Wisata di Pulau Alor Dijamin Akan Memuaskan Liburanmu

Wisata di Pulau Alor Dijamin Akan Memuaskan Liburanmu

Siapa sih yang tidak tahu bahwa di NTT banyak memiliki pulau-pulau yang didalamnya ada banyak keunikan, maka Anda bisa mencoba wisata di pulau Alor. Tempat ini sangat difavoritkan para wisatawan dari penjuru dunia. 

Pulau Alor mempunyai banyak pantai yang sangat bagus pemandangannya. Pulau Alor memiliki tempat di pojok Nusa Tenggara Timur, dan mempunyai luas wilayah sebesar 2.119 kilometer persegi. 

Pulau ini memiliki batas laut Banda dan Flores di sebelah utara. Serta selat Ombai di bagian selatan, lalu di bagian barat dibatasi oleh Selat Pantar. Pulau ini masuk dalam gugusan sunda kecil.

Untuk menikmati wisata di pulau Alor, kami akan memberikan sedikit tips saat menjelajahi pulau ini dalam waktu 3 hari 2 malam. Waktu tersebut bukan waktu yang singkat saat dibuat liburan. Nyatanya, menjelajah Pulau Alor membuat para wisatawan ketagihan. 

Pesona alam serta keramahan warga membuat siapapun ingin kembali lagi kesana. Dalam perjalanan menuju  NTT, rasanya mungkin tidak percaya selagi bisa melihat pemandangan menakjubkan di depan mata. 

Dalam 3 hari 2 malam, para pecinta traveler domestik maupun mancanegara bisa memuaskan liburannya. Orang yang sudah pernah berkunjung disini merasakan pengalaman baru, serta petualangannya sangat berkesan.

Dunia baru akan ditemukan di pulau ini dikarenakan disini Anda akan menemukan perbedaan luar biasa jauh daripada kehidupan di kota. Di pulau Alor, sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai, rileks sejenak dari sibuknya orang perkotaan. Jika ingin berlibur disini, sebaiknya pahami tips dari pengalaman wisatawan di bawah ini.

Datang ke Wisata di Pulau Alor Disaat yang Tepat

Bayangkan jika sudah merencanakan dengan baik, tetapi saat liburan di sebuah destinasi di pulau ini malah bertemu cuaca yang kurang bersahabat. Direkomendasikan oleh warga lokal di situ, bahwa waktu yang tepat untuk menikmati segala keindahan didalamnya adalah diantara bulan Maret-November. 

Kondisi di bulan tersebut dipastikan bersahabat. Diantara bulan tersebut, cuaca di darat memang sedang bagus-bagusnya. Serta kondisi arus laut di perairan sekitar pulau Alor dapat diselami. Banyak yang tidak tahu mengapa tidak bisa diselami setiap saat? 

Disebabkan pada waktu tertentu sekitar perairan pulau ini ada arus dingin bawah laut yang dibawa dari selatan samudera Hindia. Saat berlibur untuk menikmati wisata di pulau Alor, Anda pasti bingung untuk memilih transportasinya. 

Dalam perjalanan menuju ke NTT, akan transit terlebih dahulu di Surabaya atau Denpasar. Ganti pesawat dikarenakan tidak ada tujuan langsung ke Kupang. Barulah lanjut ke Kupang, pilih jadwal terbaik untuk menghindari saat pesawat delay dll.

Selanjutnya pilihlah akomodasi yang tergolong nyaman. Di pulau Alor sudah ada perkembangan signifikan, mulai dari aspal yang sudah mulus serta banyak pilihan akomodasi biro perjalanan di pulau itu. Pilihlah hotel yang cocok untuk berlibur, kalau di pusat kota Kalabahi ada hotel Pelangi Indah, tentukan sesuai keinginan.

Jangan Lewatkan Main ke Kampung Adat

Salah satu keindahan wisata di pulau Alor adalah beberapa kampung adatnya. Kampung adat yang ada di pulau ini mampu menarik minat para wisatawan yang berkunjung sambil menikmati liburannya. 

Salah satunya ada kampung Takpala, disini warga lokalnya masih berpegang pada adat istiadat yang berasal dari nenek jaman dahulu. Ketika sudah berada di pulau yang kaya akan pantainya, disini Anda jangan melewatkan kegiatan diving dan snorkeling. 

Ada tempat yang bisa untuk diving yaitu Coconut Groovel. Disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan biru muda, serta dalam lautnya yang kaya terumbu karang bisa dinikmati dengan cara diving.

Terakhir kali, membeli oleh-oleh adalah hal yang wajib dilakukan. Ciri khas oleh-oleh yang bisa didapatkan di pulau Alor adalah madu, kenari, jagung titi, serta kain tenun. Itulah beberapa barang yang sering dijadikan oleh para wisatawan untuk oleh-oleh. Bahkan membawa jerigen besar berisi madu menjadi hal biasa.

Saat akan melakukan liburan, sebaiknya sudah direncanakan terlebih dahulu secara matang. Karena kita tidak tahu akan ada apa saja disana, cadangan uang bisa dibawa dalam keadaan berlibur di pulau terpencil. Fisik menjadi faktor utama keseruan liburan Anda, karena wisata di pulau Alor membutuhkan tenaga ekstra saat mengeksplor tempat-tempat lain.

Comments