Labuan Bajo, Kekayaan Alam di Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo, Kekayaan Alam di Nusa Tenggara Timur
Labuan Bajo adalah salah satu wilayah di Nusa Tenggara Timur yang kini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata menarik. Keindahan alam di tempat ini tidak hanya mengundang wisatawan lokal untuk berlibur, namun juga para wisatawan asing. 

Hijau alam dan birunya pantai ada di tempat ini.

Dari keindahan di dasar laut hingga ketakjuban dari atas bukit lengkap dapat Anda nikmati di destinasi ini. Di wilayah ini pula terdapat habitat hewan yang merupakan salah satu keajaiban dunia, yakni komodo. Untuk menikmati berbagai wisata di tempat ini dibutuhkan adrenalin yang cukup menantang.

Labuan memiliki makna pelabuhan, sementara Bajo artinya Suku Bajo yang menetap di sana. Jadi, Labuan Bajo merupakan tempat tinggalnya salah satu  Suku pendatang yang ada di Nusa Tenggara Timur. 

Suku Bajo ini merupakan suku asal Pulau Sulawesi dan sekarang hidup berdampingan dengan suku Flores. Banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi ketika mendarat di kota Labuan Bajo.

Kita akan ulas apa saja tempat wisata menarik tersebut di pembahasan di bawah. Untuk detail lebih jelas, berikut daftar tempat-tempat wisata menarik dan sangat recommended di kawasan NTT satu ini.

Destinasi Wisata di Labuan Bajo

Kali ini kita akan membahas lima saja tempat wisata yang menarik untuk dicoba, yakni:

  • Pink Beach. 

Disebut sebagai Pink Beach atau pantai merah muda karena di tempat ini memiliki keindahan pasir pantai berwarna merah muda. 

Konon, destinasi wisata ini dapat Anda kunjungi kapan saja, namun jika ingin snorkeling Anda harus membayar uang sebesar Rp 20.000. Banyak spot foto instagramable di sini.
  • Manta Point.
Manta Point adalah destinasi wisata kedua di NTT yang dapat Anda kunjungi dengan penawaran baharinya yang menawan. Untuk Anda yang suka snorkeling atau diving, menikmati wisata di tempat ini pasti sangat menyenangkan. Anda dapat mengunjungi destinasi wisata ini dengan rombongan.
  • Pulau Padar
Destinasi wisata berikutnya yang dapat Anda datangi saat di Labuan Bajo adalah Pulau Padar yang buka selama 24 jam dan tidak akan dikenakan tiket masuk sama sekali. Di tempat wisata satu ini, paling tepat jika Anda sedang berburu sunset dan sunrises. Keindahan alam dapat tampak jelas dari atas bukit.
  • Pulau Bidadari
Terakhir, destinasi menarik lainnya adalah Pulau Bidadari atau dulu disebut sebagai Pulau Bidara karena saking banyaknya tanaman tersebut di pulau ini. Sekarang, pulau ini dapat menjadi destinasi diving serta snorkeling terbaik di Flores NTT yang mengundang Anda untuk datang dan berlibur di sana.

Berbagai destinasi wisata di atas hanya beberapa diantara sekian banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat tiba di sana. Namun, dari beberapa tempat saja Anda pasti sudah dapat melihat betapa eksotisnya alam Flores tersebut. Tidak heran jika menjadi destinasi wisata favorit.

Akses Kendaraan ke Labuan Bajo

Bagaimana cara untuk mencapai destinasi wisata di NTT ini? Mudah, Anda tinggal memilih hendak menggunakan transportasi apa. Misal, jika ingin menggunakan kendaraan pribadi maka dapat dilakukan dari Surabaya. 

Jalurnya, masuk tol, ke Gempol, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, ke Banyuwangi. Lanjutkan ke Pelabuhan Ketapang dengan kapal feri, Gilimanuk, Negara, Denpasar.

Ketika sudah sampai di Denpasar, lanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dengan rute ke Pelabuan Padang Bai ke Pelabuan Lembar. Selanjutnya ke Mataram, Pelabuhan Kahyangan, kemudian ke Pelabuhan Pototano. 

Bawa kendaraan Anda ke Sumbawa Besar, Dompu, Bima, Sape, naik feri ke destinasi terakhir. Sementara jika hendak menggunakan kendaraan umum, bergantung dari mana kota asal Anda. 

Pastinya lebih praktis menggunakan pesawat agar tidak memakan waktu terlalu lama. Sementara saat tiba di Flores NTT, Anda dapat saja menyewa kendaraan bersama teman-teman atau keluarga untuk bepergian.

Hendak menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, Anda sama-sama harus mempersiapkan budget berlebih untuk berbagai keperluan tidak terduga. 

Jangan lupa membawakan kerabat oleh-oleh sebagai media membagi kesenangan berlibur. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di Labuan Bajo, mulai dari bertemu dengan komodo, berinteraksi dengan biota laut, dan menikmati bukit.

Comments