Destinasi Wisata Alam di Ende yang Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi Wisata Alam di Ende yang Wajib Kamu Kunjungi
Ende merupakan salah satu kabupaten terletak pada provinsi Nusa Tenggara Timur. Ada banyak sekali destinasi wisata alam di Ende wajib kamu kunjungi saat ini. Sebagai salah satu kota dengan panorama indah, Pemerintah Kabupaten Ende kini tengah memaksimalkan potensi wisata pada wilayahnya.

Tidak banyak yang tahu kalau Kabupaten Ende dikelilingi tiga buah gunung indah di pulau Flores. Yang pertama adalah Gunung Iya, kemudian Gunung Meja, dan terakhir adalah Gunung Wongge. Di sisi lain, Kabupaten satu ini juga memiliki wilayah pesisir cantik.

Seiring berjalannya waktu, mulai ada banyak wisatawan berkunjung ke Kabupaten Ende. Sudah tentu ada beberapa spot wisata terbaik wajib kamu datangi kalau kebetulan bertandang ke Kabupaten satu ini. Penasaran apa saja spot wisata tersebut? Simak penjelasannya.

Danau Kelimutu Ende yang Merupakan Icon Kabupaten Ende

Salah satu destinasi wisata alam di Ende terbaik bisa dikunjungi adalah Danau Kelimutu. Bisa dibilang kalau danau satu ini merupakan ikon utama dari Kabupaten Ende sendiri. Dulunya Danau Kelimutu sempat dijadikan gambar ilustrasi pada uang 5000-an. Sayangnya uang satu ini sudah tidak beredar lagi.

Danau Kelimutu merupakan wisata terpopuler di wilayah Ende. Permukaan air danau terletak pada puncak Gunung Kelimutu memiliki 3 warna berbeda. Inilah yang membuatnya menjadi unik.
Bahkan keunikan dari wisata alam di Ende telah menarik perhatian berbagai ilmuwan dari berbagai belahan dunia. Mereka melakukan riset terhadap keunikan kontur dan warna air permukaan danau Kelimutu ini.

Kalau kamu berencana mengunjungi Danau satu ini, kamu bisa datang ke Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Pastikan untuk datang sejak pagi karena perjalanan menuju ke puncak gunung Kelimutu ini sangat menguras tenaga dan waktu kamu.

Pantai Batu Cincin yang Terdapat Batu Berbentuk Pintu

Destinasi wisata alam di Ende lain yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Batu cincin. Orang setempat menyebutnya Pantai Watu Pere. Dalam bahasa lokal, Watu Pere ini bisa berarti batu berbentuk seperti pintu. Soalnya memang ada batu menyerupai pintu masuk pada pesisir pantai satu ini.

Trek menuju ke batu cincin cukup menantang. Karenanya sangat jarang anak-anak ataupun perempuan pada pantai satu ini. Kebanyakan yang berkunjung adalah para tracker yang memang menyukai perjalanan yang terjal dan memicu adrenalin.

Karena masih jarang dikunjungi, panorama alam pada sekeliling pantai masih perawan. Kamu akan benar-benar merasa bebas saat berada di dalamnya. Lebih jauh lagi, pantai satu ini juga sepi. Sangat pas untuk dikunjungi oleh mereka yang menginginkan ketenangan, atau beristirahat sejenak dari kesibukan.

Pantai satu ini bisa kamu temukan pada Desa Raporendu. Desa tersebut merupakan desa adat cukup kental. Lokasinya berada pada sisi timur Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende. Kalau kamu hendak berkunjung, pastikan untuk membawa perbekalan yang lengkap, soalnya masih jarang pedagang pada pantai satu ini.

Bukit Cinta Ende yang Pas untuk yang Sedang Kasmaran

Destinasi wisata alam di Ende lain tidak kalah rekomended untuk dikunjungi adalah Bukit Cinta Ende. Spot satu ini mungkin paling pas untuk kamu yang sedang kasmaran. Soalnya suasana di sekitarnya memang sangat romantis.

Pihak pengelola juga sengaja menambahkan berbagai ornamen khusus yang membuat suasana di dalamnya semakin temaram. Apalagi pada malam hari. Kamu bisa melihat kelap-kelip kota Ende dari sisi timur Bukit Cinta.

Biasanya Bukit Cinta ramai dikunjungi muda-mudi jika malam minggu tiba. Tak perlu khawatir kemalaman karena fasilitas yang ada di dalamnya juga sangat lengkap. Untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, Bukit Cinta ini juga sangat kami rekomendasikan.

Kebersamaan yang kamu lewati di dalamnya akan semakin mempererat ikatan kamu dengan pasangan. Bahkan menurut penuturan para pengunjung, ada banyak orang yang menemukan cinta sejatinya pada wisata alam di Ende ini.

Tak heran kalau kemudian ada banyak pasangan mengambil sesi foto prewedding mereka di titik lokasi satu ini. Soalnya selain memiliki panorama yang eksotik, ada banyak sekali spot foto yang sangat instagramable di dalamnya.

Sama seperti Pantai Batu Cincin, Bukit satu ini terletak pada Kecamatan Nangapanda. Kalau kamu tidak lelah, kamu bisa langsung mengunjungi Pantai Batu cincin yang letaknya tidak terlalu jauh dari bukit cinta. Hanya saja pastikan untuk datang di pagi hari. Soalnya perjalanan cukup menyita waktu.

Jangan lupa juga untuk singgah di Alun-Alun Kabupaten yang sudah tertata rapi. Di sekeliling alun-alun terdapat banyak rumah makan dan tempat penginapan serta menyediakan fasilitas lengkap untuk kamu. Alun-alun ini bisa menjadi rekomendasi lain kalau kamu sudah mengunjungi semua destinasi wisata alam di Ende yang kami paparkan diatas.

Komentar