandangan langka berupa lalu lalang para petani mengikat dan memanen rumput saat musim panas tiba. Sebab saat musim hujan tiba akan kembali berkebun.

Jangan Lupa Membawa Tabir Surya

Perlu diingat juga bahwa suhu panas di Pulau Semau dapat mencapai 46 derajat celcius saat musim panas tiba. Jadi jangan pernah lupa mengoleskan tabir surya demi mencegah kulit terbakar atau iritasi.

Topi juga tidak boleh luput dalam deretan daftar barang bawaanmu. Sebab cuaca panas saat perjalanan jauh dapat membuat kepalamu pusing jika tidak dilapisi apapun.

Saat mendapat cuaca yang terik kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan berteduh di bawah pepohonan yang rindang. Ada pohon santigi yang tumbuh di bibir pantai yang akan memayungimu.

Cara Menuju Pantai Onanbalu di Pulau Semau NTT

Jadi untuk menuju Pantai Onanbalu kamu harus memasuki wilayah Pulau Semau terlebih dahulu. Tenang saja, di sana banyak tempat menginap yang bisa kamu gunakan untuk bermalam.

Dari Kota Kupang pergilah ke Pelabuhan Tenau untuk melakukan penyeberangan menuju Dermaga Hansisi. Dengan perahu kecil kamu hanya perlu membayar uang Rp20 ribu rupiah/orang dan Rp50 ribu untuk sepeda motor.

Untuk menuju ke Pantai Onanbalu, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Hansisi atau Dermaga Rakyat tersebut. Karena akses jalan pada umumnya masih belum bagus kamu perlu berhati-hati.

Bagi pengunjung yang sama sekali belum pernah ke Pulau Semau sangat disarankan untuk menggunakan jasa biro perjalanan dari Kota Kupang sekaligus. Selain aman, perjalanan juga tidak begitu melelahkan.

Untuk tiket masuk, saat ini belum ada besaran tarif yang dikenakan. Demikian juga untuk biaya parkir. Jadi kamu hanya perlu membayar sukarela sebagai biaya kebersihan dan perawatan pantai.

Nama Pulau Semau memang belum sepopuler Rote yang memiliki ombak besar sehingga sering jadi buruan para surfer domestik maupun mancanegara. Bahkan, masih sedikit informasi yang didapat di mesin pencari.

Maka dari itu, kamu perlu datang langsung untuk membuktikan sendiri keindahannya. Bukankah berlibur di pulau yang tenang dan bebas melakukan apa saja itu menyenangkan? Jadi, mulai perjalananmu ke Pulau Semau NTT sekarang.

Komentar