Surga Tersembunyi di Flores, Pantai Koka Maumere yang Mempesona

Surga Tersembunyi di Flores, Pantai Koka Maumere yang Mempesona
Pantai Koka Maumere merupakan satu dari banyaknya surga tersembunyi yang bisa kamu nikmati saat berwisata ke Flores, Nusa Tenggara Timur. Fakta ini tidak hanya diakui oleh masyarakat lokal, namun para wisatawan dari luar negeri juga banyak mengatakan hal serupa.

Wisata pantai memang menjadi favorit kebanyakan kalangan, namun jika pemandangan yang ditawarkan biasa-biasa saja mungkin banyak pengunjung akan mempertimbangkan hal ini. Tapi, jika berencana melihat pantai Koka, kamu tidak perlu khawatir akan menyesal nantinya.

Karena, pemandangan di sana sangat indah dan luar biasa berbeda dari kebanyakan pantai pada umumnya. Terlebih, lokasi dari pantai ini berada di Flores sehingga keinginan berwisata langsung di Flores akan terwujud. Jika kali ini kamu penasaran mengenai informasi yang ada di pantai tersebut, langsung simak paparan berikut.

Lokasi Pantai Koka Maumere

Berlokasi di desa Wolowiro, Flores, untuk sampai ke pantai ini kamu harus menempuh jarak sejauh 48 km dari pusat kota Maumere. Meski terdengar akan memakan banyak waktu, namun pada kenyataannya lokasinya itu tidak terlalu jauh. Apalagi sesampainya di sana kamu akan bersemangat melihat pemandangan dan merasakan liburan.

Warna pasir laut di sana masih bersih, tekstur dari pasirnya juga lembut dan halus. Kejernihan air laut Pantai Koka Maumere memang menjadi alasan kenapa banyak kalangan mengakui bahwa tempat ini merupakan surga dunia. Apalagi jika cuaca di hari tersebut cerah, gradasi warna biri muda akan sangat indah pada tampak mata.

Lokasi Pantai Diapit Dua Bukit

Bukit yang mengapit pantai ini ialah bukit Rodja di bagian barat pantai dan ada bukit yang letaknya di bagian timur yaitu bukit Ndate Sare. Bukit Rodja merupakan bukit yang biasa disebut sebagai tebing yang sangat terjal.

Lokasi tebing itu sendiri berada di bagian bibir pantai yang tingginya mencapai 50 hingga 100 meter. Jika melihat ke bukit Rodja di dekat Pantai Koka Maumere ini, kamu akan melihat gua batu yang biasa dikenal dengan Lia Wio.

Goa tersebut memiliki kedalaman sekitar 500 meter yang mengarah ke daratan. Kamu harus menunggu air laut surut untuk bisa menikmati gua tersebut. Pastikan hati-hati dan menjaga sikap saat bermain ke goa.

Cerita sejarah mencatat bahwa goa ini pernah ditelusuri oleh seorang turis asing dari Belanda pada beberapa puluh tahun yang lalu. Sang turis hanya berhasil menembus kedalaman goa sedalam 50 meter saja. Dirinya mengaku di bagian langit-langit goa itu ada banyak stalaktit atau batuan yang indah.

Biaya Selama Berkunjung ke Pantai Koka Maumere

Untuk biaya selama berlibur ke sini, ada beberapa poin yang harus kamu catat agar bisa melakukan persiapan secara finansial. Pertama, mungkin kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000 untuk biaya parkir kendaraan roda dua dan sebesar Rp10.000 untuk mobil atau kendaraan roda empat.

Uang parkir ini akan dihitung sebagai biaya masuk. Kamu harus membayar lagi untuk kedua kalinya nanti ketika akan masuk ke pantai. Namun, permintaan ini tergantung di hari apa kamu berkunjung. Karena, biasanya untuk hari padat atau waktu kerja mereka tidak akan meminta bayaran sepeserpun dari pengunjung.

Fasilitas di Pantai Kota Maumere

Fasilitas yang akan dinikmati selama berlibur ke Pantai Koka Maumere bisa dengan berjalan kaki jika tidak ingin mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, ada beberapa kalangan yang menyewa kendaraan dari masyarakat lokal. Untuk yang ingin menikmati pemandangan sekitar, bisa bersantai di gazebo yang disediakan disana.

Namun, sangat disayangkan bagi kamu yang ingin melakukan ibadah karena belum tersedia fasilitas yang memadai. Untuk kamar mandi juga belum ada, sehingga pastikan untuk mengonsumsi banyak air mineral ketika ke sana. Jika memang mengharuskan untuk buang air kecil, bisa mencari spot terdekat.

Untuk penginapan, di lokasi terdekat terdapat tempat bermalam yang disediakan oleh warga lokal. Jika merasa lapar dan haus, kamu belum bisa menikmati makanan di restaurant karena memang masih sulit ditemui. Tetapi, ada satu cara menikmati suasana dengan maksimal, yaitu dengan minum air kelapa muda yang langsung dari pohonnya.

Berwisata ke tempat yang jarang dikunjungi wisatawan menjadi pengalaman baru yang akan kamu dapat selama liburan di sini. Melihat belum banyak fasilitas umum di sini, kamu harus membawa bekal dan persiapan lainnya. Ada beberapa persiapan pribadi yang harusnya kamu sediakan ketika hendak berkunjung ke Pantai Koka Maumere.

Komentar