Mengulik Indahnya Pulau Sumba, Surga Tersembunyi di NTT

Mengulik Indahnya Pulau Sumba, Surga Tersembunyi di NTT
Ribuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara telah mengakui jika indahnya Pulau Sumba sudah tak diragukan lagi. Tak hanya pantai, air terjun, padang savana, hingga pegunungan tersaji indah membuat decak kagum setiap orang yang memandang. Tak heran jika Pulau Sumba menjadi destinasi wisata andalan NTT.

Sumba sendiri merupakan salah satu nama pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya berbatasan dengan Flores di sebelah timur laut. Sumba ini memiliki sekitar empat kabupaten dengan Waingapu sebagai ibu kota. Serta memiliki populasi penduduk sekitar 685.186 jiwa.

Memasuki musim liburan memang paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata. Kamu bisa memilih Sumba sebagai tujuan utama. Indahnya Pulau Sumba dijamin akan membawamu ke suasana yang sangat tenang dan pikiran pun menjadi lebih fresh. Ditambah akses menuju Pulau Sumba sangatlah mudah dengan tujuan yang beragam.

Meski begitu, waktu terbaik berkunjung ke Pulau Sumba adalah pada bulan antara April hingga Oktober. Pada bulan tersebut Sumba berada pada musim kemarau dengan cuaca yang sangat cerah. Pada saat seperti inilah Kamu bisa berburu foto sepuas hati dengan hasil memuaskan.

Rekomendasi Destinasi Wisata Menarik di Pulau Sumba

Indahnya Pulau Sumba memang bak surga tersembunyi di Timur Indonesia. Pasalnya banyak destinasi wisata yang bisa Kamu pilih dan terbilang cukup lengkap. setidaknya ada 7 destinasi wisata dengan keindahan alamnya yang begitu memesona. Dijamin liburanmu akan semakin berkesan dan tentunya tak akan mudah terlupakan.

Di antara 7 destinasi wisata tersebut adalah pantai Mbawana, Mandorak, Tarimbang, Walakiri, bukit Wairinding, Tanarara, serta Danau Weekuri. Masing-masing destinasi wisata ini menyuguhkan panorama alam yang sangat memukau dan tentunya memiliki sisi keunikan tersendiri sehingga sangat disayangkan apabila tak dikunjungi.

Pantai Mbawana menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer untuk menikmati Indahnya Pulau Sumba. Bagaimana tidak, pantai yang berada di Sumba Barat ini memiliki sebuah lubang berupa tebing bebatuan layaknya gerbang besar. Dan pemandangan akan sangat menakjubkan pada saat sore hari meski untuk sampai di lokasi sangatlah menantang. 

Selain pantai Mbawana, indahnya Pulau Sumba semakin lengkap dengan adanya danau Weekuri. Danau ini berada di Sumba Barat Daya dan sangat unik karena airnya asin. Airnya asin ini lantaran laguna danau yang terbentuk dari air laut. Dan akan semakin cantik pemandangannya saat airnya berwarna hijau kebiru-biruan.

Jika Kamu ingin merasakan suasana liburan yang berbeda tak ada salahnya untuk mengunjungi desa Ratenggaro. Di desa ini masyarakatnya sangat kental dengan tradisi budaya. Hal ini terlihat dari arsitektur bangunannya yang sangat tradisional. Tak pelak banyak wisatawan yang kagum akan kearifan lokalnya yang hingga kini tetap lestari.

Tips Liburan Seru yang Harus Kamu Terapkan di Pulau Sumba

Kamu wajib memasukkan Pulau Sumba ini sebagai daftar destinasi wisata ketika berlibur ke sini. Hal ini dikarenakan semua destinasi wisata di Pulau Sumba sangatlah menawan dan pasti membuatmu tak menyesal. Namun, Kamu wajib untuk mengetahui beberapa tips liburan seru agar bisa menikmati indahnya Pulau Sumba dengan maksimal.

Di antara tips agar liburanmu semakin seru adalah dengan memanfaatkan jasa pemandu lokal. Menggunakan jasa ini setidaknya Kamu akan dibantu dalam hal komunikasi dengan warga setempat. Selain itu, Kamu juga akan diarahkan ke tempat-tempat yang tepat untuk berfoto ria. 

Selain menggunakan jasa pemandu lokal, ada baiknya Kamu juga harus menjaga kesopanan saat berkunjung terlebih ketika berada di desa adat. Hal ini dikarenakan masyarakat masih menjunjung adat istiadat dengan segala aturan yang berlaku. Oleh karena itu, jika ingin melakukan sesuatu sebaiknya minta izin terlebih dahulu.

Tak hanya itu, fisik yang matang juga wajib Kamu persiapkan sebelum berangkat liburan. Sumba dengan kondisi geografisnya yang cukup menantang bakal menguras tenagamu ketika ingin mengujungi salah satu destinasi wisata. Namun, tak perlu khawatir karena rasa lelahmu bakal terbayar dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Terakhir, sebaiknya siapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Mulai dari pakaian, makanan, kamera, dan lain sebagainya. Dengan begitu dijamin liburanmu akan terasa sangat seru dan menyenangkan. Ditambah indahnya Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur yang mempesona dengan segala keunikannya ini. 

Komentar