Benteng Bersejarah Makes yang Menyimpan Peninggalan Nenek Moyang

Benteng Bersejarah Makes yang Menyimpan Peninggalan Nenek Moyang
Benteng bersejarah Makes satu ini bisa dijadikan alternatif untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Liburan akan lebih bermanfaat jika kamu bisa belajar sesuatu dari liburan saat itu dan tempat paling tepat untuk dikunjungi adalah destinasi bersejarah. Di sini, kamu akan mempelajari sejarah sekaligus berlibur.

Mempelajari kehidupan nenek moyang zaman dulu memang selalu menarik untuk disimak karena sekarang sudah semakin banyak teknologi canggih di tengah kehidupan yang modern. Kamu bisa mengajak anak-anak dan keluarga untuk berkunjung ke destinasi yang menyimpan peninggalan nenek moyang dan berikut ulasan lengkapnya.

Lokasi Benteng Makes

Peninggalan zaman dulu merupakan saksi bisu kehidupan nenek moyang yang hanya bisa kita pelajari agar kita tidak melupakan sejarah. Baru-baru ini, semakin banyak warisan sejarah ditemukan sebagai bukti kehidupan nenek moyang orang Timur dan peninggalan tersebut masih alami sehingga bisa dijadikan destinasi wisata menarik.

Jika kamu berkunjung ke kabupaten Belu, NTT, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke benteng bersejarah Makes yang menyimpan berbagai warisan budaya leluhur orang Belu. Benteng ini juga dikenal dengan sebuah nama benteng 7 lapis Makes yang berada di bawah kaki gunung Lakaan.

Berada di kaki gunung membuat benteng ini memiliki pemandangan alam sekitar yang mempesona. Di sini, kamu akan menemukan pemandangan bak padang sabana Fulan Fehan yang indah dan mempesona. Selain itu, panorama perbukitan di tempat wisata ini juga akan memanjakan mata kamu hingga betah berlama-lama di lokasi.

Akses Jalan Menuju Lokasi

Dengan membaca deskripsinya saja, pasti sudah tidak sabar ingin segera berkunjung ke lokasi wisata. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk bisa sampai ke benteng Makes jika kamu memulai perjalanan dari kota Atambua, ibukota Belu. Jika kamu suka perjalanan menantang, destinasi ini merupakan pilihan tepat.

Untuk bisa sampai ke benteng bersejarah Makes, kamu harus melewati medan yang cukup menantang karena jalannya berbukit. Pastikan bahwa kendaraan dalam keadaan prima agar tidak terjadi masalah di tengah jalan yang bisa membuat momen liburan kamu kurang maksimal, tapi kamu tetap bisa menikmati keindahan sekitar.

Pesona alam yang dimiliki membuat para fotografer atau komunitas pecinta foto sering berkunjung untuk mendapatkan foto landscape cantik mempesona. Para pengunjung biasanya akan menapaki alam Lakaan yang masih asri dan dipenuhi dengan batu karang dan vegetasi tumbuhan sehingga akan menghasilkan potret menakjubkan.

Peninggalan Warisan Budaya

Pesona benteng bersejarah Makes akan semakin terlihat saat kamu menemukan berbagai peninggalan warisan budaya nenek moyang zaman dulu. Pertama, kamu akan melihat makan para raja dari wilayah setempat, seperti makam raja Dirun. Selain itu, masih terlihat menhir, kubur batu, hingga tempat duduk raja zaman dulu.

Peninggalan lain yang bisa kamu jumpai di sini adalah 2 buah meriam tua sebagai peninggalan zaman Jepang. Saat berkunjung ke destinasi ini, kamu akan merasakan aura-aura mistis karena memang pepohonan yang sudah menua saja dijaga dengan baik sehingga menciptakan kesan keramat dan angker.

Masih banyak peninggalan warisan budaya bisa ditemukan di sini dan semuanya sangat berarti sehingga harus dijaga dengan baik. Sayangnya, kawasan ini hanya sedikit mendapat perhatian sehingga terkesan kurang terawat. Namun, karena hal itu, justru kita bisa merasakan suasana zaman dulu dengan sangat nyata.

Sejarah Terbentuknya Benteng

Setibanya di lokasi wisata, kamu akan melihat benteng dengan 7 lapis dinding batu yang cukup tebal. Dinding tersebut terbentuk dari batu batuan karang dengan 7 lapis yang dimaksudkan untuk melindungi diri dari musuh. Tujuan didirikannya benteng ini adalah untuk melindungi diri dari serangan musuh pada masanya.

Saat itu, kolonial Jepang, Belanda dan Portugis merupakan musuh harus dihindari sehingga dibentuklah benteng tersebut. Lokasi benteng yang berada di ketinggian merupakan pilihan terbaik agar tetap aman. Kamu juga akan menemukan sebuah Ksadan di tengah benteng yang sering digunakan sebagai tempat melakukan upacara adat.

Sudah tidak sabar ingin merasakan sensasi berkunjung ke benteng yang penuh dengan peninggalan bersejarah nenek moyang ini? Tak perlu berpikir lagi, langsung saja persiapkan liburan kamu ke NTT dan bersiaplah untuk mengunjungi destinasi penuh sejarah ini. Dijamin, liburan kamu ke benteng bersejarah Makes akan berkesan.

Komentar