Menakjubkan, Inilah Pesona Pulau Kanawa yang Instagramable

Menakjubkan, Inilah Pesona Pulau Kanawa yang Instagrammable
Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur kurang lengkap rasanya jika tak menengok pesona Pulau Kanawa yang luar biasa. Nusa Tenggara Timur (NTT) memang menyimpan sejuta keindahan alamnya yang membuat mata siapapun terhipnotis karenanya. Dan selain Pulau Komodo, Kanawa menjadi jujukan destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Popularitas destinasi wisata Pulau Kanawa memang tak bisa disangkal. Tiap tahun kunjungan ke Pulau Kanawa terus meningkat. Terlebih kini Pulau Kanawa masuk dalam jajaran destinasi wisata favorit NTT. Sehingga akses ke pulau ini kini semakin mudah dari berbagai jalur.

Pulau Kanawa dari namanya memang sering kali disamakan dengan Kenawa yang berada di NTB. Padahal di antara keduanya adalah dua tempat yang berbeda. Pesona Pulau Kanawa yang berada di NTT memiliki sisi eksotis dimana Kamu bakal merasa di sebuah tempat milik pribadi lantaran kondisinya yang jauh dari keramaian.

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Kanawa, Kamu akan disuguhi oleh sebuah pemandangan pantai dengan birunya air laut. Kamu pun bahkan bisa melihat ikan-ikan kecil dan berjemur di atas pasir putih yang sangat halus. Tak pelak banyak wisatawan yang menyebut Pulau Kanawa sebagai surga dunia NTT.

Kekayaan dan Daya Tarik Pulau Kanawa

Mengulas pesona Pulau Kanawa memang tak akan ada bosannya. Bagaimana tidak, pulau yang berada sekitar 15 km dari Labuan Bajo atau tepatnya ada di kawasan wisata Komodo ini memang sangat terkenal. Tidak hanya keindahan pantai lengkap dengan pasir putih namun, kehidupan bawah lautnya juga tak kalah menarik.

Pulau Kanawa sendiri diketahui memiliki luas sekitar 32 hektar dan berbagai fasilitas telah tersebar secara lengkap di sana. Snorkeling dan diving menjadi aktivitas yang sangat digemari para wisatawan. Meski demikian, mendaki bukit juga bisa menjadi aktivitas alternatif menarik ketika berkunjung ke sana.

Laut Pulau Kanawa jernihnya memang tidak ada duanya. Ikan kecil yang berkeliaran bebas bisa terlihat begitu jelas dari atas. Ditambah pula terumbu karang dan kekayaan biota laut masih terjaga hingga kini. Bahkan spesies ikan hiu sirip hitam yang notabene hewan langka juga bisa ditemui di tempat ini. 

Pesona Pulau Kanawa terkhusus bawah lautnya memang terbilang cukup lengkap. Tak hanya ikan hiu sirip hitam, spesies ikan Pari Manta, Mola-Mola, Giant Parrot dan lainnya juga ada. Menariknya semua spesies ini tak terlalu agresif sehingga manusia pun bisa berinteraksi dengan mereka tanpa takut.

Untuk Kamu yang menginginkan tempat berlibur yang tenang, menantang dengan suasana tak biasa maka Pulau Kanawa bisa menjadi pilihan. Apalagi Pulau Kanawa juga tak jauh dari destinasi wisata lain sehingga tepat untuk Kamu yang ingin seru seruan di tempat berbeda tanpa menghabiskan banyak biaya.

Harga Tiket dan Rute Menuju Pulau Kanawa NTT

Pesona Pulau Kanawa dan letak posisi yang strategis membuat para wisatawan mudah untuk berkunjung. Untuk Kamu yang ingin ke sana lewat jalur udara bisa langsung terbang dengan tujuan Labuan Bajo.

Setelah sampai Kamu tinggal menuju ke dermaga dan menyewa kapal untuk kemudian langsung menuju Pulau Kanawa yang berjarak sekitar 15 km. Saat menyewa kapal, harga tiket sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000 dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam.

Tak perlu khawatir bosan karena Kamu akan dimanjakan dengan panorama laut sebagai pembuka menuju pesona Pulau Kanawa yang luar biasa indah. Ditambah semilir angin serta birunya air laut kian menambah sejuknya suasana perjalanan.

Ketika sudah sampai di Pulau Kanawa Kamu diwajibkan untuk membayar tiket sebesar Rp 50.000. Harga cukup murah untuk membayar betapa indahnya panorama alam yang bakal Kamu nikmati. Namun, Kamu akan dikenai tarif lagi jika menyewa penginapan, alat snorkeling, dan kebutuhan tambahan lainnya.

Sekadar tips sebaiknya Kamu siapkan berbagai keperluan jika memang ingin tinggal beberapa hari di sana. Memang semua fasilitas tersedia lengkap di sana namun, bukankah lebih baik jika pengeluaran bisa ditekan. Dana pun bisa dialihkan untuk keperluan lain yang sifatnya mendesak.

Tak hanya itu, khusus untuk listrik di Pulau Kanawa memang sangatlah terbatas. Listrik di sini hanya menyala dari jam 6 sore hingga 11 malam. Sehingga Kamu pun harus benar-benar berhemat. Meski begitu, Kamu tetap akan mendapatkan pengalaman berharga sembari menikmati suguhan pesona Pulau Kanawa yang menakjubkan.

Komentar