Mengenal Air Terjun Oehala di Kota So’e, Menarik untuk Dikunjungi

Mengenal Air Terjun Oehala di Kota So’e yang Unik
Air Terjun Oehala menjadi salah satu destinasi wisata seru untuk kamu yang akan berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, khusunya di Kupang. Mungkin yang ada di pikiranmu ketika akan berkunjung ke sini hanya pantai dan perbukitannya saja. Padahal sebenarnya masih banyak destinasi tersembunyi yang jarang diketahui wisatawan.

Salah satunya adalah pesona air terjun satu ini yang bisa kamu pertimbangkan untuk jadi lokasi tujuan berlibur. Mungkin belum banyak orang mengenal atau mendengar nama air terjun ini. Padahal jika berkunjung ke sini, kamu akan disuguhi pemandangan eksotis dari alam.

Oehala berada di Kupang, Pulau Timor, tepatnya berada di Kota So’E. Suasana Air Terjun Oehala yang menyegarkan akan menemani waktu liburanmu di sini, ditambah dengan lingkungan sekitar yang masih asri. Air di sini sangat jernih sehingga kamu akan tergoda untuk bermain air sepuasnya.

Air Terjun Tujuh Tingkat yang Menawan

Lokasi ini memang dikenal juga dengan nama air terjun tujuh tingkat. Jika kamu berkunjung ke sini maka akan tahu alasan di balik penamaan tersebut. Dilihat lebih dekat, kamu akan melihat air terjun yang berundak seperti bangunan bertingkat sebanyak tujuh tingkat.

Sumber air di air terjun ini berasal dari gunung bernama Mutis. Layaknya air di pegunungan, di sini kamu akan merasakan air yang dingin dan menyegarkan. Di sini kamu bisa bermain air, namun tetap harus berhati-hati karena banyak bebatuan yang licin.

Apalagi jika kamu berencana menaiki tingkatan di Air Terjun Oehala, bebatuan yang terus terkena air tentu licin dan berbahaya jika tidak hati-hati. Namun, tenang saja karena kamu masih bisa menikmati destinasi wisata ini dengan merendam kaki dari pinggiran sungai di bawahnya.

Hal ini tidak akan mengurangi kesan liburan yang menyenangkan. Karena terdiri dari tingkatan-tingkatan yang unik, aliran air yang jatuh dari atas tidak akan terlalu menyakitkan jika mengenai anggota tubuhmu. Jadi kamu bisa bermain air dengan leluasa di sini

Akses Menuju Air Terjun Ini

Air Terjun Oehala berada 11 kilometer jauhnya dari pusat kota So’E yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa menyewa travel atau kendaraan umum dari terminal di Kupang. Dari sana kamu akan diarahkan menuju air terjun ini.

Jika berangkat dari Kupang, kamu akan menghabiskan waktu di perjalanan selama kurang lebih 2 sampai 3 jam dengan menaiki kendaraan tersebut. Biaya yang kamu persiapkan jika naik bus untuk bisa menuju ke tempat ini kurang lebih Rp30.000 sampai Rp40.000.

Namun, kamu juga harus mempertimbangkan biaya lainnya jika ingin sampai ke lokasi wisata dengan cepat. Lokasi wisata ini mudah dijangkau dan kemungkinan untuk tersesat cukup kecil. Oleh karena itu, bagi kamu yang baru pertama ke Air Terjun Oehala jangan takut.

Waktu Terbaik untuk Berlibur ke Sini

Lokasi ini terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Kamu bisa berkunjung ke sini kapanpun memiliki waktu luang. Sesuaikan jadwal liburanmu dari sekarang agar bisa menikmati momen pas untuk liburan ke wisata air satu ini.

Meski buka setiap saat, bukan berarti kamu akan main pada malam hari. Hal ini sangat berbahaya dan sama sekali tidak disarankan untuk dilakukan. Terlebih jika kamu baru pertama kali datang ke sini. Fasilitas lampu penerangan belum memadahi sehingga membahayakan pengunjung yang datang pada malam hari.

Sangat disarankan untuk datang ke Air Terjun Oehala pada pagi hari karena udara masih sangat segar sehingga kamu bisa berlibur dan menikmati suasana alam di sekitarnya yang sejuk. Kamu tidak perlu khawatir, di sini berjajar warung-warung kecil yang menjual berbagai makanan, souvenir, dan lainnya.

Fasilitas dan Biaya Retribusi

Berbicara mengenai destinasi wisata, kamu perlu memperhatikan fasilitas yang disediakan. Di sini, sayangnya belum tersedia fasilitas yang memadahi. Untuk fasilitas toilet dan tempat istirahat memang ada, namun tidak terlalau terawat. Lebih terkesan seadanya.

Untuk biaya masuk, kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp3.000 saja. Cukup murah, bukan? Meski fasilitas belum maksimal, kamu masih bisa menikmati keindahan alam di sini. Menikmati air terjun dan udara segar tentu akan mengobati rasa lelah setelah beberapa lama beraktivitas dan bekerja.

Nusa Tenggara Timur memang menjadi surganya destinasi wisata alam yang masih sangat terjaga. Di sini kamu bisa menemukan lokasi wisata alami, salah satunya air terjun ini. Pastikan untuk membawa perlengkapan dan mempersiapkan segala sesuatunya saat akan berkunjung ke Air Terjun Oehala.

Komentar